Ini Kelebihan Fitur X-Mode di Mobil Subaru, Asik Buat Off-road!

by Firdaus Ali
Harga mobil Subaru bulan Juli 2024

Ada beberapa kelebihan fitur X-mode di mobil Subaru, antara lain adalah membuat kendaraan bisa melewati jalanan yang tidak rata. Atau bisa juga untuk bermain off-road.

Ada 3 mobil Subaru sudah menggunakan Symmetrical All-Wheel Drive, yaitu Subaru Forester, Subaru Crosstrek dan Subaru Outback. Symmetrical All-Wheel Drive sendiri adalah teknologi inti Subaru yang telah digunakan selama lebih dari 50 tahun dan sejak tahun 2009, teknologi ini semakin pintar dengan hadirnya X-Mode.

“Offroading bukan sekadar hobi, tetapi sesuatu gairah yang memicu semangat berpetualang. Bersama Subaru Crosstrek, tidak hanya mengejar jalur; tetapi kami menaklukkan, dan melangkah lebih jauh melalui berbagai superioritas teknologi Symmetrical All-Wheel Drive, X-Mode, dan core technology lainnya. Saya yakin, bersama kita dapat menginspirasi semua orang menikmati outdoor activity;  off-road, camping trip, atau akhir pekan bersama keluarga dengan kendaraan Subaru yang dilengkapi S-AWD,” jelas Jejelogy, Rally driver & Offroader (21/6).

Kelebihan Fitur X-Mode Untuk Bermain Offroad

Berikut deretan kelebihan fitur X-Mode yang ada di 3 mobil subaru (Crosstrek, Forester dan Outback). Fitur ini berguna saat mobil berada dilintasan offroad.

Baca juga  Subaru Forester Meluncur di Indonesia, 18 Mei 2022!

Fitur X-Mode Saat diaktifkan, X-MODE mengatur beberapa sistem penting dalam mobil Subaru untuk menjaga keselamatan dan memberikan traksi serta kontrol yang luar biasa.

Sebagai contoh, respons Throttle mesin saat terjebak di es, salju, atau lumpur, pengemudi cenderung menekan gas lebih kuat. Namun, ini bisa memberikan torsi berlebihan dan menyebabkan roda berputar cepat tanpa traksi. Dengan X-Mode, mesin akan memberikan torsi secara bertahap meski gas ditekan penuh, hingga roda mendapatkan traksi yang cukup.

Selanjutnya, saat transmisi Di tanjakan curam atau medan sulit seperti pasir, X-Mode memaksa transmisi tetap di gigi rendah untuk memaksimalkan daya. Ini mirip dengan prinsip pada kendaraan 4WD manual saat off-road, tetapi X-Mode melakukannya secara otomatis dengan menekan satu tombol.

Sistem AWD X-Mode meningkatkan sistem AWD dengan meningkatkan kekuatan penghubung depan/belakang, membagi daya lebih merata antara ban depan dan belakang, memaksimalkan traksi di saat penting.

Sistem VDC dengan X-Mode, sistem kontrol dinamika kendaraan (VDC) memberikan kontrol diferensial slip terbatas (LSD) yang lebih baik, dengan pengereman lebih cepat hanya pada roda yang tergelincir.

Baca juga  Subaru Forester Terlihat di BSD, Kapan Meluncur?

Kemudian, Hill Descent Control Hill Descent Control (HDC) adalah fitur berguna dari X-Mode. Saat menuruni bukit curam dengan X-Mode diaktifkan, HDC mengatur gas dan rem otomatis, menjaga Subaru tetap stabil sehingga pengemudi hanya perlu fokus pada pandangan ke depan. Sebagai catatan, HDC hanya berfungsi di bawah 12 mph.

 “Kami yakin Subaru Core Technology seperti Symmetrical All Wheel Drive dan X-Mode membuat Subaru menjadi kendaraan yang sangat menyenangkan untuk dikendarai di semua medan. Bersama Julian Juhan dan tim Jejelogy 4×4 School kami berharap dapat memberikan insight lebih mendalam terhadap bagaimana menggunakan teknologi tersebut di track offroad. Dengan pengalaman ini, kami yakin para peserta dapat merasakan keunggulan Subaru di semua kondisi jalan, tanpa khawatir kehilangan kontrol atas kendaraan, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang,” pungkas Arie Christopher, CEO Subaru Indonesia.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika