Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi dan Harga MG ZS EV, Lebih Bagus dari MG 4 EV?

by Firdaus Ali

Berikut akan kami ulas mengenai spesifikasi dan harga MG ZS EV yang meluncur di GIIAS 2023. Sebenarnya kedatangan mobil listrik ini ke Tanah Air, bukanlah hal baru.

ZS EV versi facelift sudah pernah hadir di GIIAS 2022, hanya saja ketika itu belum dijual. Nah kali ini MG memboyongnya lagi ke GIIAS 2023 dan bisa dipesan oleh konsumen Indonesia. Cukup bayar Rp 5 juta. Walau belum ada banderol resminya, tapi di pameran ini sudah lebih dari 250 orang melakukan pemesanan.

“Kami sampai saat ini masih berdiskusi dengan tim internal untuk mendapatkan harga terbaik dari model terbaru EV kami ini. Kami yakin, MG ZS EV bisa menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen Indonesia, berkontribusi menciptakan masa depan yang berkelanjutan,” ucap Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin. 

Bahkan MG ZS EV jadi primadona di GIIAS 2023 dengan mendapatkan total 256 pemesanan selama 10 hari pameran. Hadirnya mobil listrik terbaru itu, sekaligus menjadikan MG punya dua produk battery electric vehicle untuk pasar Tanah Air: MG 4 EV dan MG ZS EV.

Bedanya, MG ZS EV harusnya memiliki spesifikasi yang lebih istimewa dibanding MG 4 EV. Dengan demikian, soal harga juga kemungkinan lebih mahal yaitu tembus Rp700 jutaan. Kecuali ketika nanti yang hadir di Indonesia sudah produksi lokal dan mendapat subsidi dari pemerintah. Maka, banderol mobil listrik ini bisa lebih murah lagi.

Lalu apa perbedaan MG 4 EV dengan MG ZS EV? Salah satu yang jadi keunggulan ZS bertenaga baterai adalah sudah dilengkapi teknologi i-Smart. Untuk lebih detailnya, berikut kami beberkan spesifikasi dan harga MG ZS EV Facelift yang meluncur di GIIAS 2023:

Jarak Tempuh MG ZS EV Tembus 403 Km

Bocoran spesifikasi MG ZS EV

Jarak tempuh diklaim mencapai 337 kilometer

Spesifikasi MG ZS EV menggunakan baterai Lithium-Ion berkapasitas 50,3 kWh yang menyalurkan tenaga ke motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor di bagian depan. Tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut diklaim mencapai 130 kilowatt atau 177 hp dan torsi puncaknya di angka 280 Nm.

Baca juga  Diler MG Jemursari Surabaya Diresmikan

Untuk pengecasan normal 0-100% dengan home charger dibutuhkan waktu sekitar 7 jam. Namun begitu, untuk pengisian baterai dengan fast charging, tentunya bisa lebih ceat lagi. Jika baterainya terisi penuh, maka MG ZS EV Facelift 2023 bisa mencapai jarak tempuh sejauh 403 Km.

Soal jarak tempuh, memang masih kalah dengan MG 4 EV yang bisa melaju 425 Km. Hanya saja bicara performa motor elektriknya, MG ZS EV lebih unggul. Pasalnya MG 4 EV cuma mampu mengeluarkan torsi 250 Nm dan tenaga 125 PS.

Eksterior ZS EV Persis ZS Bensin!

mg zs ev facelift 2023

MG ZS EV punya eksterior yang sama dengan versi bensinnya

Bicara eksterior, spesifikasi MG ZS EV sama persis dengan versi bensinnya. Hal ini dikarenakan, platformnya serupa. Di atas kertas punya panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.649 mm. dan jarak sumbu roda 2.585 mm.

Hanya saja di versi listrik, ZS punya grille yang tertutup atau grille-less design. Tidak ketinggalan ada aero wheel cover futuristik khas mobil bertenaga baterai. Lalu untuk bagian belakangnya, tidak memiliki knalpot.

Aura SUV ditandai lewat ground clearance cukup tinggi mencapai 161 mm. Kemudian di bagian atap terdapat roof rail. Istimewa bukan?

Interior MG ZS EV Tampil Mewah dengan Panoramic Sunroof

Bocoran spesifikasi MG ZS EV

Interior MG ZS EV terlihat elegan

Dengan prediksi harga Rp700 jutaan, bagaimana dengan spesifikasi interior MG ZS EV Facelift 2023? Kabin mobil terlihat elegan berkat dominasi warna hitam serta tata letak yang mirip dengan mobil bensin. Mulai dari desain setir, head unit, panel instrumen dan kisi AC. Namun begitu, ciri khas mobil listrik akan terlihat dari shifting persneling yang menggunakan knop model putar.

Baca juga  Wuling Air Ev Resmi Meluncur di Cina, Pakai Nama Clear Sky

Ada pula fitur-fitur modern seperti head unit 10 inch dilengkapi konektivitas Apple CarPlay dan Android smartphone multimedia connecting system, suara 3D yang imersif dari 6-speaker sound system, serta wireless phone charging system.

Soal kenyamanan, tersedia pula multi-function steering wheel audio control untuk mengatur berbagai fitur hiburan hanya lewat tombol di setir. Guna menyediakan suasana perjalanan yang nyaman, AC New MG ZS EV juga telah dirancang ulang bersama dengan teknologi Air Purifying PM 2.5, siap memastikan sirkulasi udara bersih selama perjalanan tetap terjaga.

Bicara kapasitas kabin, total bisa menampung 5-orang dengan dua baris bangku. Lalu untuk meningkatkan rasa lega di dalam interiornya, hadir IMAX Panoramic Sunroof yang memastikan kenikmatan berkendara yang bergaya dan tentunya nyaman.

Teknologi i-Smart 

mg zs ev - interior

Fitur i-Smart dipunya MG ZS EV Facelift 2023

Kelebihan dari MG ZS EV 2023 selanjutnya ada di teknologi i-Smart. Fitur ini terdiri dari Smart Command, Smart Check, dan Smart Connect. Alhasil mobil MG ZS terbaru bisa terkoneksi secara telematika dengan smartphone kamu. Jadi segala macam pengaturan serta informasi terkait mobil, dapat dilakukan menggunakan smartphone. Istimewa bukan?

Smart Check dapat memeriksa kondisi kendaraan secara real-time. Smart Connect memastikan konsumen terhubung tiada henti dengan dunia luar. Lalu Smart Drive, teknologi berkendara semi-otonom dengan kenyamanan maksimal, dan Smart Command, pengaturan berkendara mudah melalui suara. 

Kemudian dari sisi keselamatan, sudah ada teknologi modern seperti forward collision warning, adaptive cruise control, traffic jam assist, emergency lane keeping assist, dan lain-lain. Nah fitur-fitur mutakhir tersebutlah yang jadi kelebihan MG ZS EV dan tidak dimiliki oleh MG 4 EV di Indonesia.

Baca juga  Kelebihan KIA EV6 GT-Line Dibanding Hyundai Ioniq 5

Harga MG ZS EV 2023

harga dan spesifikasi mg zs ev di giias 2023

MG ZS EV Facelift 2023 kemungkinan dijual lebih mahal dibanding MG 4 EV

Dengan spesifikasi yang lebih istimewa dari MG 4 EV, wajar kalau harga MG ZS EV Facelift 2023 lebih mahal. Ini pula yang terjadi di Thailand. MG ZS EV di sana dijual 949000 baht atau setara Rp413 jutaan. Sementara MG 4 EV mulai atau sekitar Rp378 jutaan.

Tentu saja ketika masuk Indonesia, harganya lebih mahal lagi. Sebagai gambaran, MG 4 EV saja kini dijual di Tanah Air dengan banderol Rp649,9 juta. Maka kami prediksi harga MG ZS EV 2023 bisa tembus Rp700 jutaan.

Dengan kata lain, MG harusnya memposisikan SUV listrik terbarunya lebih tinggi. Apalagi dengan kehadiran fitur i-Smart dan keselamatan modern.

Kabar menarik lainnya adalah bisa jadi MG ZS EV yang nanti dikirim ke konsumen Indonesia sudah rakitan lokal. pasalnya, MG mengaku saat ini sedang menyiapkan pabrik di Tanah Air untuk memproduksi mobil-mobilnya, termasuk yang elektrifikasi pada Q1 2024. Dengan larisnya MG ZS bensin di Indoneisa dan punya platform serupa dengan versi listriknya, bukan tidak mungkin kedua mobil itulah yang bakal dirakit lokal dulu.

“Rencana pembukaan pabrik kami bertujuan untuk lebih mendekatkan MG dengan konsumen Indonesia melalui adaptasi lokal dan integrasi dengan rantai pasokan dalam negeri. Kami melihat Indonesia sebagai pasar yang potensial dan strategis. Keputusan ini merupakan bentuk dedikasi kami untuk terus berinvestasi dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia,” kata Arief Syarifudin.

Nah, bila MG ZS versi listrik ini dirakit lokal tentunya ada kemungkinan harganya bisa lebih murah lagi. Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan spesifikasi MG ZS EV yang telah resmi meluncur di GIIAS 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika