oleh

5 Kelebihan Avanza Baru 2021 Dibanding Kompetitor

Toyota Avanza generasi ketiga mengalami ubahan yang signifikan, mulai dari eksterior, interior, serta fitur-fiturnya. Lalu apa sih kelebihan Avanza baru 2021?

Sudah pastinya pertanyaan ini banyak diungkapkan oleh penggemar otomotif. Apalagi sekarang Low MPV dengan julukan “mobil sejuta umat” ini menggunakan sistem penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD). Tentunya ini berbeda dengan kebiasaan sebelumnya.

Dari pertama kali hadir di Indonesia pada 2003, Avanza selalu menggunakan sistem penggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive (RWD). Walau demikian, zaman telah berubah. Alhasil kini Avanza mengikuti para kompetitornya yang sudah lebih dulu mengandalkan FWD, sebut saja Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Mitsubishi Xpander.

Toyota Avanza FWD ini pun hadir sangat istimewa. Bukan cuma dibanding model lama, tapi juga ketika dihadapkan dengan para kompetitor. Sebut saja kini punya fitur keselamatan Toyota Safety Sense, performa mesin semakin mantap, pengaturan jok fleksibel, hingga fitur kenyamanan terdepan.

Nah, apa saja kelebihan Avanza baru 2021 dibandingkan dengan para kompetitornya? Mari kita simak ulasannya:

1. Fitur TSS

kelebihan avanza baru 2021
Fitur Toyota Saftey Sense

Kelebihan Avanza baru 2021 yang pertama adalah dari sisi fitur yang lebih canggih. Yup, Avanza FWD 2021 untuk varian G CVT TSS sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Saftey Sense alias TSS.

Fitur tersebut sejatinya belum diadopsi oleh kompetitornya seperti Suzuki Ertiga ataupun Mitsubishi Xpander.

Di mana fitur TSS tersebut menaungi fitur Pre-collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist. Selanjutnya terdapat pula Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, juga Blind Spot Monitoring.

Selain itu terdapat pula fitur  Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Alarm+Immobilizer. Diikuti pula ISOFIX plus Side Impact Beam. Khsusus varian Avanza tertinggi atau G CVT TSS juga punya 6 titik airbag.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Agya, Tidak Murahan

Sementara fitur yang terdapat pada Suzuki Ertiga Sport yang merupakan varian tertingginya hanya mengadopsi fitur Hill Hold Control, Electronic Brake Force Distribution, Electronic Stability Programme, serta ABS.

Pun begitu juga dengan Mitsubishi Xpander, kelengkapan fiturnya masih kalah lengkap dari Avanza FWD 2021. Xpander terbaru hanya mengadopsi Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold, New Speed Sensitive Door Lock, serta beberapa fitur standar seperti ABS, EBD, Airbag, dan fitur standar lain mobil MPV.

2. Performa mesin lebih mumpuni

mesin avanza fwd
Harganya lebih mahal dibanding model lama

Kelebihan Avanza baru 2021 selanjutnya adalah dari sisi jantung pacu. Perbedaanya memang tidak signifikan, namun tetap di atas kertas Avanza FWD lebih unggul dibanding model lama. Begitu pula kalau dibandingkan beberapa kompetitor.

Avanza mengusung mesin 1.500 cc berkode 2NR-VE 4-silinder DOHC dual VVTi. Tenaga maksimumnya diklaim mampu mencapai 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya 137 Nm pada 4.200 rpm.

Dengan kata lain bertambah 2 PS dibanding model lama atau RWD. Kemudian untuk torsinya naik 1 Nm.

Performa tersebut memang menunjukan tenaga yang lebih gahar dibandingkan Ertiga atau Xpander. Namun soal torsi, Avanza FWD 2021 masih kalah dengan kedua kompetitor tersebut.

Hal tersebut bisa dilihat dari sepsifikasi Suzuki Ertiga yang menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm.

Baca juga  Suzuki Ertiga dan XL7 Hybrid Siap Hadir di Indonesia

Sementara Mitsubishi Xpander mengadopsi mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan tenaga maksimumnya diklaim mencapai 105 PS pada 6,000 RPM, dan mampu mencapai torsi puncak 141 N.m pada 4,000 RPM.

3. Desain eksterior lebih elegan

kelebihan avanza baru 2021

Ubahan pada desain eksterior Avanza baru 2021 memang mengagetkan, tampilan barunya tidak menunjukan bahwa mobil ini di segmen Low MPV.

Grill yang lebih besar dipadupadankan dengan desain lampu yang meruncing hingga rumah foglamp yang dihiasi aksen krom membuat Avanza FWD 2021 tampel modern dan elegan.

Sementara untuk Xpander meski telah meluncurkan desain baru, nyatanya ubahannya tidak signifikan alias hanya facelift.

Pun begitu juga dengan Suzuki Ertiga, keseluruhan ubahan desain ekstriornya masih terlihat tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya.

4. Jok Fleksibel

kelebihan avanza baru 2021
Joknya bisa berubah jadi sofa panjang

Dalam upaya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, Toyota memasukkan kabin yang luas dan nyaman dalam pengembangan All New Avanza. Dimensinya kini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Ini membuat Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

Bagian jok Avanza kini lebih mantap, karena memiliki pengaturan fleksibel. Jarak antara penumpang baris pertama dan kedua di All New Avanza adalah 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm.

Gerak maju mundur 240 mm pada kursi baris kedua, dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm, membantu memastikan 7 penumpang dapat duduk dan berinteraksi dengan nyaman di All New Avanza tanpa merasa terkendala.

Baca juga  Harga Toyota Innova Bekas, Di Bawah Rp 100 Juta!

Selain itu, All New Avanza juga dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan, bahkan dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

5. Fitur T Intouch

kelebihan avanza baru 2021
Ada aplikasi T Intouch yang bisa menghubungkan mobil dengan smartphone

Kelebihan Avanza baru 2021 berikutnya adalah Fitur T Intouch. Fitur ini  pertama kali disematkan pada mobil premium Camry Hybrid facelift yang meluncur beberapa waktu lalu dan sekarang hadir di Avanza FWD 2021 varian G CVT TSS.

Fitur T Intouch merupakan teknologi  telematika yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pemilik mobil dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota melalui ponsel.

Di dalam T Intouch tersebut, terdapat fitur-fitur canggih untuk mengetahui kondisi mobil. Seperti Find My Car, Stolen Vehicle Tracking, Geofencing, Vehicle Info, E-Care (Maintenance), Inquiry & Support Center, Trip Driving Update, Road Assistance.

Ini disebut sebagai kelebihan Avanza FWD, karena kompetitor seperti Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander belum punya.

Harga Avanza FWD 2021

kelebihan avanza baru 2021

  • Avanza 1.3 E M/T Rp 206.200.000
  • Avanza 1.5 G M/T Rp 228.500.000
  • Avanza 1.5 G CVT Rp 241.400.000
  • Avanza 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000
  • Veloz MT Rp 251.200.000
  • Veloz Q CVT Rp 272.100.000
  • Veloz Q CVT TSS Rp 291.500.000

“Tampilan Avanza terbaru terihat lebih modern dan mewah. Ubahnnya sangat kentara dengan generasi sebelumnya. Yang Veloz juga lebih keren desainnya. Begitu juga dengan desain interior dan fitur-fiturnya yang lebih lengkap,” ungkap Pasya, salah satu anggota komunitas Avanza, AXIC.

Moladiners, itulah ulasan mengenai kelebihan Avanza baru 2021. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru