6 Generasi BeAT yang Pernah Rilis. Apa Saja Bedanya?

Moladin – Sekitar tahun 2008, motor matik hadir sebagai saingan motor bebek, Yamaha mengenalkan Mio sebagai pelopor skutik di Indonesia, tak mau kalah tak lama Honda merilis matik pertamanya, yakni Honda BeAT.

Di tahun-tahun berikutnya, Honda terus membuat versi terbaru BeAT dengan sejumlah fitur dan teknologi tambahan yang mampu menunjang performa. Bila ditotal, setidaknya ada 6 seri Honda BeAT yang pernah rilis di pasaran. Penasaran apa saja? Ini dia penjelasan 6 seri Honda BeAT beserta perbedaannya.

 

1. BeAT: Generasi Pertama Skutik Honda

Honda Beat Generasi PertamaGenerasi pertama hadir dengan sistem karburator

Di awal kemunculannya, Honda membekali BeAT dengan kapasitas mesin 108 cc SOHC 2-katup dengan sistem karburator, sistem pengkabutan bahan bakar motor selain injeksi. Dari segi desain, ukuran BeAT terlihat lebih besar dari Mio dan bodi yang lebih langsing.

Salah satu ciri khas dari BeAT yang juga dikeluhkan oleh penggunanya adalah suara starternya yang berisik. Meski sudah berhenti diproduksi saat ini, namun Honda BeAT generasi pertama ini banyak diminati oleh pembeli di pasar motor bekas.

 

Honda Beat Street

*Angsuran mulai dari

 

2. BeAT Minor Change: Tampil Cantik dengan Stripe Baru

Dua tahun setelah generasi pertama dirilis, sekitar tahun 2010 Honda melakukan penyegaran pada tampilan BeAT versi sebelumnya. Stripe BeAT generasi ke dua didesain dengan warna dan corak yang berbeda.

Bila spakbor BeAT generasi awal tampak menyatu dengan suspensi taleskopik mirip motor sport, letak spakbor BeAT Minor Change tampak berbeda karena diposisikan secara menggantung dan bentuknya pun lebih panjang.

Ukuran tampak pemboncengnya juga lebih besar dari versi sebelumnya. Mengintip bagian mesin, BeAT Minor Change sama-sama menggunakan sistem karburator seperti pendahulunya.

 

3. BeAT PGM-FI: Si Irit dengan Bodi Berisi

BeAT PGM FIBeAT PGM FI menggunakan injeksi PGM-FI untuk sistem pengkabutan bahan bakar

BeAT PGM-FI merupakan seri lanjutan dari BeAT Minor Change. Berbeda dengan dua pendahulunya, kali ini Honda menggunakan injeksi PGM-FI untuk sistem pengkabutan bahan bakar. Alhasil, penggunaan bahan bakar dinilai 30% lebih irit dari versi BeAT lainnya.

Bagaimana dengan desainnya? BeAT PGM-FI terlihat lebih gemuk dari BeAT generasi ke dua. Hal ini dikarenakan ukuran bagasinya didesain lebih luas agar bisa menampung banyak barang. Selain itu, ukuran joknya pun dibuat lebih rendah agar nyaman digunakan khususnya untuk pengendara perempuan.

Untuk warna, BeAT PGM-FI hadir dengan 6 varian yaitu Samba Orange, Electro Red, Hard Rock Black, Funk White, Power Black, dan Techno White. Terlihat lebih beragam warnanya dibanding BeAT versi lawas.

 

4. BeAT eSP: Selamat Tinggal Suara Starter yang Kasar

Honda Beat All New eSPBeAT eSP tampil dengan fitur dan teknologi modern

Selanjutnya ada BeAT eSP dengan teknologi yang lebih modern. Saatnya Anda mengucapkan selamat tinggal mesin starter yang berisik. Ya, pasalnya BeAT eSP telah dibekali dengan ACG starter sehingga suaranya lebih redam.
Menariknya, BeAT eSP ini dibedakan lagi menjadi 3 varian yaitu BeAT eSP versi CW, CBS, dan CBS ISS. Lalu, apa beda dari ke tiganya?

Meninggalkan velg ruji, BeAT eSP CW menampilkan desain velg rising sehingga tampak lebih sporty dan mudah dibersihkan. Sementara itu, BeAT eSP CBS unggul di bagian sistem pengereman. Rem depan dan rem belakang dikemas dalam satu rem sehingga ketika pengguna dapat melakukan pengereman lebih praktis dan tepat.

Terakhir ada BeAT eSP CBS ISIS yang dilengkapi dengan teknologi idling stop system. Teknologi ini akan membuat mesin motor mati secara otomatis ketika berhenti lebih dari 3 detik. Hasilnya, konsumsi bahan bakarnya pun jadi lebih irit.

 

5. BeAT POP eSP: Mengusung Desain yang Atraktif

Sama halnya dengan BeAT eSP, BeAT POP eSP juga punya varian yang berbeda yaitu BeAT POP eSP CW, CBS, dan CBS ISS. Letak perbedaannya ada pada sisi desain. Tampilan BeAT POP eSP terlihat lebih imut dan bodinya tampak lebih menggembung.

Mengikuti tren terkini, desain stripe BeAT POP eSP terlihat lebih fun dan ekspresif. Warnanya pun terlihat lebih bergaya. Total ada 4 pilihan warna yaitu Harmony Black White, Acoustic Black, Groovy Red White, dan Symphony White Blue.

Penyegaran tampilan BeAT POP eSP secara spesial disuguhkan untuk para remaja yang gemar mengekspresikan diri lewat ragam kegiatan.

 

6. BeAT Street: Tampil Unik dengan Desain Stang ‘Telanjang’

Satu lagi produk Honda yang tak kalah mencuri perhatian adalah BeAT Street. Liat saja tampilannya. BeAT Street hadir dengan stang terbuka kemudian disematkan spidometer berbentuk kotak full digital tanpa panel analog.

Bicara soal fitur, sebagian besar teknologi yang ada pada BeAT Street sama dengan BeAT versi reguler. Versi ini dilengkapi dengan teknologi CBS yang mampu menyeimbangkan rem roda depan dan belakang bekerja secara optimal.

 

Honda Beat All New eSP

*Angsuran mulai dari

 

Selain itu ada juga Parking Brake Lock, fitur ECO indikator, ACG starter, dan standar samping otomatis.

Karakter BeAT Street makin diperkuat dengan corak stripe yang lebih kekinian sesuai gaya khas anak muda. Oleh karena itu, berkendara dengan BeAT Street pun mampu membuat penampilan Anda di jalan lebih maco.

Dari ke enam seri di atas, 3 di antaranya yaitu BeAT, BeAT Minor Change, dan BeAT PGM-FI sudah berhenti diproduksi. Kalau tertarik memilikinya berarti Anda harus membelinya dalam keadaan bekas.

Kini, motor bekas bisa dibeli secara online melalui Moladin. Tak perlu khawatir soal keamanan, sebagai platform jual beli motor pertama di Indonesia, Moladin memberikan garansi transaksi aman 100%. Selamat berburu!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *