oleh

Kelebihan dan Kekurangan Nissan March Bekas

Berikut kami sampaikan kelebihan dan kekurangan Nissan March. Mengetahuinya penting, tertuama sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli unit March bekas.

Di kelas mobil bekas, Nissan Merupakan city car murah meriah. Di pasaran saat ini harganya berkisar dari Rp 70 – 120 jutaan. Unit yang tersedia mulai tahun 2010 – 2020.

Sejak mula-mula Nissan March didukung dengan mesin berkapasitas 1.2 liter, yang mampu menghasilkan tenaga 75 Hp dengan torsi 104 Nm. Mesin itu dikombinasikan dengan 2 pilihan sistem transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Barulah di tahun 2015 Nissan March versi 1.5 liter lahir. Model ini mengusung mesin HR15DE, 1.498 cc menghasilkan daya 102 PS/6.000 rpm dan torsi 106 Nm/4.400 rpm untuk opsi transmisi manual. Sedang otomatis 4-speed, torsinya 104 Nm pada 4.000 rpm.

Bukan cuma itu, desain Nissan March juga tergolong tidak lekang di makan waktu. Tampilan yang membulat, imut-imut, serta minim sudut jadi kelebihannya.

Menyoal fitur, sudah lumayan lengkap dan modern. Pada keluaran terakhir (2017) mobil ini sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS, EBD, dan Brake Assist, ISOFIX, Vehicle Dynamic Control, Rear Parking Sensor, dan Immobilizer.

Nah untuk lebih lengkapnya, kelebihan dan kekurangan Nissan March bekas yang coba kami rangkum dari berbagai sumber:

Inilah Kelebihan Nissan March yang Bisa Jadi Pertimbangan

1. Interior Lega

Kelebihan dan Kekurangan Nissan March
Interior Nissan March

Kelebihan Nissan March yang pertama adalah terletak pada kabin yang terbilang luas. Apalagi dibanding dengan kompetitor seperti Mitsubishi Mirage dan Toyota Etios Valco. Selain itu, Nissan March juga begitu praktis lantaran memiliki banyak ruang penyimpanan.

Baca juga  Bocor Sosok Nissan Terra Facelift 2021

Misalnya pada panel terdapat laci penyimpanan yang bisa menampung banyak barang bawaan kecil. Pada konsol tengah dan ada cup serta bottle holder.

Di baris depan lainnya, Nissan March memanjakanm pengemudi dengan kepraktisan yang bisa mengatur ketinggian kemudi dan jok. Selain itu Nissan March juga memiliki ruang kabin yang lumayan lega di kelasnya, yang berlaku juga untuk penumpang baris dua di belakang.

Menurut pengalaman penulis, Nissan March sanggup membawa dua orang penumpang dewasa di belakang tanpa masalah pada ruang kaki dan kepala.

2. Eksterior Modern

Kelebihan dan Kekurangan Nissan March
Tampilan Nissan March cukup modern dan masih relevan untuk masa kini

Di eksteriornya, khusus Nissan Merch keluaran terakhir (2017) memiliki kelengkapan yang lumayan komplit. Misal pada body ada side body molding, spion lipat otomatis dan lampu kabut.

Dan versi faceliftnya sudah mengusung lampu kabut LED. Sebagai mobil kecil perkotaan, Nissan March juga didukung dengan warna-warna genit. Selain itu penggunaan pelek alloy berukuran 15 inci membuatnya tampil lebih manis yang cocok digunakan kaum muda pria wanita.

Teknologi safety terbilang komplet. Ada dua SRS airbags, rem ABS+EBD+BA, sensor parkir 4 titik, ISOFIX + tether dan vehicle dynamic control (VDC) untuk menyokong pengendalian dan kestabilan manuver.

3. Lebih Murah Dari LCGC

Kelebihan dan Kekurangan Nissan March
Harga Nissan March sudah sangat terjangkau

Kelebihan Nissan March berikutnya ada di soal harga yang lebih murah di banding mobil-mobil LCGC sekelas Brio Satya sekalipun. Misal untuk harga Nissan March bekas keluaran terakhir yang edar pada periode tahun 2017 – 2020 di banderol pada kisaran Rp 70 – 120 jutaan, jika mengacu pada laman jual beli Moladin.com.

Baca juga  Sejarah Nissan Elgrand, MPV Mewah Pesaing Alphard

Sedngkan Honda Brio Satya di tahun yang sama harganya masuh tinggi, yakni pada kisaran Rp 130-140 jutaan. Di banding fitur dan kualitas interior tentu saja Nissan March lebih unggul.

Dengan harga segitu, kapan lagi bisa dapat city car yang sudah mengusung layar sentuh 7 inci yang memiliki fitur mirroring untuk perangkat Android dan iPhone.

Belum lagi paket player DVD, memonitor kamera parkir belakang, dan Bluetooth tersaji di layar tersebut.

Di sektor mesin, kamu juga njuga bisa mendapatkan Nissan march konfigurasi 1.500 cc, meski unitnya agak jarang di pasaran.

Kekurangan Nissan March yang Harus Kamu Ketahui

1. Konsumsi Mesin Boros BBM

Kelebihan dan Kekurangan Nissan March
Ilustrasi indikator bensin

Sedangkan kekurangannya. Konsumsi Nissan March yang harusnya irit sebagai syarat city car harus gugur. Meski beberapa rangkaian pengujian lomba irit media menyebut Nissan March 1.2 Liter tembus hingga angka 18:1 km/liter.

Namun berbanding terbalik yang digunakan konsumen, di mana Nissan March kedapatan hanya mampu menembus angka 1:8 km per liter. Artinya setiap satu liter hanya mampu menempuh jarak 8 kilometer.

Sekadar informasi nih. Pabrikan Nissan Indonesia sendiri pernah dituntut sama konsumennya lantaran mobil yang dibelinya tidak sesuai dengan janji iklan 1 liter untuk 18,5 km.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Sedan Murah Bekas Taksi

Si pemilik tertarik dengan Iklan Nissan March, baik di surat kabar maupun media online Internet, bahwa konsumsi BBM Nissan March adaiah 18,5 km/liter, namun setelah dilakukan pembelian dan digunakan selama dua bulan, mobil itu tidak sesuai dengan apa yang diiklankan.

March 1.2 versi automatic miliknya konsumsi bahan bakarnya ternyata hanya menembus angka 1:8. Hingga akhirnya, Nissan pun kalah waktu itu lantaran tidak bisa membuktikan bantahan konsumennya tersebut. Akhirnya PT Nissan Motor Indonesia harus mengembalikan uang pembelian sebesar Rp 150 juta sesuai yang dituntutkannya.

2. Limbung

Kelebihan dan Kekurangan Nissan March
March sendiri menganut suspensi model Macpherson Strut with Coil Springs di bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang.

Kekurangan Nissan March berikutnya adalah di soal suspensi yang bikin limbung. Hal ini merupakan karakter bawaan Nissan March sejak mula-mula. 

“Masalah Nissan March yang limbung sebenarnya adalah konsekuensi dari suspensi yang empuk, karena pada dasarnya Nissan March terasa nyaman meskipun dikendarai di medan dengan kontur jalan yang tidak rata sedikitpun,” kata Putera, mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Mengutip dari data resmi Nissan, March sendiri menganut suspensi model Macpherson Strut with Coil Springs di bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang.

“Untuk menyiasatinya bisa menggantinya dengan produk aftermarket seperti misalnya keluaran Jamex Sportline,” tambah Putera.

Demikian ulasan terkait kelebihan dan kekurangan Nissan March bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru