Friday, February 3, 2023
Banner

4 Kelebihan Nissan Serena C27 Dibanding Toyota Voxy!

by Firdaus Ali

Ada beberapa kelebihan Nissan Serena C27 yang menarik untuk dibahas. Beberapa diantaranya adalah harga yang kompetitif serta bodi bongsor dibanding kompetitor.

Nissan Serena hadir di Indonesia memang sebagai mobil keluarga yang nyaman. Mobil dengan model boxy ini diluncurkan oleh PT Nissan Motor Indonesia pada 2019 lalu dengan pilihan dua varian: Serena X dan Serena Highway Star (HWS). Walau demikian, sekarang cuma ada Serena HWS yang dijual Rp 534,3 juta (OTR Jakarta).

Di Indonesia, kompetitor Serena adalah Toyota Voxy. Lalu apakah kelebihan Nissan Serena dibanding Toyota Voxy? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Bodi Lebih Bongsor Nissan Serena Dibanding Toyota Voxy

Kelebihan Nissan Serena

Desain eksterior simpel & elegan

Kelebihan Nissan Serena yang pertama adalah bodinya lebih bongsor dibanding kompetitor yaitu Toyota Voxy. Di atas kertas dimensi panjangnya 4.770 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.865 mm dan wheelbase 2.860 mm. Kemudian untuk ground clearance ada diangka 160 mm. Sementara Toyota Voxy cuma memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.855 mm, wheelbase 2.850 dan ground clearance 150 mm.

Bodi yang lebih besar, tentu membuat Nissan Serena mempunyai kabin interior yang lebih lapang. Alhasil penumpang akan lebih nyaman duduk di dalam kabin.

Kemudian, keunggulan Serena dari sisi eksterior adalah punya desain elegan. Bagian depan menampilkan grill dengan gaya bold beraksen krom, berpadu headlamp model tumpuk serta bumper dan foglamp yang selaras.

Baca juga  Nissan Serena 2023 Meluncur November, Voxy Waspadalah!

Bagian belakangnya juga sederhana. Di mana tempat lampunya berwarna putih serta terdapat sedikit garis aksen krom dengan emblem Nissan. Dan untuk mendukung tampilannya, disematkan velg alloy berukuran 16 inchi yang dibalut ban berprofil 195/60R16.

2. Warna Eksterior Two Tone

Kelebihan Nissan Serena

Terdapat pilihan dua warna

Selanjutnya, kelebihan Nissan Serena adalah eksterior yang sudah mengusung dua warna alias two tone. Lagi-lagi hal ini membuat Nissan Serena lebih menarik, karena kompetitor yaitu Toyota Voxy hanya menyediakan pilihan single tone alias satu warna.

Nissan Serena hadir dengan pilihan 5 warna dan 2 diantaranya adalah two tone. Adapun pilihan warna two tone ada Red Black dan White Black. Sementara untuk single tone ada Black, Silver, dan Pearl White. Tentu kehadiran warna two tone, menjadikan mobil kamu lebih mentereng di jalanan.

3. Pintu Bagasi Dual Back Door

Kelebihan Nissan Serena

Pintu bagasi dual back door, memudahkan meletakan dan mengambil barang bawaan

Kelebihan Nissan Serena berikutnya adalah pintu bagasi yang menggunakan sistem dual back door alias bisa dibuka bagian atas (kaca) saja. Hal ini tentu akan memudahkan saat pemilik mobil ingin mengambil atau meletakan barang bawaan.

Baca juga  Daftar Harga Nissan Serena Bekas, Mulai Rp 35 Juta

Selain itu, dengan pintu bagasi dual bak door, bisa membantu membuka pintu bagasi di ruangan yang sempit atau terhalang mobil lain di belakang. Pengoperasiannya buka bagasi ini juga mudah, di mana tuas masing-masing pintu dibuat terpisah. Satu tuas di belakang logo Nissan yang berfungsi untuk membuka setengah pintunya. Sedangkan tuas di bawah grill untuk membuka seluruh pintu bagasi.

Secara teknis, hidraulis penggangkat pintunya memiliki dua pasang. Yang berukuran besar untuk mengangkat seluruh pintu, sedangkan yang kecil untuk mengangkat setengah pintunya. Untuk mengembalikan bagian pintu ke posisi semula cukup tarik pegangan yang tersedia di bagian pojok kanan.

Kemudian, Serena C27 juga punya kapasitas bagasi besar yaitu 1.123 liter bila jok baris ketiga dilipat. Ditambah lagi ada ruang penyimpanan di bawah lantai belakang. Hal ini tentu membuat pemilik mobil mudah untuk meletakkan berbagai barang bawaan.

4. Harga Lebih Murah

kelebihan nissan serena - harga terjangkau

Nissan Serena C27 lebih murah Rp 60 jutaan dibanding Toyota Voxy

Seperti yang sudah kami informasikan di awal tulisan, harga Nissan Serena HWS cuma Rp 534,3 juta (OTR Jakarta). Banderol ini jauh lebih murah dibanding Toyota Voxy. Tidak percaya?

Cek saja harga Toyota Voxy yang berada di angka Rp 592,7 juta untuk varian Non Premium Color  dan Rp 595,7 untuk varian Premium Color. Dengan kata lain, Serena masih lebih murah sekitar 60 jutaan dari Voxy.

Baca juga  Harga Mobil Nissan Maret 2022, Mulai Rp 240 Jutaan

Dengan harga yang terjangkau, Serena sudah dilengkapi dengan interior yang tidak kalah nyaman. Sebut saja ada dominasi warna hitam yang membuatnya tidak mudah kotor. Lalu fitur-fitur modern seperti layar monitor berukuran 11 inch untuk memanjakan penumpang baris kedua juga hadir Tidak ketinggalan, ada meja lipat untuk penumpang baris kedua.

Fitur lainnya adalah Touchless Sliding Door, Intelligent Around View Monitor (kamera 360 derajat), Driver Attention Allert, Intelligent Moving Object Detection (I-MOD), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill-start Assist (HAS), enam airbag, kursi ISOFIX (memenuhi standar kursi untuk keselamatan anak), dan sistem rem ABS (Anti-lock Braking System) dengan EBD (Electronic Brake Distribution) plus BA (Brake Assistant).

Bicara mesin, Serena C27 menggunakan mesin MR20DD berkubikasi 1.997 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT (Continously Variable Transmission). Di atas kertas, mobil MPV Nissan itu bisa melontarkan torsi 199 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 150 PS pada 6.000 rpm.

Lalu konsumsi BBM Serena untuk rute jalan tol, bahkan bisa tembus 16,9 km/liter. Cukup irit untuk MPV bongsor. Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan Nissan Serena dibanding kompetitornya yaitu Toyota Voxy. Bagaimana menurut kamu, apakah tertarik meminangnya? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika