Minggu, September 25, 2022

6 Kelebihan dan Kekurangan BMW Seri 3 E36

by Firdaus Ali
kelebihan dan kekurangan bmw seri 3 e36

Mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan BMW seri 3 E36 merupakan hal yang masih menarik untuk dibahas. Sebab mobil buatan Jerman ini sampai sekarang masih menjadi salah satu primadona mobil bekas sedan Eropa.

Sejak pertama kali kemunculannya di Indonesia, BMW seri 3 E36 memang sudah menjadi daya tarik tersendiri di market sedan Eropa. Pada eranya, mobil ini bersaing dengan Mercy Boxer yang juga mempunyai penggemar fanatik.

BMW seri 3 E36 pertama kali diluncurkan di Jerman pada tahun 1991, dan masuk ke pasar dunia termasuk Indonesia dan Amerika Serikat untuk model tahun 1992. Mobil BMW ini yang banyak tersedia di Indonesia adalah 318i, 320i, 323i dan 325i.

BMW seri 3 dengan kode E36 ini hadir dengan desain yang lebih elegan dan sporty. Total terdapat delapan varian yang lahir dari Seri 3 E36, sehingga menjadikannya sebagai model BMW yang memiliki rentang gaya bodi terlengkap.

Pilihannya adalah Sedan, Coupe, Convertible, Touring, Compact, dan M3. Khusus M3, hadir dalam tipe Sedan, Coupe, atau Convertible. Namun, untuk di Indonesia lebih didominasi dengan model sedan empat pintu.

Nah, mau tahu lebih lengkapnya 6 kelebihan dan kekurangan BMW seri 3 E36. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga  BMW Seri 2 Coupe Terbaru Siap Meluncur!

1. Desain Eksterior Long Lasting

kelebihan dan kekurangan bmw seri 3 e36

BMW E36

Salah satu kelebihan utama dari BMW seri 3 E36 adalah tampilan eksteriornya yang long lasting alias tidak membosankan. Yup, hal tersebut terbukti dari masih banyaknya pecinta mobil sedan Eropa yang memburunya.

Bahkan, ada komunitas dari E36 bernama e36.id yang eksistensinya tidak perlu diragukan lagi. “BMW seri 3 E36 desain eksteriornya tidak membosankan. Sporty namun mewahnya masih kental terasa,” ungkap Ricky, salah satu punggawa e36.id. (13/2/2022).

2. Cooling System Sering Bermasalah

kelebihan dan kekurangan bmw seri 3 e36

Radiator rentan bermasalah jika menggunakan air tawar

Meski tampilan luarnya oke, kelebihan dan kekurangan BWM seri 3 E36 selanjutnya adalah cooling system yang sering bermasalah. Hal tersebut umumnya disebabkan karena pemilik mobil E36 jarang melakukan perawatan serta mengisi air radiator dengan air tawar.

“Masalah umum pada BMW seri 3 E36 adalah bagian cooling systemnya. Perangkat ini sensitif, jadi kalau jarang dilakukan perawatan ditambah pemiliknya menggunakan air tawar sebagai air radiator maka akan cepat rusak,” imbuh Ricky.

Ricky menjelaskan, melakukan servis rutin secara berkala merupakan salah satu kunci menjaga agar cooling system tetap berfungsi dengan baik.

“Saya memakai BMW seri 3 E36 yang 320i dan sampai sekarang Alhamdulillah tidak ada masalah pada mobil saya, begitu juga dengan cooling systemnya. Sebab saya rutin melakukan servisi berkala. Jadi semua bagian akan dicek kelayakan part-partnya,” imbuh Ricky.

Baca juga  Harga BMW X4 LCI 2022, Tidak Sampai Rp 1,5 Miliar!

3. E36 dengan Transmisi Manual Harganya Lebih Mahal

kelebihan dan kekurangan bmw seri 3 e36

Ilustrasi Transmisi manual

Peminat BMW seri 3 E36 memang lebih didominasi anak muda karena desain mobil serta performa mesinnya. Ada yang menarik dari mobil bekas E36 di Indonesia, adalah untuk transmisi manual harga jualnya lebih tinggi dibandingkan bertransmisi otomatis.

“Asik manual, karena lebih responsif dan untuk ngedrift lebih enak, utamanya yang 320i dan 323. Selain itu perawatannya lebih mudah dan bensinya lebih irit. Untuk harga bekasnya E36 bertransmisi manual lebih mahal dibandingkan yang otomatis. Jika sama-sama kondisinya mulus bisa selisih Rp 5 sampai Rp 10 juta,” jelas Sony, pemilik BMW E36 warna biru muda.

4. Harga Part Transmisi Matik Mahal

kelebihan dan kekurangan bmw seri 3 e36

Ilustrasi Transmisi otomatis

Melanjutkan mengenai pilihan transmisi pada BMW seri 3 E36. Meski lebih diminati E36 bertransmisi manual, namun tetap untuk yang bertransmisi otomatis juga ada peminatnya. Namun begitu, jika terjadi masalah harga sparepart dan jasa perbaikannya mahal.

“Jika transmisi matik pada E36 mengalami masalah biaya berpaikan dan harga suku cadangnya tergolong mahal. Untuk kerusakan ringan saja bisa sampai Rp 3 jutaan. Berbeda halnya dengan kerusakan yang parah dan mengharuskan diganti satu set, maka harga satu setnya bisa sampai Rp 20 juta,” terang Ricky.

Baca juga  BMW On Tour, Pameran Mobil Mewah di Masa Pandemi

5. Pajak Tahunan Murah

kelebihan dan kekurangan bmw seri 3 e36

Ilustrasi STNK

Kemudian, kelebihan dan kekurangan BMW seri 3 E36 selanjutnya adalah pajak tahunan yang tergolong murah. Kisaran Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta. Tergantung tipe mesin dan tahun pembuatan mobilnya.

“Untuk sekelas mobil Eropa dan masih enak dilihat serta performa mesin yang masih mumpuni, pajaknya masih murah. Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta,” jelas Ricky.

6. Bisa Untuk Bernostalgia

kelebihan dan kekurangan bmw seri 3 e36

Brosur BMW seri 3 E36 tahun 1990-an

Nah, BMW seri 3 E36 tentu umurnya sudah lebih dari 20 tahun. Maka bagi yang dulunya masih dibangku sekolah namun belum sanggup membelinya sendiri, saat ini mayoritas dari penggemarnya tersebut bisa meminangnya.

“Ada temen saya yang sudah suka sekali dengan E36. Namun karena waktu itu masih jaman  SMP dan belum mampu membelinya, maka para penggemar E36 tentunya sudah bisa meminangnya,” beber Ricky.

Moladiners, itulah ulasan mengenai 6 kelebihan dan kekurangan BMW seri 3 E36. Bagi kamu yang berencana ingin membeli E36, ulasan tadi bisa menjadi salah satu acuan sebelum meminangnya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika