oleh

Hyundai Stargazer, Siap Lawan Avanza dan Xpander?

Jagat raya otomotif di Indonesia dihebohkan dengan rumor akan meluncurnya mobil segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) asal negeri ginseng dalam waktu dekat. Yup, Hyundai Stargazer direncanakan akan mengaspal di Indonesia.

Hyundai Stargazer sendiri mulai ramai dibicarakan seteleh muncul dalam uji kendara di jalanan negeri asalnya, Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, pada website Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJKI) nama Stargazer sudah tercantum dengan status ‘selesai masa pengunguman’. Untuk nomor permohonannya adalah DID 2020072199 dengan nama pemohon Hyundai Motor Company.

Hal tersebut tentunya semakin menguatnya bahwa mobil dengan segmen Low MPV ini akan segera mengaspal di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pihak Hyundai Indonesia saat ini telah melakukan pembangunan pabrik Hyundai di Cikarang Jawa Barat. Tentunya pabrik tersebut akan memproduksi mobil Hyundai untuk dijual, baik di pasar domestik dan ekspor.

Spesifikasi Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer
Wujud uji berkendara yang diyakini Hyundai Stargazer

Meski belum ada bocoran mengenai spesifikasi Stargazer, model Low MPV yang digadang-gadang akan menggeser Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini bisa mengacu pada Hyundai Hexa Space yang pernah diperkenalkan pada perhelatan New Delhi Auto Show pada tahun 2012 lalu.

Baca juga  Spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4, MPV Jago Reli

Stargazer dikabarkan akan mengusung mesin sama dengan Hyundai Hexa Space, yaitu menggunakan mesin GDI Turbo 1.2L Kappa dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Di sisi lain Hyundai Stargazer dikabarkan juga bisa mengusung mesin Alpha 1.495 cc G4FK empat silinder yang sudah terpasang di Hyundai Elantra dan Hyundai Accent. Mesin tersebut diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 102 dk dengan torsi 136 Nm. Namun kedua pilihan mesin tersebut belum bisa dipastikan apakah cocok untuk dipasangkan pada Hyundai Stargazer.

Berbicara tampilan, Stargazer beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji jalan. Meski pakai kamuflase, namun beberapa orang telah mereka tampilannya secara digital. Hasil yang bisa dilihat untuk saat ini, kemungkinan tampang MPV Hyundai ini bakal mirip sang kakak yang bernama Hyundai Staria. Menarik bukan?

Saat kami mencoba menghubungi pihak PT Hyundai Motor Indonesia (HMI), Josephine Nicole selaku Public Relation Assistant Manager masih belum mau menginformasikan lebih lanjut mengenai peluncuran Hyundai Stargazer di Indonesia.

“Yang dapat kami sampaikan adalah fokus utama Hyundai Motors Indonesia saat ini adalah terus meningkatkan kepuasan pelanggan kami melalui produk dan layanan yang telah tersedia untuk pasar Indonesia,” jawabnya singkat saat kami hubungi via pesan singkat pada Selasa (12/8/2021).

Baca juga  Panduan Modifikasi Calya, Biar Tidak Mirip Taksi Online

Publik di Indonesia tentunya sudah menunggu kehadiran Hyundai Stargazer. Sebab publik saat ini hanya disuguhkan beberapa pilihan mobil segmen Low MPV. Bukan tidak mungkin gebrakan HMI dengan meluncurkan Stargazer akan menjadi ‘senjata tajam’ dan bisa menggeser kedigdayaan Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander.

Moladiners, itulah ulasan mengenai kabar akan meluncurnya Hyundai Stargazer. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru