by

Harga Kampas Rem Motor Terbaru 2019

Kampas rem motor menjadi salah satu komponen penting yang perlu penggantian secara rutin. Keberadaannya memiliki peran sentral ketika moladiners ingin menghentikan laju kendaraan. Moladiners dapat menemukan berbagai jenis kampas rem yang bisa digunakan yang dijual di pasaran. Selain itu, bisa pula memilih menggunakan kampas rem original atau produk after market.

Harga kampas rem di pasaran bisa Moladiners temukan secara bervariasi. Ada banyak faktor yang berpengaruh. Selain itu, produk rem original juga tidak selalu lebih baik dibandingkan dengan produk after market. Oleh karena itu, Moladiners juga bisa menjumpai produk kampas rem after market yang dijual dengan harga jauh lebih tinggi dibandingkan kampas rem pabrikan.

 

Ketahui Jenis Kampas Motor yang Sesuai Kebutuhan

Jenis Jenis Kampas Rem Motor

Dengan mempertimbangkan selisih harga yang cukup tinggi, alangkah bijaksananya kalau moladiners membeli kampas rem yang sesuai. Kesesuaian ini tidak hanya mencakup kecocokan jenis kampas dengan motor yang dipakai. Namun, kesesuaian itu juga berkaitan erat dengan gaya berkendara.

Terkait hal ini, moladiners perlu tahu jenis bahan yang digunakan pada kampas rem motor. Ada 5 jenis material yang sering bisa dijumpai, yaitu:

  1. Kampas rem organik

Kampas rem organik dibuat dengan bantalan logam dari bahan selain besi. Biasanya, campuran bahan tersebut adalah timah, tembaga, serta alumunium. Kampas rem ini memiliki harga yang ekonomis, dan cukup nyaman dipakai karena tidak menimbulkan suara berisik. Hanya saja, tingkat pemakaiannya singkat, biasa dipakai pada motor keluaran lama, sebelum tahun 1990-an.

  1. Kampas rem semi logam
Baca juga  Rilis di TMS 2019, KMI Tegaskan Belum Jual Kawasaki ZX-25R

Ada pula kampas rem semi logam yang komposisinya dibuat dengan kombinasi antara bahan logam dan nonlogam. Kampas ini punya keunggulan tidak cepat aus, karena bisa menahan panas lebih banyak dan proses pendinginan bisa dilakukan lebih cepat. Hanya saja, kampas tipe ini punya kelemahan menghasilkan debu rem lebih banyak dibandingkan jenis rem lain.

 

[product product=”KYMCO Like” images=”https://cdn.moladin.com/motor/kymco/KYMCO_Like_26973_89524_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kymco/kymco-like-150cc-2019-skuter-automatic-injeksi-5d79f21a3345d” price=”Rp. 1.167.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

  1. Kampas rem keramik

Kampas rem keramik menjadi pilihan tepat untuk motor harian. Kampas ini dibuat dari bahan keramik dengan tingkat kepadatan tinggi dan disertai serat tembaga halus di dalamnya. Selain itu, harganya juga relatif lebih mahal kalau dibandingkan dengan kampas rem organik.

  1. Kampas rem asbes

Kampas rem dari bahan asbes juga cukup banyak dijumpai di pasaran. Kampas ini dibangun dengan bantalan dari bahan asbestos. Harganya murah, tetapi disertai dengan kemampuan yang tidak teruji. Bahkan, kampas rem ini biasanya pakem hanya pada awal pemakaiannya.

  1. Kampas rem sinter

Kampas rem sinter adalah kampas rem yang proses pembuatannya memakai panas serta tekanan ekstrem sebagai upaya mengombinasikan lapisan perunggu berbentuk serbuk pada pelat. Hasilnya, kampas jenis ini punya kemampuan pengereman kuat dan tahan lama. Pemakaiannya sangat cocok untuk motor sport dan dijual dengan harga relatif mahal.

Baca juga  Yes! Motor Tetap Boleh Melintas Jalur Ganjil-Genap

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Kampas Rem Motor?

Kampas Rem

Moladiners pasti banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk melakukan penggantian kampas rem. Terkait hal ini, tidak ada jawaban yang pasti, karena bergantung pada gaya berkendara masing-masing. Terkadang, ada yang harus mengganti setiap 3 bulan, 6 bulan, dan bahkan setahun.

Untuk mengetahui bahwa motor sudah waktunya ganti kampas rem sebenarnya tidak terlalu sulit. Kampas rem yang masih bagus tidak akan mengeluarkan suara berisik ketika digunakan. Lain halnya ketika moladiners sering mendapati suara setiap menekan tuas rem, baik rem cakram ataupun tromol.

Ketika sudah menemukan suara berisik tersebut, pastikan untuk segera melakukan penggantian. Penggunaan rem yang sudah aus, selain berisiko pada keamanan berkendara juga berpotensi menimbulkan kerusakan pada cakram.

 

Info Harga Kampas Rem Motor 2019

Info Harga Kampas Rem Terbaru

Untuk membantu Moladiners dalam menentukan jenis kampas rem yang dipakai, berikut ini adalah daftar harga rem kampas motor terbaru untuk berbagai jenis tipe:

  1. Kampas rem original Honda, bisa digunakan untuk Honda Spacy, Beat, Vario, serta Scoopy : Rp14.000
  2. Kampas rem tromol belakang Honda, untuk Honda Vario, Spacy, serta Beat : Rp32.000
  3. Kampas rem depan dan belakang merek Elig untuk Honda Vario 125 dan Vario 150 : Rp135.000
  4. Kampas rem depan Jupiter MX, Vega ZR, Vixion, Mio Smile original Yamaha : Rp16.000
  5. Kampas rem depan dan belakang Honda PCX 2018 ABS merek Elig: Rp185.000
  6. Kampas rem depan atau belakang merek YSP untuk Ninja 150R, Ninja 150RR, Ninja 250 Fi, Ninja 250, dan Ninja 250 SL, Kawasaki Edge, Kawasaki Kaze R : Rp22.500
  7. Kampas rem depan serta belakang Honda CBR 250R ABS dan non ABS merek Elig : Rp370.000
  8. Kampas rem belakan Honda Supra X : Rp13.000
  9. Kampas rem depan belakang Bendix-Elig untuk Yamaha Aerox, Mio M3, dan Lexi : Rp139.000
  10. Kampas rem depan Bendix untuk New Jupiter Z, Mio Soul, Mio GT, Byson, Vixion, Jupiter MX, R15 : Rp77.900
Baca juga  Begini Lho Cara Daftar Grab Online dan Langsung Terbaru

 

[product product=”Vespa S 125″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/vespa/Vespa_S_125_9938_57339_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/vespa/vespa-vespa-s-2017-matic-i-get-4-langkah-silinder-tunggal-dengan-3-katup-125cc” price=”Rp. 1.432.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Itulah tips serta informasi harga kampas rem motor terbaru. Semoga bisa membantu, ya!

 

Baca Juga :

Terbaru