Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi dan Harga Subaru Crosstrek 2023, Lebih Bagus dari XV?

by Firdaus Ali
harga subaru crosstrek 2023 - eksterior tampak belakang

Spesifikasi dan harga Subaru Crosstrek resmi diumumkan pada event Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Banderol mobil tersebut Rp 549,5 juta (OTR Jakarta) lebih mahal sekitar Rp 50 jutaan dibanding pendahulunya yaitu Subaru XV.

Walau harganya lebih tinggi, tapi Crosstrek punya banyak keunggulan dibanding XV. Sebut saja eksterior yang lebih gagah, interior semakin modern, dan konsumsi BBM irit.

“Untuk konsumen yang berminat sudah bisa dipesan dan masuk ke kloter pertama, alokasi unit nanti bulan Juni – Juli 2023,” terang Sales Subaru.

Kehadiran Subaru Crosstrek di Indonesia sesungguhnya dibocorkan pertama kali oleh Marketing Communications Manager Subaru, Ismail Ashlan. Saat konferensi pers GJAW 2023, dia mengatakan bahwa Subaru akan memunculkan produk compact SUV terbaru.

“Akan ada produk terbaru yang kami luncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia di segmen SUV kompak pada tanggal 10 Maret 2023 atau di hari pertama GJAW 2023,” jelasnya.

Hanya saja ketika itu, Ismail tidak menyebutkan secara detail produknya. Cuma ada bocoran berupa gambar lampu depan yang sudah mengadopsi LED. Kemudian di GJAW 2023, barulah Crosstrek benar-benar hadir, sekaligus terungkap harga dan spesifikasinya.

Eksterior Subaru Crosstrek 2023 Lebih Bongsor dari XV

harga subaru crosstrek 2023 - nortface x subaru

Subaru Crosstrek x Nortface (mobil warna putih)

Harga Subaru Crosstrek 2023 memang lebih mahal dari Subaru XV EyeSight. Lalu seperti apa spesifikasinya? Bila melihat tampilan, SUV ini lebih gagah dan bongsor. Crosstrek juga menggunakan Subaru Global Platform dengan torsional rigidity yang meningkat hingga +10% jika dibandingkan generasi sebelumnya. 

Sebut saja bodi mobil SUV ini lebih lebar 15 mm, lebih pendek 5 mm, dan lebih rendah 10 mm dari Subaru XV. Dengan demikian Crosstrek di atas kertas punya panjang 4.480 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.580 mm. Soal ground clearance tembus 220 mm.

Tidak hanya itu, desain grille Crosstrek dibuat lebih besar, serta menyatu ke lampu depan yang lebih pipih. Sama seperti model-model Subaru sebelumnya, lampu utama sudah mengadopsi full LED. Selain itu desain bumper juga dirancang dominan dengan warna hitam yang berbeda dengan body, ini tentu membuatnya berkesan kokoh khas mobil adventure. 

Beralih ke belakang, Subaru Crosstrek punya lampu LED yang berbentuk C terintegrasi dengan bodi. Kemudian tailgate dan bumper belakangnya dibuat lebih menonjol dari model sebelumnya. Ada pula penggunaan plastik masih terlihat di bagian bumper belakang yang lengkap dengan ornamen lain seperti skidplatte, diffuser dan reflektor.

“Bahasa desain global “Subaru BOLDER” yang dikombinasikan dengan Bahasa “Dynamism” hadir dengan garis desain yang tegas baik dari tekukan fender, body, dan atap hingga grill yang membesar,” beber rilis resmi Subaru Indonesia.

Interior Modern dan Nyaman

harga subaru crosstrek 2023 - kabin interior dan jok

Interior Subaru Crosstrek muat 5-orang

Lalu masuk ke interior, Crosstrek 2023 tampak lebih modern dibanding XV. Ciri khasnya punya desain horizontal line dashboard yang memberi kesan lapang. Ada pula center console dengan diagonal composition yang menekankan kedinamisan.

Aura modern tampak lewat head unit 11,6 inci vertikal yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto secara nirkabel atau wireless. Kemudian, pengaturan X-MODE juga dapat dilakukan pada layar sentuh ini.

Hadir pula jok dengan desain inovatif yang menopang dan menyelaraskan panggul, mencegah gerakan berlebihan di kepala pengemudi. Desain ini membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman dengan mengurangi pergerakan tangan dan getaran yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata.

Bicara kenyamanan, kini kabinnya dibuat jadi lebih minim getaran. Hal tersebut lantaran seat mounting yang ditanam langsung ke sasis Subaru Global Platform. Ini memungkinkan getaran berkurang secara drastis dan gerakan sentrifugal yang mengganggu, pengendaraan menjadi jauh lebih nyaman.

Mesin Subaru Crosstrek Lebih Irit BBM

Harga Subaru Crosstrek

Mesin 2.000 cc Subaru XV yang tanpa hybrid, juga digunakan pada Subaru Crosstrek

Dengan harga Subaru Crosstrek 2023 yang lebih mahal dari XV, ternyata tidak membuat spesifikasi mesinnya berbeda. SUV ringkas ini masih pakai jantung pacu BOXER 2.000 cc, horizontally opposed, DOHC 16-valve, 4-silinder. Jadi jangan harap kehadiran mesin hybrid atau e-Boxer seperti di luar negeri.

Jantung mekanis tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 156 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 196 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga kemudian disalurkan ke 4-roda dengan transmisi Lineartronic CVT dan Active Torque Split AWD.

Transmisi Lineartronic CVT di Subaru Crosstrek memastikan putaran mesin yang efisien dan halus. Kemudian Active Torque Split AWD memastikan torsi disalurkan ke lingkar roda yang paling membutuhkan cengkeraman ke jalan.

Walau paki mesin sama dengan XV, tapi Subaru mengklaim Crosstrek lebih irit BBM sekitar 10 persen. Sebagai gambaran, pihak Subaru Indonesia sudah pernah melakukan uji internal untuk konsumsi BBM XV, hasilnya untuk rute dalam kota 16 km/liter dan untuk jalan tol 18 km/liter. Maka untuk angka irit Crosstrek sekitar 18 Km/liter untuk dalam kota dan 20 km/liter untuk jalan tol.

“Mesin sama dengan Subaru XV, namun begitu menurut prinsipal dari Subaru Jepang, konsumi bahan bakarnya lebih irit 10%. Ini dikarenakan dimensi lebih pendek dan beberapa bagian menggunakan bahan material alumunium, Jadi konsumsi BBM-nya lebih irit. Namun begitu, kita belum mencobanya secara langsung, jadi angka tersebut berdasarkan info dari Subaru Jepang,” terang Ismail Ashlan selaku Marketing Manager Subaru Indonesia (13/3/2023).

Fitur EyeSight

harga subaru crosstrek 2023 - head unit vertikal

Head unit vertikal Subaru Crosstrek

Berbicara fitur, Subaru Crosstrek mengusung fitur andalan EyeSight. Yaitu fitur yang sudah terintegrasi dengan fitur Adaptive Cruise Control, Lane Sway and Departure Warning, Lead Vehicle Start Alert, Pre-Collision Braking System, Pre-Collision Throttle Management, Reverse Automatic Brakng, Blind Spot Detection with lane Change Assist, dan fitur modern lainnya. Tidak ketinggalan kehadiran penggerak all wheel drive (AWD).

Hadir juga pada Subaru Crosstrek generasi ketiga ini teknologi Driver Monitoring System yang membaca data biometric muka pengendara untuk menyesuaikan driver profiles (pengaturan bangku, entertainment dan sudut spion). Ada pula fungsi warning atau peringatan, jika pengemudi mengantuk atau pandangan yang tidak fokus ke jalan.

Harga Subaru Crosstrek dan Promo di GJAW 2023

harga subaru crosstrek 2023 - eksterior tampak samping

Subaru Crosstrek

Setelah tahu spesifikasinya, apakah menurut kamu harga Subaru Crosstrek 2023 yang tembus Rp 549,5 juta (OTR Jakarta) sudah sesuai? Menariknya untuk di GJAW 2023 ada berbagai promo yang bisa didapat konsumen, sebut saja:

  • Down Payment mulai 0%
  • Bunga 0% untuk tenor 3 tahun
  • Bunga mulai dari 2% untuk tenor hingga 5 tahun
  • Gratis Asuransi kendaraan untuk program pembelian tunai

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi dan harga Subaru Crosstrek 2023 yang resmi meluncur di GJAW 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika