oleh

Harga Resmi VW ID.Buzz, Capai 1 Miliar!

Harga resmi VW ID.Buzz sudah resmi diilis. Dari prediksi sebelumnya di angka 50 ribu US Dolar atau kisaran Rp 725 jutaan, ternyata harga resminya adalah 72 ribu US Dolar atau kisaran Rp 1 miliaran.

Dikutip dari laman Elektrek, untuk distribusinya. Wilayah Eropa lebih diprioritaskan untuk kloter pertama dan akan direalisasikan pada kuartal ketiga. Sementara untuk pasar Amerika Utara akan dilakukan pada tahun 2023.

Perihal harga yang lebih mahal dari harga prediksi tersebut kiranya masih bisa dimaklumi. Bukan tanpa alasan, nilai history dari tampilan eksterior Volkswagen ID.Buzz ini kental dengan perjalanan industri otomotif global.

Yup, Volkswagen ID.Buzz mengusung tampilan klasik  yang mirip dan bahkan banyak yang menganggap sebagai reinkarnasi dari VW Combi. Lahir di era millennial membuat pabrikan otomotif asal Jerman ini memberikan beberapa sentuhan modern pada ekstrior, interior dan fiturnya.

Bagian lampu depan dimensinya tidak besar dan terkesan sipit. Kemudian terdapat garis dengan aksen krom yang terlihat menyambung antara lampu kanan dan kirinya. Dibagian tengahnya disematkan logo Volkswagen dengan aksen krom juga.

Baca juga  Bocoran Harga Ertiga Hybrid, Lebih Murah Dari Avanza dan Xpander!

Selanjutnya, pada bagian bumper desainnya terlihat apik dengan disematkannya gaya honeycomb dengan ukuran lubang yang agak besar. Sementara untuk bagian belakangnya desainnya terlihat simpel namun elegan.

Soal kelir,  Volkswagen ID.Buzz ini mengusung dua warna alias two tone seperti Candy White dan Lime Yellow , sehingga mobil MPV listrik ini terlihat lebih segar.

Masuk ke dalam bagian kabin interior, terdapat head unit berukuran 10 inci dan telah dilengkapi fitur seperti We Connect, integrasi smartphone App-Connect, dan Digital Audio Broadcasting+ (DAB+). Tak hanya canggih, interior ID.Buzz juga ramah lingkungan berkat penggunaan material-material daur ulang dan non-hewani seperti kain SEAQUAL yang berasal dari sampah plastik laut dan botol plastic yang disematkan pada jok, karpet, dan roof liner.

“Volkswagen ID.Buzz merupakan transformasi dari T1, mobil listrik ini merupakan era mobilitas elektris dan berkelanjutan. Selain itu, ID.Buzz juga merepresentasikan demikratisasi mobilitas,” ungkap Jozef Kaban selaku Head of Volkswagen Design dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Spesifikasi VW ID.Buzz

Harga resmi VW ID.Buzz
Interior VW ID.Buzz

Volkswagen ID.Buzz ini hadir dengan dua model. Yaitu mobil penumpang dan mobil kargo. Meski keduanya memiliki bodi kotak seperti Combi atau Multivan, bukan berarti Volkswagen ID.Buzz tidak aerodinamis.

Baca juga  Mercedes-Benz Vision EQXX, Mobil Listrik Tembus 1.000 Km

Hal tersebut dibuktikan dengan koefisien drag sebesar 0,285 Cd, hampir setara dengan Volkswagen ID.4 untuk VW ID.Buzz MPV. Sementara untuk ID.Buzz kargo memiliki koefisien drag yang sedikit lebih besar yakni 0,29 Cd.

Dari sisi mekanisnya, kedua varian VW ID.Buzz mendapat motor listrik dengan kapasitas baterai 82 kWh yang dapat diisi hingga 170 kWh serta diklaim mampu mengeluarkan tenaga 201 dk (150 kW) dan torsi 310 Nm (229 lb-ft). Keduanya memiliki lingkaran putar 11,1 meter dan dibatasi pada kecepatan 90 mil/jam (145 km/jam).

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga resmi VW ID.Buzz. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru