Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Komparasi Toyota Voxy Vs Nissan Serena, Mana MPV Terbaik?

by Tigor Sihombing
toyota voxy vs nissan serena 001

Kali ini Moladin akan melaporkan hasil komparasi Toyota Voxy Vs Nissan Serena. Di mana kedua mobil tersebut memang memiliki banyak kesamaan, mulai dari sama-sama berbodi bongsor dengan pintu geser, mesin 2.000 cc, harga Rp 500 jutaan, hingga unitnya merupakan hasil impor utuh dari Jepang.

Supaya lebih jelas, mobil yang kami komparasi adalah Toyota Voxy 2.0 CVT yang versi terbarunya hadir pada awal 2022. Dibanding model lamanya, Baby Alphard ini membawa segenap ubahan dengan sistem keselamatan canggih yaitu Toyota Safety Sense generasi ketiga (TSS 3.0). Berbicara mesin, masih pakai bensin konvensional yaitu naturally aspirated Dynamic Force M20A-FKS 2.0-liter tapi sangat bertenaga.

Lalu kompetitornya, Nissan Serena C27 Highway Star merupakan produk lama yang meluncur pada 2019. Mesin yang digendongnya adalah MR20 2.0-liter. Kelebihannya punya kombinasi warna eksterior two tone dan kenyamanan kabin istimewa khas mobil-mobil Nissan.

Nah dalam komparası Toyota Voxy Vs Nissan Serena ini, tim Moladin melakukan beberapa metode pengetesan, mulai dari drag race untuk mengetes performa, konsumsi BBM, hingga melakukuan test nanjak. Kenyamanan dan keluasan interior kabin juga diuji.

Penasaran dengan hasilnya? Serena atau Voxy yang mena? langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya:

Eksterior Lebih Kece Voxy atau Serena?

toyota voxy vs nissan serena - eksterior

Serena punya bodi lebih bongsor dari Voxy

Bicara eksterior Toyota Voxy vs Nissan Serena, ternyata tampak jelas bahwa MPV Nissan punya bodi lebih bongsor. Di atas kertas panjangnya tembus 4.770 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.865 mm. Keunggulan lain dari Serena adalah ground clearance mencapai 160 mm, jadi bodi bawah tidak mudah bersinggungan dengan aspal. Walau memang untuk roda, ukurannya cukup kecil yaitu 195/60 R16

Kelebihan Nissan Serena selanjutnya ada di pilihan kombinasi warna eksterior two tone. Di mana atapnya pakai kelir hitam, berbeda dengan bodinya yang ada opsi merah dan putih. Tersedia pula warna one tone untuk yang mau tampil sederhana. 

Coba saja bandingkan dengan Toyota Voxy yang hanya tersedia dengan warna eksterior one tone. Lalu dimensi Baby Alphard ini juga lebih ringkas, panjangnya cuma 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm. Ground clearance juga hanya 150 mm. Hanya saja keunggulan Voxy ada di penggunaan roda besar 205/55 R17, dengan demikian tampilannya terkesan padat berisi.

Eksterior Voxy Serena
PxLxT 4.695 x 1.730 mm x 1.855 mm 4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm
Jarak Sumbu Roda 2.850 mm 2.860 mm
Ground Clearance 150 mm 160 mm
Ukuran Roda 205/55 R17 195/60 R16

Performa Mesin

mesin toyota voxy

Voxy punya mesin lebih bertenaga dibanding Serena

Komparasi selanjutnya antara Toyota Voxy Vs Nissan Serena adalah performa mesin. Walau pakai kubikasi 2.0 liter, tapi ternyata keduanya punya kompetensi berbeda.

Baca juga  9 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas Rp 100 Jutaan

Mesin yang digunakan Voxy, mirip milik Innova Zenix bensin dengan kode M20A-FKS. Di atas kertas, jantung mekanis Voxy yang berkapasitas 1.986 cc itu sanggup melontarkan torsi puncak 202 Nm pada 4.900 rpm dan tenaga maksimal 170 PS pada 6.600 rpm.

Bandingkan dengan Nissan Serena yang menggendong mesin MR20 dengan kubikasi 1.997 cc, ternyata performanya lebih lemah dari Voxy. Jantung mekanis MPV Nissan tersebut cuma mampu mampu menghasilkan tenaga 150 PS dengan torsi 199 Nm. Sementara untuk transmisi, keduanya pakai CVT.

Performa Mesin Voxy Serena
Kapasitas Mesin 1.986 cc, 4-silinder 1.997 cc, 4-silinder
Torsi & Tenaga 202 Nm & 170 PS 199 Nm & 150 PS
Tangki Bensin 52 Liter 60 Liter

Serena Gagal Menananjak?

Komparasi Toyota Voxy Vs Nissan Serena - tes menanjak

Serena punya performa yang lebih lemah dari Voxy

Komparasi Toyota Voxy Vs Nissan Serena soal mesin tidak lengkap kalau kami tidak tes menanjak. Apakah Voxy yang tenaga dan torsinya lebih besar dari Serena, bisa unggul ketika diajak melahap jalan curam dengan kemiringan hingga 21 derajat?

Sebagai informasi, dalam tes tanjakan ini mobil diisi penuh 7-orang penumpang. Lalu rute tanjakan ini ada dua bagian, tanjakan pertama berkisar kemiringan 15 derajat, tanjakan kedua memliki kemiringan lebih ekstrim yakni 21 derajat.

Pada Toyota Voxy yang pakai transmisi CVT, untuk tanjakan pertama dengan menggunakan fitur gigi manual 1. Hasilnya, mobil bisa menanjak tanpa masalah, dan ada sedikit wheelspin di pertengahan rute. 

Selanjutnya mobil berhenti di tengah tanjakan rute kedua yang lebih ekstrim. Dalam kondisi berhenti, mobil kembali dijalankan. Hasılnya terjadi wheelspin dengan roda depan berputar di tempat. Hingga akhirnya tester mencoba menyalakan fitur tranction control, dan mobil pun bisa menanjak dengan mudah.

Bagaimana dengan Nissan Serena, apakah bisa menanjak? Pada tanjakan pertama, Serena C27 bisa berjalan tanpa masalah. Sedangkan pada tanjakan kedua yang lebih ekstrim, dengan kondisi stop and go, MPV Nissan ini mengalami wheelspin dan tidak bisa menanjak.

Percobaan kedua Nissan Serena, menggunakan fitur traction control diposisi on. Mobil juga masih terjadi wheelspin dan gagal menanjak. Hingga akhirnya tester mencoba mengambil jarak yang lebih jauh untuk memanfaatkan momentum, barulah Serena C27 bisa menanjak, juga dengan memanfaatkan traction control.

Konsumsi BBM Voxy Vs Serena, Siapa Lebih Irit

Toyota Voxy VS Nissan Serena - konsumsi BBM

Voxy lebih irit BBM di dalam kota, Serena unggul di jalur tol

Komparasi berikutnya adalah soal siapa di antara mobil ini yang paling cepat haus di jalanan. Metode pengukuran BBM ini dilakukan dengan cara melihat panel instrumen atau MID, melewati dua rute yaitu dalam kota dan tol.

Baca juga  Toyota Luncurkan Alphard dan Vellfire 2021, Apa Istimewanya?

Pada Toyota Voxy, hasilnya untuk konsumsi BBM di dalam kota memiliki angka irit 11,5 km/liter. Sementara rute tol 16,1 km/liter.

Sedangkan Nissan Serena C27 untuk pemakaian dalam kota lebih boros dari Voxy, cuma bisa menghemat BBM 10,3 km/liter. Hanya saja untuk di jalan tol, MPV Nissan ini lebih irit BBM dibanding kompetitornya dengan 16,9 km/liter.

Akselerasi unggul Voxy

Toyota Voxy VS Nissan Serena - tes akselerasi 0-100 kpj

Voxy pakai mesin yang lebih bertenaga dari Serena, unggul dalam hal akselerasi

Dengan mesin yang lebih bertenaga, apakah Toyota Voxy akan unggul dari Nissan Serena untuk akselerasi. Ternyata memang benar demikian, kami sudah mencoba dua pengujian yaitu 0-100 km/jam dan drag race 201 meter.

Hasilnya untuk metode dragrace 201 meter, Toyota Voxy bisa membukukan waktu cuma 11,7 detik dan Serena 12,2 detik. Lalu untuk uji akselerasi 0-100 km/jam, Toyota Voxy sanggup melaju cepat 11,6 detik dan Nissan Serena lebih lambat yaitu 12,2 detik.

Kenyamanan Interior Nissan Serena Vs Toyota Voxy

Komparasi Toyota Voxy Vs Nissan Serena selanjutnya masuk ke interior. Dengan bodi lebih bongsor dan jarak sumbu roda lebih panjang, Serena punya banyak keunggulan di kabin, utamanya dalam hal kelegaan dan kenyaman.

Toyota Voxy Lebih Limbung

Toyota Voxy VS Nissan Serena
Belum lengkap rasanya MPV tidal diuji limbung atau body roll. Karena sebagai MPV bertubuh bongsor kenyamanan adalah nomor satu. Metode pengujiannya mobil akan melintasi putaran balik dengan kecepatan 30 km/jam. Hasilnya pada serena menghasilkan sudut kemiringan 2,9 derajat dan pada Toyota Voxy 3,1 derajat.

Dengan kata lain, Serena terbukti lebih nyaman saat diajak bermanuver. Sementara Toyota Voxy lebih limbung.

Akomodasi Penumpang Serena Lebih Baik

Toyota Voxy VS Nissan Serena

Pada Toyota Voxy, kabinnya memang cukup lega. Pada barıs ketiga, dengan diisi penumpang yang memilik tinggi badan 170 cm lebih, masih menyisahkan ruang lutut kaki 9 cm. Lalu di baris kedua, Toyota Voxy dibekali dengan fitur long sofa mode yang akan memberikan kenyamanan duduk, lantaran kaki bisa diselonjorkan full ke depan dengan meratakan jok penumpang baris pertama.

Sedangkan AC sudah triple zone dan bisa diarahkan ke segala arah, termasuk kaki. Kekurangannya justru ada di warna interiornya yang secara keseluruhan dibalut warna hitam dari jok hingga plafon, membuat kabin terasa begitu sempit dan terkesan kurang mewah.

Lalu bagaimana dengan kelegaan interior Nissan Serena, ternyata memang lebih baik dari Toyota Voxy. Baris ketiganya ketika dipakai duduk, masih menyisakan ruang lutut sebanyak 11 cm. Selain itu baris tiga juga sudan terdapat meja yang bisa digunakan untuk makan atau sekadar bekerja. Selain itu pada baris keliga serena ada tombol untuk membuka pintu folding dan injakan untuk menggeser kursi baris dua dengan mudah.

Baca juga  Sparepart Daihatsu Bisa Digunakan Toyota? Ini Jawabannya

Pada barıs kedua, Serena C27 juga memiliki meja, dengen dua cup holder. Nah yang juga menarik, jok baris kedua Serena bisa digeser ke samping, sedangkan pada Voxy tidak bisa. Kemudian yang juga jadi kelebihan lain dari MPV Nissan adalah memiliki banyak colokan untuk charger smartphone (7 USB port), dari baris ketiga, kedua, hingga pertama.

Akomodasi Bagasi Voxy dan Serena

Toyota Voxy VS Nissan Serena - Luas Bagasi

Bagasi Toyota Voxy dan Nissan Serena punya kapasitas mirip

Berikutnya adalah akomodasi bagasi Toyota Voxy Vs Nissan Serena, mana yang lebih baik? Pada Toyota Voxy proses pelipatan kursi baris tiga terasa sangat mudah, cukup dengan tekan satu tombol dan hanya membutuhkan dua jari. Jadi, siapa pun bisa melipat jok paling belakang milik MPV Toyota ini. Setelah kursi baris ketiganya dilipat, didapati kapasitas bagasi Voxy mencapai 1.166 liter.

Lalu bagaimana dengan Nissan Serena? Bagasi mobil ini cuma 1.123 liter. Hanya saja Serena C27 punya bagasi tambahan yang cukup luas di ruang bawah lantai belakang. Jadi bisa dikatakan, soal kapasitas bagasi, mirip-mirip dengan Voxy.

Lalu yang juga menarik, pintu bagasi Serena terbagi dalam dua bukaan. Pertama adalah bukaan atas yang memungkinkan pemilik mobil bisa tetap memasukkan barang ke belakang, walau di belakang ada mobil lain yang sedang parkir. Kemudian, bukaan bagasi yang kedua, seperti bagasi lain kebanyakan.

Fitur Keselamatan Voxy Lebih Komplit

Toyota Voxy VS Nissan Serena - safety

Voxy sudah dilengkapi Toyota Safety Sense 3.0

Bicara fitur, Toyota Voxy Vs Nissan Serena siapa lebih baik? Kedua mobil ini sudah dibekali dengan kick sensor untuk membuka pintu sliding kiri dan kanan. Pada Toyota Voxy kelebihannya ada di buka tutup pintu bagasi telah mengadopsi elektrik, sementara Serena belum.

Untuk AC, Voxy sudah triple zone dan rem parkir elektrik. Ditambah lagi untuk keselamatan, MPV Toyota dilengkapi Toyota Safety Sense 3.0 atau TSS 3.0. Keunggulannya bisa mencegah terjadinya kecelakaan sekaligus menambahkan kenyamanan berkendara.

Di dalam TSS 3.0 milik Voxy, terintegrasi Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), hingga Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Terdapat pula fitur T-intouch. Sedangkan di Serena, semua teknologi canggih itu belum dipunya.

Harga Toyota Voxy Vs Nissan serena

Sudah tahu sekarang kelebihan Nissan Serena ada di kenyamanan kabin interiornya. Sementara Toyota Voxy unggul di performa mesin dan fitur-fitur modern. Lalu bagaimana dengan harga keduanya?

Nissan Serena 2.0 HWS dijual mulai Rp 543,3 juta (OTR Jakarta). Banderol ini lebih murah dibanding Toyota Voxy yang dijual mulai Rp 579,5 juta (OTR Jakarta). Demikian ulasan Toyota Voxy VS Nissan Serena. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika