Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

4 Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023, Mobil Keluarga Murah!

by Firdaus Ali
Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023 dibanding dengan para kompetitornya seperti Toyota Avanza E dan Mitsubishi Xpander GLS. Kami membandingkan ketiganya, lantaran sama-sama jadi varian mobil keluarga termurah.

Pada awal Mei 2023, Hyundai Stargazer Active melakukan sedikit facelift pada bagian eksterior dan interiornya. Ubahannya tidak banyak, namun mempengaruhi kenyamanan penumpangnya yaitu di sektor velg dan pendingin kabin alias AC.

Seperti diketahui, Hyundai Stargazer Active merupakan varian entry level alias yang paling rendah di keluarganya. Pada awal kemunculannya di tahun 2022, mobil LMPV 7-seater tersebut mempunyai tampilan yang terbilang modern dan futuristik, sayangnya velgnya masih menggunakan model kaleng berukuran 15 inchi dan AC untuk penumpang baris kedua dan ketiga menggunakan Air Circulator.

Hal itu tentunya menjadi kurang menarik bagi konsumen di Indonesia, sebab secara estetika desain eksterior terasa sperti mobil murahan. Kemudian untuk kenyamanannya juga kurang optimal karena udara dingin dari lubang AC juga kurang optimal untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

Selain itu juga jika dibandingkan dengan para kompetitor yang juga varian mobil keluarga entry level seperti Toyota Avanza E dan Mitsubishi Xpander GLS, Stargazer Active model lama bisa dibilang ketinggalan. Sebab kedua kompetitornya tersebut sudah mengadopsi velg alloy dan AC Double Blower.

Berdasarkan hasil riset dari tim manajemen Hyundai Indonesia dan masukan dari konsumen, akhirnya PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) melakukan facelift pada Stargazer Active terbaru 2023. Mereka mengubah velg kaleng menjadi velg alloy berukuran 16 inch dan AC sistem Air Circulator menjadi AC Double Blower.

Baca juga  5 Masalah Toyota Innova Diesel Bekas yang Sering Dikeluhkan

“Hyundai memahami bahwa Stargazer adalah salah satu model kendaraan Hyundai yang paling diminati. Maka dari itu, kami ingin memberikan apresiasi atas sambutan hangat yang telah diberikan konsumen dengan melakukan pembaharuan pada Stargazer Active. Kami harap, melalui peningkatan ini dapat memperkuat terus posisi Stargazer dalam memberikan solusi mobilitas terdepan untuk setiap aktivitas sehari-hari,” terang Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia (10/5/2023).

Kembali ke pembahasan kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023 dibanding dengan para rivalnya. Biar tidak penasaran, berikut ulasannya.

1. Performa Mesin Stargazer Active Terbaru Lebih Unggul Dari Avanza E dan Xpander GLS

Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023

Performa mesin lebih unggul dari rivalnya

Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023 yang pertama adalah performa mesin lebih unggul dibandingkan dua kompetitornya yaitu Toyota Avanza E dan Mitsubishi Xpander GLS.

Di atas kertas, Hyundai Stargazer Active facelift menggendong mesin Smartstream berkapasitas 1.497 cc MPI 16-Valve dengan konfigurasi 4-silinder. Hasilnya, tenaganya bisa mencapai 113,5 hp pada 6.300 rpm serta torsi puncak di angka 144 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm melalui transmisi manual 6-percepatan dan iVT.

Baca juga  Ingat, Hyundai Ioniq 5 Tidak Punya Fitur Bluelink

Sementara itu, untuk Toyota Avanza E menggunakan mesin 1.300 cc 4-silinder DOHC dengan Dual VVT-i yang hanya bisa menghasilkan tenaga 96,6 hp dan torsi puncak 121,6 Nm. Kemudian untuk Mitsubishi Xpander GLS, jantung pacunya menggunakan 1.500 cc yang hanya bisa mengeluarkan tenaga 103,5 hp dan torsi puncak 141 Nm.

2. Head Unit Ukuran 8 Inch

Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023

Headunit lebih besar dibandingkan rivalnya

Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023 selanjutnya adalah ukuran head unit touchscren yang lebih besar jika dibandingkan dua rivalnya. Head unit di Stargazer Active facelift berukuran 8 inch, sementara di Avanza E dan Xpander GLS hanya 7 inch. Ini tentu membuat pengemudi dan penumpang lebih nyaman saat menonton video.

Selain lebih besar, head unit 8 inch model floating yang dimiliki Stargazer Active juga sudah bisa terkoneksi dengansmartphone via Apple CarPlay dan Android Auto. Dengan begitu, memudahkan pemilik mobil bila mau mengaktifkan fitur navigasi, hingga memutar musik kesukaan saat berkendara bersama mobil keluarga tersebut.

3. Dimensi Lebih Bongsor Dibanding Avanza E

Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023

Dimensi lebih bongsor dibandingkan Avanza E

Berbicara dimensi, Hyundai Stargazer Active facelift 2023 lebih bongsor dibandingkan dengan Avanza E. Di atas kertas, Stargazer Active mempunyai panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm tinggi 1.695 serta wheelbase 2.780 mm. Sementara itu, untuk dimensi Avanza E yaitu panjang 4.395 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.665 mm dan wheelbase 2.750 mm.

Baca juga  Hyundai Siapkan Bengkel Siaga 26 Titik, Kawal Mudik Lebaran 2023!

Lebih bongsornya dimensi dari Stargazer Active tersebut, tentunya akan mempengaruhi luas ruang kabin interior. Di mana kenyamanan penumpang baris pertama hingga baris ketiga lebih optimal. Ditambah lagi, kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023 punya bodi yang lebih lebar, sehingga harusnya membuat tiga orang duduk di baris kedua masih nyaman.

4. Harga Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander GLS

Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023

Harga Hyundai Stargazer Active mulai dari Rp 247,2 juta

Kelebihan Hyundai Stargazer Active 2023 berikutnya adalah harga lebih murah dari salah satu rivalnya yaitu Mitsubishi Xpander GLS. Banderol terjangkau ini termasuk untuk varian transmisi manual maupun transmisi otomatis.

Tidak percaya? Mobil LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) 7-seater milik pabrikan H miring dibanderol Rp 247.200.000 untuk transmisi manual dan Rp 260.000.000 untuk transmisi otomatis iVT. Sementara itu, untuk harga Mitsubishi Xpander GLS transmisi manual ada di angka Rp 258.200.000 dan Xpander GLS transmisi otomatis Rp 267.400.000.

Jika dilihat dari perbandingan harganya, jaraknya sangat jauh. Yaitu Rp 11 juta untuk transmisi manual dan Rp 7,4 juta untuk transmisi otomatisnya. Hal ini tentu menjadi keunggulan yang bisa ditawarkan oleh Stargazer untuk bersaing di kelas LMPV 7-seater.

Itulah tadi bahasan soal mobil keluarga murah, Hyundai Stargazer Active terbaru. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika