Bidik Area Pertambangan, Hino Luncurkan Truk FM 280 JD Retarder di GIIAS 2024

by Ivan
Hino 500 FM 280 JD Retarder rilis di GIIAS 2024

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan 2 truk terbaru di ajang GIIAS 2024. Bidik area pertambangan, ini dia gebrakan Hino luncurkan truk FM 280 JD Retarder.

Pertama, HMSI meluncurkan varian Hino500 Series FM 280 JD Retarder yang dirancang khusus untuk mendukung bisnis operasional pelanggan di sector pertambangan.

Truk ini menawarkan peningkatan signifikan pada aspek keselamatan dan efisiensi biaya perawatan melalui fitur-fitur inovatifnya.

Hino500 Series FM 280 JD R dilengkapi dengan sistem pengereman tambahan Retarder CFK-360 Series, sebuah alat bantu pengereman canggih yang menggunakan teknologi Electro Magnetic Retarder.

Truk ini dapat sistem pengereman tambahan Retarder CFK-360 Series
Truk ini dapat sistem pengereman tambahan Retarder CFK-360 Series

Teknologi ini bekerja dengan cara menahan putaran Propeller Shaft melalui gaya medan magnet, sehingga memungkinkan truk untuk memperlambat laju kendaraan dengan lebih efektif dan aman.

Dengan penggunaan retarder ini, usia pakai kampas rem dapat lebih panjang, menghemat biaya perawatan jangka panjang bagi para pelanggan.

“Dengan peluncuran FM 280 JD Retarder, Hino Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan solusi transportasi yang aman, andal, dan efisien bagi industri pertambangan. Truk ini tidak hanya menjanjikan peningkatan keselamatan melalui teknologi pengereman canggihnya, tetapi juga menawarkan berbagai fitur yang mendukung kenyamanan dan produktivitas operasional pertambangan,” kata Susilo Darmawan, Sales Director HMSI mengungkapkan

Baca juga  Ini Dia Nahkoda Baru PT Hino Motor Sales Indonesia

4 Tahap Pengereman Hino500 Series FM 280 JD R

Hadir dengan banyak fitur keselamatan
Hadir dengan banyak fitur keselamatan

Seperti sudah disinggung, Hino500 Series FM 280 JD R dilengkapi sederet pembaruang yang memukau. Pertama ialah kelengkapan tuas pengendali Retarder Level dalam kabin dengan 4 tahap pengereman sesuai kebutuhan operasional.

Truk ini juga dibekali fitur lainnya seperti Digital Hour meter untuk mengetahui informasi pemakaian mesin untuk perawatan kendaraan tetap terjaga. ES Start System untuk mencegah terjadinya kendaran mundur ditanjakan dan memudahkan menanjak kembali sehingga umur pakai kanvas kopling lebih awet.

Ban tipe Block yang tahan lama dan cocok untuk medan berat, karena truk ini memiliki GVW 26 Ton dengan Max Power 280 PS serta Gear Ratio 6.428 yang memberikan tenaga optimal dan kapasitas angkut maksimal.

Dari sisi kenyamanan pengemudi, Hino500 Series FM 280 JD R, sudah dilengkapi dengan air conditioner (AC), power window dan central lock.

Hino 300 Series HDL 6×2

Launching di GIIAS HINO 300 136 HDL 6x2 light duty truck pertama dan satu satunya dengan konfigurasi 6x2 di Indonesia 2
Truk ringan 6×2 pertama di Indonesia

Unit kedua yang Hino luncurkan adalah Hino 300 Series 136 HDL 6×2. Dimana Ini merupakan light duty truck pertama di Indonesia dengan konfigurasi 6×2 atau 10 roda.

Baca juga  Ini Dia Nahkoda Baru PT Hino Motor Sales Indonesia

Memiliki GVW lebih besar yakni 14 Ton dan suspensi tipe trunnions dan leaf spring yang dapat menahan daya angkut yang berat. Hino 300 – 136 HDL 6X2 memiliki wheel base 3.495 + 1.050 mm dan panjang bodi hingga 5.4 meter sehingga dapat dibuat untuk aplikasi bodi tangki CPO, boks, bak terbuka, dan flat bed.

Dengan daya angkut yang kuat dan aksesibilitas yang baik pada pengoperasian jalan yang sempit Hino 300 – 136 HDL 6×2, merupakan solusi untuk kebutuhan pengangkutan CPO di area perkebunan atau angkutan kargo lainnya, sehingga tetap produktif dan sesuai regulasi.

Launching di GIIAS HINO 300 136 HDL 6x2 light duty truck pertama dan satu satunya dengan konfigurasi 6x2 di Indonesia

Hino 300 – 136 HDL 6×2 menggunakan mesin Euro 4 dengan tenaga maksimal 136 PS dan transmisi RE61 dengan 6 percepatan. Selain itu, truk ini turut dilengkapi kamera mundur untuk melihat kondisi belakang kendaraan saat bermanuver mundur.

“Indonesia sebagai salah satu produsen CPO membutuhkan angkutan yang andal dan efisien. Dengan mayoritas Perkebunan memiliki jalan yang sempit dan berliku. Untuk itu, Hino menghadirkan solusi truk 136 HDL 6×2 yang merupakan truk ringan double gandar dengan GVW lebih besar, yang mampu mengangkut muatan lebih banyak tanpa mengorbankan kelincahan di jalan sempit,” tutup Susilo.

Baca juga  Ini Dia Nahkoda Baru PT Hino Motor Sales Indonesia

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika