5 Kelebihan Toyota Voxy 2022 Dibanding Nissan Serena!

by Firdaus Ali
Kelebihan Toyota Voxy

Mengulas kelebihan Toyota Voxy 2022 memang menarik. Sebab, mobil yang mendapat julukan baby Alphard ini punya angka penjulan yang cukup sukses yaitu 2.147 unit wholesales sepanjang Januari hingga November. Berbeda jauh dengan Nissan Serena yang cuma terjual 327 unit.

Apa saja yang membuat Toyota Voxy lebih unggul dibanding Serena? Padahal dari sisi harga, MPV pintu geser milik pabrikan berlogo T ini dijual lebih mahal. Harga Voxy RP 579,5 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Serena cuma Rp 543,3 juta (OTR Jakarta).

Walau mahal, tapi sesungguhnya kelebihan Toyota Voxy yang cukup banyak menjadi daya tarik konsumen Tanah Air. Setelah kami melakukan review, ternyata Voxy memiliki performa mesin yang lebih istimewa dari Serena. Bukan cuma itu, konsumsi BBM-nya juga irit. Lalu fitur-fitrunya pun lebih canggih, lantaran sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) dan T-Intouch.

Nah, supaya tidak penasaran mari kita simak bahasan beberapa kelebihan Toyota Voxy terbaru berikut ini.

1. Desain Eksterior Futuristik

Kelebihan Toyota Voxy

Desain eksterior futuristik di Toyota Voxy

Kelebihan Toyota Voxy yang pertama adalah tampilan desain eksterior yang futuristik. Desain grille pada bagian depan terlihat lebih edgy berkat perpaduan New Resilient Front Bumper dan Intriguing Grille Design. Alhasil mobil ini cocok buat kamu yang mau tampil beda, terlebih aura futuristik ini tidak dipunya oleh Nissan Serena yang lebih tampil manis dan elegan.

Sementara itu untuk bagian belakangnya, Voxy terlihat biasa saja, mengotak. Hadir dua garis horizontal beraksen krom dengan emblem tulisan Voxy di bawahnya.

Kelebihan lain dari eksterior Voxy adalah punya dimensi yang padat berisi. Hal ini lantaran bodinya sedikit lebih mungil dari Serena, dengan panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm. Hanya saja untuk penggunaan rodanya pakai ukuran lebih besar yaitu 205/55 R17.

Baca juga  Test Drive Toyota Rush GR Sport, SUV Banget!

Bicara pilihan warna, Voxy 2022 memiliki White Pearl, Glitter Black, Sparkling Black, dan Metal Stream yang bisa dipilih konsumen.

2. Performa Mesin Superior

Kelebihan Toyota Voxy

Performa mesin mumpuni

Kelebihan Toyota Voxy dibanding Nissan Serena juga terasa dari perfroma mesin. Yup, mobil elegan yang masuk dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) ini menggunakan mesin berkode M20A-FKS dengan kubikasi 1.986 cc 4-silinder 16 Valve DOHC yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 5-percepatan.

Di atas kertas, mesin Toyota Voxy mampu meraih tenaga maksimum 170 PS pada 6.600 rpm. Sedangkan untuk torsi puncaknya sebesar 196 Nm pada putaran mesin 4.900 rpm.

Jika disejajarkan dengan salah satu rivalnya yaitu Nissan Serena, performa mesin Voxy jauh lebih unggul. Di mana Nissan Serena menggunakan mesin berkubikasi 1.997 cc yang di atas kertas bisa melontarkan torsi 199 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 150 PS pada 6.000 rpm.

Oh ya, kami juga menguji secara langsung performa mesin Voxy juga dengan mempertemukan Nissan Serena. Untuk akselerasi dari 0-100 km/jam Voxy lebih responsif dengan hasil 11,6 detik dan Serena di angka 12,8 detik.

Selanjutnya, kami juga melakukan pengujian drag race sejauh 201 meter. Dan hasilnya lagi-lagi Toyota Voxy mempecundangi Nissan Serena dengan angka yang tercatat 11,7 detik dan Nissan Serena 12,2 detik.

3. Konsumsi BBM Voxy Lebih Irit di Dalam Kota

kelebihan toyota voxy

Voxy punya mesin cukup irit untuk kapasitas 2.000 cc

Saat melakukan review Toyota Voxy, kami juga tes keiritan mobil ini. Dalam pengujian, MPV kotak tersebut menghasilkan angka irit 11,5 km/liter. Angka tersebut cukup baik untuk mobil dengan dimensi bongsor, terbukti sukses mengalahkan konsumsi BBM dalam kota Nissan Serena yang cuma 10,3 km/liter.

Baca juga  Beda Toyota Raize 1.0 G dan GR Sport, Signifikan!

Walau demikian, untuk rute tol, Toyota Voxy mendapat 16,1 km/liter. Cukup baik, tapi kalau dibanding kompetitor yaitu Nissan Serena ternyata tidak terlalu istimewa. Pasalnya MPV Nissan ini bisa menghemat 16,9 km/liter.

4. Ada Fitur TSS 3.0 & T-Intouch

Kelebihan Toyota Voxy

Ilustrasi TSS 3.0 di Toyota Voxy 2022

Kelebihan Toyota Voxy selanjutnya adalah dengan adanya fitur Toyota Safety Sense terbaru (TSS 3.0) serta teknologi T-Intouch.

Yup, TSS 3.0 merupakan sebuah fitur keselamatan modern yang sudah terintegrasi dengan berbagai fitur lain. Seperti fitur  Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), hingga Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Dimana fitur itu tidak dimiliki oleh Nissan Serena sebagai rivalnya.

TSS 3.0 memiliki sensor yang lebih peka dan kemampuan deteksi yang lebih baik. Sensor kameranya memiliki ruang deteksi atas-bawah dan kiri-kanan yang cakupannya lebih luas.

Dengan kata lain, mampu mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil dan memiliki kemampuan 3D Recognition. Sehingga, dapat membuat pengemudi menjadi lebih waspada.

Sementara untuk teknologi T-Intouch adalah sebuah teknologi telematika yang bisa menghubungkan smartphone ke mobil melalui aplikasi mTOYOTA yang di dalamnya ada beberapa fitur.

Yang pertama adalah Find My Car, fitur ini dapat mengetahui secara akurat dimana mobil diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Selain itu ada pula fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan.

Baca juga  Harga Toyota GR Corolla di Indonesia, Tembus Rp 1 Miliar?

5. Long Sofa Mode di Interior Voxy

Kelebihan Toyota Voxy

Intrior Voxy memiliki fitur jok yang bisa diator jadi long sofa

Selanjutnya, kelebihan dari Toyota Voxy adalah fitur long sofa di baris kedua. Alhasil kaki bisa diselonjorkan full ke depan dengan cara meratakan jok penumpang baris pertama, serta mengatur posisi jok baris kedua dibuat lebih mundur sesuai kebutuhan.

Long sofa mode di Voxy juga bisa digunakan untuk bersantai, bahkan tidur saat menunggu di dalam mobil. Fitur tersebut disebut sebagai kelebihan, lantaran Nissan Serena sebagai kompetitor tidak memilikinya.

Bicara kelegaan interior, pada barıs ketiga masih cukup nyaman bila diisi oleh pemilik tinggi badan 170 cm lebih. Ruang lutut kaki tersisa sekitar 9 cm. 

Dalam mendukung kenyamanan, Voxy juga telah menyematkan AC triple zone, headunit touchscreen 9 inch yang bisa beroperasi sebagai pengendali audio. Ada pula Rood Rear Seat Entertainment dengan layar berukuran 11,6 inci, Air Purifier, wireless charger, hingga enam slot USB.

Soal kapasitas bagasi, Voxy terbaru mampu menampung barang bawaan hingga 1.166 liter dengan catatan jok baris ketiga dilipat. Proses pelipatan kursi baris tiga terasa sangat mudah, cukup dengan tekan satu tombol dan hanya membutuhkan dua jari. Jadi, siapa pun bisa melipat jok paling belakang milik MPV Toyota ini.

Moladiners, itulah ulasan beberapa kelebihan Toyota Voxy, utamanya dibanding Nissan Serena. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika