by

Hyundai Creta Diuji Jalan, Bakal Masuk Indonesia?

Hyundai Creta Indonesia – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) tampaknya bakal menambah line-up produk SUV mereka untuk pasar Nasional. Hal ini diperkuat dengan munculnya sosok yang diketahui merupakan Hyundai Creta yang tengah melakukan uji jalan di Indonesia.

Kabar mengenai Hyundai Creta bakal menjajaki pasar otomotif Tanah Air, sudah berhembus kencang sejak beberapa tahun terakhir. Informasi ini semakin kuat setelah ada unggahan akun instagram @herianto_0141 yang mengonfirmasi bahwa mobil tersebut sedang diuji jalan di Indonesia.

Terlihat dari gambar, bahwa sosok tersebut merupakan Hyundai Creta generasi kedua. Uniknya, tidak seluruh bagian mobil tertutup oleh selubung kamuflase. Padahal biasanya kalau kendaraan diuji jalan di Tanah Air, bodinya bakal ditutup stiker.

Hanya pada kasus Creta, cuma bagian belakang saja yang tertutup. Bagian depannya justru terlihat jelas, bahwa sosok tersebut merupakan Creta.

Lalu seperti apa sebenarnya Hyundai Creta yang diprediksi bakal mengaspal di Bumi Pertiwi? Berikut ulasan lengkap Hyundai Creta:

Mengenal Hyundai Creta, SUV Baru Untuk Pasar Indonesia

spyshots Hyundai Creta Indonesia
spyshots Hyundai Creta Indonesia (Instagram @herianto_0141)

Hyundai Creta bakal bersaing di segmen SUV kompak Indonesia. Mobil ini sejatinya cukup familiar, di pasar otomotif Asia. Di mana Hyundai Creta sudah diproduksi dan dijual di India.

Perjalanan Hyundai Creta sejak tahun 2014. Generasi kedua lahir di tahun 2019, dan sosoknya memang cukup menarik perhatian. Bila dilihat mobil ini, memiliki desain yang mirip dengan Hyundai Santa Fe. Hanya saja, dimensi Hyundai Creta lebih kecil dibanding Santa Fe.

Baca juga  5 Mobil SUV Bekas dan Murah, Mulai Rp90 Jutaan

Hyundai Creta generasi pertama memiliki dimensi yang lebih kecil, ketimbang generasi kedua yang saat ini dipasarkan, yaitu dengan panjang 4.270 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.780 mm serta wheelbase 2.590 mm.

Ada empat varian mesin yang ditawarkan, yakni mesin bensin 1.4 liter, 1.6 liter 4 silinder, serta diesel 1.4 liter dan 1.6 liter 4 silinder.

Sementara Hyundai Creta generasi kedua mengusung dimensi yang sedikit lebih besar, dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.620 mm, serta wheelbase 2.610 mm. Mobil ini dibangun dari basis Kia Seltos.

Hyundai Creta Punya Desain Modern

Hyundai Creta tertutup selubung kamuflase
Hyundai Creta tertutup selubung kamuflase

Secara tampilan, Hyundai Creta memiliki desain modern ala Santa Fe. Hal ini terlihat pada fascia depan, yang cukup khas pabrikan Korea Selatan tersebut. Mobil ini sudah didukung dengan lampu depan DRL LED di bagian atas.

Lampu utama justru berada di bawah, layaknya desain-desain SUV modern. Mobil ini menggunakan gril berukuran besar, untuk mempertegas tampilannya semakin terasa sporty. Mobil ini juga dilengkapi roof rail di bagian atap, yang mempertegas identitasnya sebagai sebuah SUV.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Taft 2020, Rival Suzuki Jimny!

Pada bagian belakang, Hyundai Creta yang diproyeksi masuk Indonesia, memiliki desain yang futuristik. Berkat hadirnya sentuhan stoplamp LED berukuran minimalis. Bila mengacu pada Hyundai Creta yang dipasarkan di India, mobil ini bakal memiliki kelir two tone.

Baca juga:

Tersedia Dalam Dua Pilihan Mesin

Memiliki desain yang modern
Hyundai Creta memiliki desain modern

Untuk jantung mekanisnya, Hyundai Creta tersedia dalam 2 pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel. Untuk mesin bensinnya, hadir dengan mesin berkapasitas 1.5 liter, dengan tenaga 113 dk pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm.

Mesin diesel Hyundai Creta berkapasitas 1.4 liter turbodiesel yang mampu menyemburkan tenaga 138 dk pada 6.000 rpm dan torsi 242 Nm pada rentan 1.200 hingga 3.200 rpm. Kedua mesin itu dipadukan dengan 2 pilihan sistem transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan otomatik dual clutch 7 percepatan.

Jika Benar Masuk Indonesia, Hyundai Creta Punya Fitur Mumpuni

Hyundai Creta Indonesia
Eksterior Belakang Hyundai Creta

Creta sudah dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan modern, seperti Vehicle Stability Management, Electronic Stability Control, Hill Assist Control, Driver rear view monitor, Rear Parking Camera with Dynamic Guidelines, dan Rear Parking Sensor.

Baca juga  Bocoran Spesifikasi MG ZS, SUV Inggris Rasa Tiongkok!

Tidak hanya itu saja, Hyundai Creta juga sudah disematkan Electro Chromic Mirror, Speed Alert System, Lane Change Indicator, Lane Change Indicator Flash Adjusment, Emergency Stop Signal, 6 airbag, serta sistem pengereman ABS dan EBD.

Fitur keamanan yang juga sudah tersedia seperti ISOFIX, Impact Sensing Auto Door Unlock, Speed sensing auto door lock, dan Immobilizer.

Mengacu pada pasar India, Hyunda Creta dijual dengan banderol sekitar Rp 316 jutaan hingga setara Rp 344 jutaan.

Sayangnya, hingga artikel ini diturunkan, Hyundai Indonesia masih enggan angkat bicara terkait Creta. Walau demikian, berhembus kabar bahwa SUV ini bakal menjadi salah satu produk perdana buatani pabrik Hyundai yang baru dibangun di Cikarang, Jawa Barat.

Bila sesuai jadwal, pabrik tersebut mulai beroperasi pada Semester 2 tahun 2020. Masih lama memang, namun sebenarnya ada opsi lain yang bisa membuat Hyundai Creta hadir lebih cepat di Indonesia.

Misalnya dengan mengimpornya lebih dulu secara utuh dari India. Kemudian kalau penjualannya sukses, barulah diproduksi di Indonesia. Mari kita tunggu saja sama-sama, langkah apa yang bakal diambil Hyundai terkait Creta ini.

Share this!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru