by

Harga Honda Brio Bekas, Masih Tinggi!

Menyandang sebagai mobil terlaris di Indonesia, harga Honda Brio bekas cenderung stabil. Dengan kata lain, banderolnya tidak terlalu turun jauh dibanding harga baru.

Jika mengacu pada 8 tahun lalu di mana Honda Brio mula-mula diluncurkan, harga barunya dijual pada rentang Rp 131 – 136 juta untuk varian 1.2 L dan untuk versi CBU-nya 1.3 L dibanderol mulai Rp 150 – 175 juta. 

Sedangkan harga Honda Brio bekas untuk generasi pertama, juga tidak beda jauh. Kisarannya masih Rp 80-100 jutaan untuk generasi pertama.

Untuk kamu yang ingin berburu mobil bekas Honda Brio, ada baiknya ketahui dahulu spesifikasi mesinnya. Terutama untuk varian 1.3 Liter CBU, karena memang varian ini hanya meluncur di awal kelahiran Brio. Kemudian sekarang sudah digantikan dengan versi 1.2 Liter.

Honda Brio versi 1.3L CBU mengusung mesin i-VTEC SOHC 4 silinder bertenaga 100 PS yang dihasilkan pada 6.000 rpm. Mesin tersebut mampu menghasilkan torsi 126 Nm pada 4.800 rpm.

Pada Honda Brio 1.2L diperkuat mesin i-VTEC SOHC 4 silinder yang mampu menghembuskan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Ingin tahu lebih lengkap soal spesifikasi dan harga Honda Brio bekas dari masa ke masa. Simak bahasan berikut:

Harga Bekas Honda Brio Generasi Pertama

Harga Honda Brio Bekas
Honda Brio Genrasi pertama 2017.

Honda Brio generasi pertama merupakan produk CBU yang mengusung mesin 1.300 cc di tahun 2012. Lalu dilanjutkan oleh produk CKD mesin 1.200 cc di tahun 2013. 

Baca juga  7 Masalah Honda Freed Bekas yang Sering Dikeluhkan

Honda Brio generasi pertama ini dipasarkan hingga tahun awal tahun 2018. Jika kamu masih awal dalam meniti karir dan ingin meminang mobil ini tentunya akan menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya Honda Brio generasi pertama memiliki tampilan yang sporty, mungil dan memang menyasar kepada konsumen muda di Indonesia.

Secara tampilan, Honda Brio generasi pertama sudah memiliki tampilan yang menarik. Mulai dari penggunaan bumper yang memiliki ukuran airdam yang cukup besar, menyatu dengan cover fog lamp.

Pada bagian gril juga sudah dihiasi dengan aksen krom, serta lampu utama disematkan halogen multireflector.

Beralih kebagian samping, lekukan buritan terlihat agresif memanjang dari bagian fender depan hingga pilar C. Bagian samping semakin menarik berkat hadirnya pelek berukuran 14 inci berkelir silver, dengan dukungan rem cakram depan dan tromol belakang.

Menariknya, pada bagian belakang pada generasi pertama ini menggunakan full kaca untuk pintu bagasinya. Tampilan belakang mengingatkan kita pada Civic Wonder lansiran 80-an.

Lalu untuk lampu rem dibuat seperti segitiga dengan bagian bulat ditengahnya, dan bumper tanpa banyak lekukan sehingga terlihat dinamis.

Masuk ke dalam kabin, Brio memiliki dominasi warna hitam, coklat dan krem. Desain cukup sederhana seperti lekukan panelnya, bentuk kisi-kisi AC berbentuk bulat, head unit 2-Din, serta 3 knob pengaturan AC.

Baca juga  Inilah Sosok Honda Civic Hatchback 2022, Meluncur Juni

Masih di sektor interior, mobil ini mengusung spidometer bergaya sporty, namun masih menggunakan analog dengan MID monokrom berukuran kecil berwarna orange.

Honda Brio juga didukung dengan jok model semi bucket yang tak bisa dipisah antara badak jok serta headrest, sementara di bagian jok belakang tanpa headrest dan memiliki leg room yang cenderung terbatas.

Di sektor kemanan, meski generasi pertama Honda Brio sudah dibekali dengan 2 SRS Airbag, seatbelt 3 titik untuk penumpang depan dan 2 penumpang belakang, serta sudah ABS dan EBD.

Bicara harga Honda Brio generasi pertama produksi 2012-2015 dibanderol mulai Rp 80-100 jutaan, tergantung tahun dan kondisi. Sedangkan antara versi matic (AT) dan manual (MT) selisih harganya sekitar Rp 2-3 jutaan.

Nah untuk kamu yang sedang mengincar Honda brio versi 1.300 cc CBU, unitnya memang tidak terlalu banyak, tapi bisa ditemui di pasar mobil bekas. Harganya juga tidak terlalu beda dibanding versi CKD 1.200 cc yaitu Rp 80-100 jutaan.

Di masa ini, Honda Brio juga melakukan facelift, yang dimulai pada tahun 2016 – 2018. Dan juga ditandai kelahiran Brio RS melengkapi varian E dan S. Lalu hadir pula sistem transmisi CVT menggantikan otomatis konvensional.

Untuk harga sekennya, Honda Brio facelift dibanderol mulai Rp 115 – 120 jutaan, tergantung usia dan kondisi.

Harga Bekas Honda Brio Generasi Kedua

Harga Honda Brio Bekas
Honda Brio generasi kedua meluncur 2018

Berikutnya adalah harga Honda Brio bekas generasi ke dua. Honda Brio generasi ke dua rilis pada tahun 2018 dan masih beredar hingga sekarang.

Baca juga  Ini Alasan Mesin Honda City Hatchback RS Tanpa Turbo

Telah mengusung nama All New Honda Brio, yang berarti model ini telah mengadopsi desain dan fitur terbaru.  Honda Brio generasi terbaru juga memiliki dimensi yang lebih besar, serta ruang kabin dan bagasi yang semakin lapang sekaligus fungsional.

Di luar itu, All New Honda Brio tetap mempertahankan berbagai fitur yang menjadi keunggulannya, seperti mesin i-VTEC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya, performa berkendara yang menyenangkan dan hemat bahan bakar, serta standar keselamatan tinggi.

Untuk kamu yang kurang suka dengan suara berisik dari luar masuk ke dalam ketika mengendarai Brio lama. Pada All New Brio ini sudah dibenahi.

All New Honda Brio sudah menggunakan insulator pada bagian atap, bagasi, dan dashboard untuk meningkatkan kekedapan terhadap suara berfrekuensi tinggi, menggunakan lembaran insulasi suara yang ringan, serta mengubah exhaust pipe supporter.

Terkait harga All New Honda brio dipasarkan mulai Rp 135-170 jutaan, untuk masa produksi 2018-2020. Pada periode ini All New Honda Brio juga memiliki dua pilihan transmisi CVT dan MT. Di mana keduanya memiliki perbedaan harga sekitar Rp 3-5 jutaan.

Demikian ulasan terkait harga Honda Brio bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru