Sabtu, Mei 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Daftar Harga Honda Brio Bekas, Ada Versi CBU 1.300 cc!

by Tigor Sihombing
Harga Honda Brio Bekas

Menyandang sebagai mobil terlaris di Indonesia, harga Honda Brio bekas cenderung stabil. Dengan kata lain, banderolnya tidak terlalu turun jauh dibanding mobil barunya.

Brio sendiri eksis di Indonesia sudah sekitar 11 tahun, mula-mula yang dijual di Indonesia merupakan produk impor dari Thailand atau CBU. Nah ketika itu, Brio CBU cuma punya mesin 1.300 cc dengan kisaran harga Rp 149 juta sampai Rp 170 juta. Sekarang dengan usia yang terbilang tua, Brio 1.300 cc dalam kondisi bekas dijual Rp 100 jutaan untuk lansiran 2012. Cukup tinggi bukan?

Setelahnya barulah Brio versi rakitan lokal dengan mesin 1.200 cc hadir, tepatnya pada tahun 2013. Saat ini banderol Brio Gen-1 versi CKD tersebut juga masih cukup tinggi, di angka Rp 90 jutaan. 

Nah, untuk kamu yang ingin berburu mobil bekas Honda Brio, ada baiknya ketahui dahulu spesifikasi dari generasi ke generasi. Pasalnya di Gen-1 saja ada dua mesin yaitu 1.3 liter CBU dan 1.2 liter CKD. 

Honda Brio versi 1.3L CBU mengusung mesin i-VTEC SOHC 4 silinder bertenaga 100 PS yang dihasilkan pada 6.000 rpm. Mesin tersebut mampu menghasilkan torsi 126 Nm pada 4.800 rpm. Transmisi otomatisnya masih konvensional, belum CVT.

Pada Honda Brio 1.2L diperkuat mesin i-VTEC SOHC 4 silinder yang mampu menghembuskan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Untuk lansiran 2013 hingga 2015 pakai transmisi otomatis konvensional, sementara 2016 hingga 2018 sudah pakai CVT.

Kemudian untuk Gen-2, mesinnya cuma ada opsi 1.200 cc dengan spesifikasi yang masih sama dengan Brio lama. Hanya saja dalam hal desain ada perbedaan signifikan di bagian belakang yang membuat tampilannya semakin manis. Oleh karena usianya lebih muda, harga Honda Brio bekas generasi kedua ini mulai dari Rp 140 jutaan untuk tahun 2019.

Baca juga  Sejarah Honda Mobil di Indonesia, Berawal dari T360!

Oiya salah satu tips beli Honda Brio bekas, kalau mau murah pilihlah varian Satya. Hanya saja, kalau kamu mau fitur lebih lengkap bisa pilih varian RS.

Ingin tahu lebih lengkap soal spesifikasi dan harga Honda Brio bekas dari masa ke masa. Simak bahasan berikut:

Harga Bekas Honda Brio Generasi Pertama

Harga Honda Brio Bekas

Honda Brio Genrasi pertama 2017.

Honda Brio generasi pertama memiliki masa edar yang cukup lama, dari 2012 hingga 2018. Di mana untuk mula-mulai merupakan versi CBU yang mengusung mesin 1.300 cc. Lalu semenjak 2013, Honda sudah melakukan CKD untuk Brio dengan mesin 1.200 cc.

Soal harga Honda Brio bekas gen-1 sudah sangat terjangkau. Maklum dari sisi usia, ada yang lebih dari 10 tahun. Walau demikian, tampilan mobil ini tetap tidak ketinggalan zaman. Tampang Brio lama masih pas untuk anak muda zaman sekarang yang hidup di kota-kota besar.

Desain yang sporty dan mungil jadi kata kuncinya. Bicara eksterior, mobil ini punya ciri khas penggunaan bumper yang memiliki ukuran airdam cukup besar, menyatu dengan cover fog lamp. Pada bagian gril juga sudah dihiasi dengan aksen krom, serta lampu utama disematkan halogen multireflector.

Beralih kebagian samping, lekukan buritan terlihat agresif memanjang dari bagian fender depan hingga pilar C. Bagian samping semakin menarik berkat hadirnya pelek berukuran 14 inci berkelir silver, dengan dukungan rem cakram depan dan tromol belakang.

Menariknya, di sisi buritan ini menggunakan full kaca untuk pintu bagasinya. Tampilan belakang Brio lama mengingatkan kita pada Civic Wonder lansiran 80-an. Lalu untuk lampu rem dibuat seperti segitiga dengan bagian bulat di tengahnya, dan bumper tanpa banyak lekukan sehingga terlihat dinamis.

Baca juga  Sejarah Honda Jazz di Indonesia, 18 Tahun yang Manis

Brio CBU Lebih Mahal dari Versi CKD

Mesin Honda Brio CBU 1.300 cc

Brio Sport 1.300 cc atau Brio CBU punya mesin lebih besar

Bicara harga Honda Brio bekas versi CBU 1.300 cc sekarang sudah sangat terjangkau. Apalagi memang usianya sudah di atas 10 tahun. Kalau kamu tertarik, kisaran banderolnya cuma Rp 100 jutaan untuk tahun 2012. Sementara lansiran 2013 ke atas atau biasa disebut Brio Sport 1.3 liter bisa tembus Rp 120 jutaan.

Kelebihan beli Brio Gen-1 bermesin 1.300 cc tentu performanya lebih mantap. Di samping itu, jumlah unit yang tidak banyak juga membuatnya tidak pasaran. Maklum, cuma dijual sebentar sekitar 3 tahun. Oleh karenanya, mobil ini Cocok buat kamu yang menginginkan kendaraan beda.

Hanya saja kalu kamu mau yang produknya lebih massal, bisa pilih Brio lama versi CKD 1.200 cc lansiran 2013 yang banderolnya mulai Rp 90 jutaan. Sedangkan antara versi matic (AT) dan manual (MT) selisih harga umumnya sekitar Rp 2-3 jutaan. Dengan kata lain, kalau kamu meminang Brio 1.2 liter bisa dapat tahun lebih muda, mesin lebih irit, tentunya soal harga jauh lebih murah.

Bila menginginkan Brio Gen-1 yang tahun muda, bisa pilih versi facelift yang meluncur pada 2016 hingga 2018. Desainnya lebih segar, serta punya pilihan transmisi CVT. Harganya berkisar Rp 120-140 jutaan. Tergantung usia dan kondisi.

Brio Gen-2 Harganya Mulai Rp 140 Juta

Harga Honda Brio Bekas

Honda Brio generasi kedua meluncur 2018

Berikutnya adalah harga Honda Brio bekas generasi kedua. Model ini dirilis tahun 2018 dan masih beredar hingga awal 2023. Pasalnya pada Mei lalu, Honda sukses menghadirkan Brio facelift 2023 yang sebenarnya masih berbasis Brio Gen-2.

Baca juga  Review Honda HR-V Gen 2 Bekas, Ringkas Tapi Lega!

Honda Brio Gen-2 mengadopsi desain terbaru. Kelebihannya bisa dilihat dari dimensi yang lebih besar, serta ruang kabin dan bagasi yang semakin lapang. Tampilan bodi belakangnya juga sudah lebih terlihat manis dengan kaca belakang yang kecil.

Di luar itu, All New Honda Brio tetap mempertahankan berbagai fitur yang menjadi keunggulannya, seperti mesin i-VTEC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya, performa berkendara yang menyenangkan dan hemat bahan bakar, serta standar keselamatan tinggi.

Untuk kamu yang kurang suka dengan suara berisik dari luar masuk ke dalam ketika mengendarai Brio lama. Pada All New Brio ini sudah dibenahi. Brio Gen-2 sudah menggunakan insulator pada bagian atap, bagasi, dan dashboard untuk meningkatkan kekedapan terhadap suara berfrekuensi tinggi, menggunakan lembaran insulasi suara yang ringan, serta mengubah exhaust pipe supporter.

Terkait harga Honda Brio lama dipasarkan mulai Rp 140-170 jutaan, dengan masa produksi 2018-2020. Pada periode ini All New Honda Brio juga memiliki dua pilihan transmisi CVT dan MT. Di mana keduanya memiliki perbedaan harga sekitar Rp 3-5 jutaan.

Sedangkan untuk harga Honda Brio bekas Gen-2 tahun yang lebih muda seperti tahun 2020 – 2023 (sebelum facelift), Rp 155-180 jutaan. Sayangnya untuk Honda Brio sebelum facelift, kamu belum mendapatkan tampilan baru seperti adanya penambahan fitur pada lampu utama dan foglamp yang sudah LED, fitur keyless entry dan engine stop, dan head unit yang lebih besar, dan lain-lain.

Demikian ulasan terkait harga Honda Brio bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika