Senin, Juli 1, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kelebihan Camping Pakai Mobil Listrik MG, Bisa Main Nintendo di Tenda!

by Firdaus Ali
Duet MG 4 EV dan ZS EV dipakai camping

Berikut kami ulas mengenai beberapa kelebihan camping pakai mobil listrik MG. Dimana salah satunya bisa memanjakan kita untuk main game Nintendo terkoneksi ke TV di dalam tenda. Asyik bukan?

Dalam pembahasan kelebihan camping pakai mobil listrik kali ini kami menggunakan 2 mobil listrik dari MG yaitu MG 4 EV dan MG ZS EV.

Kedua mobil listrik ini punya selisih harga yang tidak jauh. Untuk MG 4 EV dibanderol Rp 433 juta, namun ada promo yang akhirnya menjadi Rp 423 juta. Oh ya, MG 4 EV yang kami coba juga sudah CKD alias rakitan lokal. Kemudian untuk harga dari MG ZS EV adalah Rp 453 juta.

MG ZS EV camping 1

Sesuai dengan judul artikel, kami akan mencoba 2 mobil listrik MG ini dengan tantangan camping di daerah Subang Jawa Barat yang jarak tempuh dari Jakarta ke lokasi sekitar 161 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Agar perjalanan pulang pergi lancar, kedua mobil dicas terlebih dahulu di SPKLU yang ada di rest area KM 57. Adapun SPKLU yang digunakan tipe ultra fast charging dengan daya 200 kW dengan waktu kisaran 38 menit dari kondisi baterai 55% ke 100%.

Mencoba Fitur di Perjalanan ke Lokasi Camping

Sebelum membahas lebih jauh kelebihan camping pakai mobil listrik MG, team Moladin juga mencoba beberapa fitur andalan dari kedua mobil listrik MG tersebut.

Adapun fitur yang kami coba adalah dengan mengaktifkan Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning dan Lane Departure Warning. Jadi kedua mobil listrik tersebut diseting dengan kecepatan 80 km/jam.

Hasilnya, fitur-fitur yang kami coba tersebut berjalan dengan sempurna. Kedua mobil listrik tersebut bisa berjalan dikecepatan maksimal 80 km/jam tanpa harus menginjal pedal gas. Kemudian mobil juga akan mengurangi kecepatan secara otomatis jika ada objek kendaraan lain yang ada di depannya dengan jarak aman.

Baca juga  Sensasi Geber MG 4 EV Sampai ke Titik Nadir

Camping di Sariater, Fitur V2L Bermanfaat Untuk Penerangan dan Kebutuhan Lain

Sampai di lokasi tujuan di malam hari, otomatis butuh penerangan lampu di tenda untuk beraktifitas. Nah, untuk itu kami menggunakan fitur V2L alias Vehicle to Load dari MG 4 EV dan MG ZS EV.

Kabel V2L dari kedua mobil listrik MG ini menarik, sebab sudah langsung ada colokan untuk perangkat elektroniknya. Jelas ini memudahkan kami untuk menghidupkan perangkat elektronik seperti TV, Nintendo, kompor listrik dan perangkat elektronik lainnya.

Dari informasi yang ada di head unit mobil, fitur V2L tersebut bisa diguanakan hingga jam 5 sore dihari berikutnya. Dalam artian, V2L tersebut bisa digunakan maksimal dengan menyisakan baterai 20% untuk melakukan perjalanan pulang dan mengisi kembali di SPKLU terdekat.

Gimana, keren kan? Jadi buat Kamu yang hobi camping, memiliki MG 4 EV atau MG ZS EV akan sangat mendukung untuk kegiatan tersebut. Kamu tidak perlu lagi khawatir untuk membawa TV, kompor listrik, Nintendo atau Play Station, Speaker aktif dan perangkat elektronik lain karena adanya fitur V2L yang mudah untuk diaktifkan.

Spesifikasi dan Fitur MG 4 EV

Kelebihan camping pakai mobil listrik tentunya juga didukung dengan kelengkapan fitur kedua mobil listrik dari MG. MG 4 EV dibekali dengan baterai 51 kWh dengan jarak tempuh 425 km dalam sekali pengisian, sementara akselerasi 0-100 km/h dalam 7.7 detik. MG 4 EV juga mampu menghasilkan performa torsi puncak 250 Nm dan tenaganya 125 kW atau 167 hp.

MG 4 EV punya dimensi panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.516 mm. Kemudian jarak sumbu rodanya 2.705 mm. Untuk ukuran ban pakai 215/50 R17 dan velg 17 inch. Soal sistem pencahayaan sudah ada lampu full LED. Tidak ketinggalan hadir automatic on-off headlight control system.

Baca juga  Daftar Harga Mobil MG Yang Lagi Mejeng di Event BCA Expoversary 2024

Masuk ke interior MG 4 EV, pakai jok kombinasi kulit dan kain. Konfigurasi kabinnya bisa memuat total 5 orang dengan posisi 2+3. Hadir pula fitur-fitur kenyamanan seperti pengaturan setir tilt dan teleskopik. Lalu jok pengemudi dan penumpang bisa diatur secara elektrik.

Kemudian hadir head unit ukuran 10,25 inch touch screen dan 6 speaker. Tidak ketinggalan layar sentuh itu bisa terkoneksi dengan smartphone via Apple CarPlay dan Android Auto.

Soal keselamatan, tersedia banyak selaki fitur modern seperti auto vehicle hold (AVH), ABS, EBD, EBA, Stability control system (SCS), curve brake control (CBC), traction control system (TCS), hingga hill start assist system (HAS).

Kemudian ada juga fitur i-Smart yang terintegrasi keselamatan istimewa seperti blind spot detection (BSD), rear-cross traffic alert (RCTA), door opening warning (DOW), rear collision warning (RCW), lane departure warning (LDW), hingga adaptive cruise control (ACC).

Spesifikasi dan Fitur MG ZS EV

Spesifikasi MG ZS EV menggunakan baterai Lithium-Ion berkapasitas 50,3 kWh yang menyalurkan tenaga ke motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor di bagian depan. Tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut diklaim mencapai 130 kilowatt atau 177 hp dan torsi puncaknya di angka 280 Nm. Kemudian untuk jarak tempuhnya bisa 403 km.

Bicara eksterior, spesifikasi MG ZS EV sama persis dengan versi bensinnya. Hal ini dikarenakan, platformnya serupa. Di atas kertas punya panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.649 mm. dan jarak sumbu roda 2.585 mm.

Hanya saja di versi listrik, ZS punya grille yang tertutup atau grille-less design. Tidak ketinggalan ada aero wheel cover futuristik khas mobil bertenaga baterai. Lalu untuk bagian belakangnya, tidak memiliki knalpot.

Kelebihan camping pakai mobil listrik
Kelebihan camping pakai mobil listrik MG

Aura SUV ditandai lewat ground clearance cukup tinggi mencapai 161 mm. Kemudian di bagian atap terdapat roof rail. Istimewa bukan?

Baca juga  Harga MG 4 EV CKD Turun Lagi Jadi 423 Juta, Status Siap Kirim!

Fitur-fitur modern seperti head unit 10 inch dilengkapi konektivitas Apple CarPlay dan Android smartphone multimedia connecting system, suara 3D yang imersif dari 6-speaker sound system, serta wireless phone charging system sudah tersemat di MG ZS EV.

Soal kenyamanan, tersedia pula multi-function steering wheel audio control untuk mengatur berbagai fitur hiburan hanya lewat tombol di setir. Guna menyediakan suasana perjalanan yang nyaman, AC New MG ZS EV juga telah dirancang ulang bersama dengan teknologi Air Purifying PM 2.5, siap memastikan sirkulasi udara bersih selama perjalanan tetap terjaga.

Bicara kapasitas kabin, total bisa menampung 5-orang dengan dua baris bangku. Lalu untuk meningkatkan rasa lega di dalam interiornya, hadir IMAX Panoramic Sunroof yang memastikan kenikmatan berkendara yang bergaya dan tentunya nyaman.

Duet New MG ZS EV dan MG 4 EV sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sistem pengisian daya cepat
Duet New MG ZS EV dan MG 4 EV sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sistem pengisian daya cepat

MG ZS EV juga sudah ada teknologi i-Smart. Fitur ini terdiri dari Smart Command, Smart Check, dan Smart Connect. Alhasil mobil MG ZS terbaru bisa terkoneksi secara telematika dengan smartphone kamu. Jadi segala macam pengaturan serta informasi terkait mobil, dapat dilakukan menggunakan smartphone. Istimewa bukan?

Smart Check dapat memeriksa kondisi kendaraan secara real-time. Smart Connect memastikan konsumen terhubung tiada henti dengan dunia luar. Lalu Smart Drive, teknologi berkendara semi-otonom dengan kenyamanan maksimal, dan Smart Command, pengaturan berkendara mudah melalui suara. 

Kemudian dari sisi keselamatan, sudah ada teknologi modern seperti forward collision warning, adaptive cruise control, traffic jam assist, emergency lane keeping assist, dan lain-lain.

Moladiners, itulah ulasan mengenai kelebihan pakai mobil listrik dari MG. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika