Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Hyundai Kona 2023 dan Harganya, Ada Versi Hybrid!

by Firdaus Ali
hyundai kona 2023 - tampak depan

Hyundai Kona 2023 resmi meluncur di Seoul, Korea Selatan. Menariknya, desain yang diusung mobil SUV ringkas ini terlihat lebih futuristik baik dari eksterior dan interiornya dibanding model lama.

Dikutip dari laman resmi Hyundai global, Kona terbaru hadir dalam 4 pilihan varian. Ada Kona full tenaga listrik (EV), Hybrid Electric (HEV), Internal Combustion Engine (ICE), serta Sporty N Line.

Pabrikan berlogo H mengklaim, hadirnya All New Kona sebagai komitmen dalam menyuguhkan jajaran produk yang mendukung kendaraan elektrifikasi serta desain yang selalu baru. Hal ini dibuktikan dengan perpaduan desain dan teknologi yang selaras.

“Hyundai Kona terbaru telah berkembang dalam segala hal baru untuk merangkul keberagaman serta menjadi pendukung gaya hidup yang modern. Untuk itu, Kona hadir dengan karakter baru dan unik yang mengekspresikan keberanian dan dinamis,” ungkap Executive Vice President & Head of Hyundai Design Center, SangYup Lee dalam rilis pada Selasa (20/12/2022).

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Hyundai Kona 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Hyundai Kona Terbaru

hyundai kona 2023 - tampak belakang

Tampak belakang All New Hyundai Kona

Bicara eksterior Hyundai Kona 2023, menampilkan desain yang futuristik dan sporty. Dimensinya juga dibuat lebih bongsor dibanding model lama.

Mobil SUV ini mempunyai dimensi panjang 4.355 mm atau lebih panjang 155 mm dari Kona generasi sebelumnya. Selanjutnya, untuk varian EV juga lebih lebar 25 mm dan wheelbase lebih panjang 60 mm.

Kemudian yang juga menarik, Hyundai membuat desain Kona terbaru dengan basis model EV. Dari situlah, pengembangan dilakukan untuk model ICE, hybrid, hingga N Line. Alhasil, aura futuristik terasa begitu kuat di generasi terbaru ini. Terlepas dari itu, masing-masing varian tentunya mempunyai perbedaan yang menjadi daya tarik.

Baca juga  6 Spesifikasi Neta V dan Harganya, Mobil Listrik Cina Layak Beli?

Jika dilihat lebih dekat, eksterior Hyundai Kona 2023 mengusung lampu DRL model LED bergaya garis horizontal di semua variannya. Desain ini memang digunakan oleh berbagai mobil pabrikan berlogo H model terbaru, seperti Hyundai Staria, Ioniq 5, hingga Stargazer.

Lalu untuk ciri khas masing-masing varian All New Kona dibedakan dari bumpernya. Khusus varian EV atau full elektrik mengadopsi bumper dengan gaya futuristik. Hal itu bisa dilihat dari adanya aksen pixel-pixel yang berasal dari banyak lampu LED kecil.

Sementara varian Kona N Line 2023 memiliki aura sporty lebih kental, dengan bumper kelir hitam yang juga disematkan aksen honeycomb 3D. Varian sporty ini juga menyematkan warna hitam pada beberapa bagian, seperti atap dan rumah spion untuk menambah kesan sporty.

Kona varian ICE dan HEV beda lagi, bumpernya hadir dengan gaya yang lebih simpel. Di mana terdapat lubang ventilasi bergaya garis susun dengan warna hitam yang dikombinasikan dengan aksen krom pada rumah foglamp.

Lalu untuk mendukung tampilan gagah ala SUV, Hyundai Kona 2023 menggunakan velg alloy berukuran 19 inchi pada semua variannya.

Interior Hyundai Kona 2023 Lebih Lega

hyundai kona 2023 - interior

Interior Hyundai Kona sekilas mirip Ioniq 5

Bahasan spesifikasi Hyundai Kona terbaru adalah soal interior. SUV ini punya desain kabin berbentuk huruf C yang mengambil basis dari versi EV. Dengan dimensi bodi yang lebih bongsor, ruang interiornya tentu semakin luas.

Baca juga  Sejarah Hyundai H1, MPV Bongsor Mirip Alphard

Walau begitu, soal kapasitas penumpang tetap lima orang dengan konfigurasi 2 di baris depan dan 3 di belakang. Masing-masing orang juga mendapat headrest yang bisa diatur ketinggiannya. Khusus untuk penumpang belakang, ada handrest tengah portabel yang bisa diturunkan, bila joknya cuma diisi dua orang.

Aura futuristik hadir pula dari layar besar 12,3-inch dual wide display yang berfungsi sebagai head unit dan panel isntrumen. Tidak ketinggalan ada ambient lighting untuk memberi kesan futuristik dan mewah.

Kemudian untuk tuas transmisinya berpindah dari tengah ke belakang kemudi. Desain posisi ini sebenarnya persis dengan milik interior mobil listrik, Hyundai Ioniq 5.

Bicara bagasi, belum ada spesifikasi resmi untuk kapasitas angkut barangnya. Walau demikian, Hyundai menjanjikan ruang luas di bagian belakang Kona 2023.

Performa Mesin Hyundai Kona Terbaru

Hyundai Kona 2023

Hyundai Kona 2023 memiliki empat pilihan mesin

Informasi resmi untuk performa mesin Hyundai Kona 2023 cuma tersedia dalam empat varian: ICE, HEV, EV, dan N Line. Hanya saja untuk spesifikasi detail, belum diumumkan.

Walau begitu, beberapa media asing memprediksi bahwa Kona terbaru akan pakai mesin serupa Kia Niro. Dengan kata lain untuk varian ICE pakai mesin bensin 2.0-liter empat silinder yang bisa mengeluarkan torsi 191 Nm dan tenaga 160 PS. Lalu untuk varian Kona N Line akan pakai mesin bensin 1.6-liter turbo dengan torsi puncak 265 Nm dan tenaga 204 PS.

Baca juga  Kia EV5 Concept, SUV Listrik Bisa Offroad?

Sementara Hyundai Kona 2023 varian hybrid atau HEV mengandalkan mesin 1.6-liter dengan kombinasi motor elektrik. Lalu khusus varian EV, sepertinya bakal pakai baterai 64.8 kWh. Entah varian mana yang bakal masuk ke Indonesia nanti!

Harga Hyundai Kona 2023

hyundai kona 2023 - eksterior tampak samping

Kemungkinan di Indonesia, Kona akan hadir dalam versi Hybrid

Sesungguhnya peluncuran Hyundai Kona 2023 ini adalah awal perkenalan. Pabrikan berlogo H belum menjual SUV tersebut secara resmi di pasar otomotif global. Rencananya pada beberapa bulan mendatang, Kona terbaru baru dilepas ke pasa otomotif secara bertahap.

Indonesia sendiri belum tahu akan kebagian unit yang mana. Hanya saja, bila melihat untuk lini produk mobil listrik sudah ada Ioniq 5, kemungkinan Kona Hybrid atau HEV yang bakal hadir ke Tanah Air.

Soal harga Hyundai Kona 2023 di Indonesia nanti juga masih abu-abu. Walau demikian, kami bisa memprediksi untuk versi hybrid harusnya ada dikisaran Rp 500 – 600 jutaan. Pasalnya Toyota Corolla Cross Hybrid selaku rival pun dijual dengan banderol tersebut. Bila Kona HEV lebih mahal, tentu akan sulit untuk bersaing.

Moladiners, itulah ulasan mengenai desain Hyundai Kona 2023 yang telah resmi dirilis oleh Hyundai global. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika