Minggu, September 25, 2022

4 Kekurangan Toyota Voxy 2022, Jangan Asal Beli!

by Firdaus Ali

Membahas kekurangan Toyota Voxy tentu menarik, sebab mobil dengan gaya boxy ini menjadi primadona konsumen di Indonesia. Selain desainnya yang elegan, kelengkapan fiturnya juga terbilang lengkap.

Meski begitu, mobil yang dijuluki baby Alphard ini mempunyai kekurangan yang harus diperhatikan. Meskipun kekurangan Toyota Voxy ini bukan dari sektor mesinnya. Pasalnya kalau bicara jantung mekanis, MPV tersebut sangat istimewa.

All New Toyota Voxy menggunakan mesin berkapasitas 1.986 cc, 4-silinder, 16 katup atau valve, dan DOHC. Tenaga maksimalnya diklaim mempu meraih angka 170 PS di putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal 202 Nm pada 4.900 rpm.

Performa itu jauh mengungguli kompetitornya yaitu mesin Nissan Serena yang berkubikasi 1.997 cc. MPV Nissan itu cuma bisa melontarkan torsi 199 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 150 PS pada 6.000 rpm.

Lalu apa kekurangan Toyota Voxy terbaru? Nah, sebelum membahas lebih jauh kekurangan Toyota Voxy ada baiknya sedikit mengetahui perjalanannya di Indonesia.

Sebelum hadirnya Voxy, Toyota mempunyai NAV1 (sebelumnya Noah) yang mampu menampung 8 penumpang dengan dua pintu geser dibagian tengah. NAV1 sendiri diluncurkan pada tahun 2014 dengan pilihan dua varian, G A/T dan V Limited A/T.

Baca juga  Toyota Recall Avanza Terkait Masalah Fuel Pump

Sepi peminat, akhirnya manajemen Toyota Indonesia menghentikan penjualan NAV1 pada awal tahun 2017. Kemudian pabrikan berlogo T menggantinya dengan Toyota Voxy.

Toyota Voxy pertama kali hadir pada di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) tahun 2017 menggantikan Toyota NAV1. Saat peluncuran pertamanya tersebut, Voxy langsung mendapat sambutan yang positif.

Hingga akhirnya nama Voxy dipakai terus sampai sekarang. Bicara kekurangan Toyota Voxy terbaru ada beberapa yaitu ground clearance rendah, sunroof menghilang, harga mahal, hingga warna eksterior yang belum two tone. Ingin tahu detailnya? Simak bahasan berikut:

1. Ground Clearance Rendah

kekurangan toyota voxy

Ground clearance Voxy rendah, hanya 150 mm

Kekurangan Toyota Voxy terbaru adalah dari sisi ground clearance yag rendah. Kini hanya 150 mm. Lebih rendah 15 mm dibanding Voxy lawas dengan ground clearance 165 mm. 

Dengan ground clearance yang rendah tersebut, tentunya bagian bawah dari Toyota Voxy seperti bumper rentan berbenturan dengan aspal jalan. Apalagi di jalanan Indonesia yang keriting.

Ground clearance rendah juga jadi kekurangan Toyota Voxy model 2022, karena kompetitor punya spesifikasi lebih tinggi. Ambil contoh Nissan Serena yang pakai ground clearance 160 mm.

Baca juga  Toyota Land Cruiser FJ40 Tom Hanks Dijual Rp 1 Miliar

2. Fitur Sunroof Hilang

kekurangan toyota voxy terbaru 001

Voxy lawas masih punya sunroof, sedangkan di model terbaru justru dihilangkan

Agak aneh memang, walau versi anyar namun Toyota Voxy justru menghilangkan fitur kemewahan yang ada di model lama. Ya, Voxy model 2022 tidak punya sunroof. Padahal sunroof selain membuat mobil terlihat mewah, juga menjadikan kabin terasa lebih lapang. 

Entah apa alasan Toyota menghilangkan sunroof di Voxy terbaru. Mungkin tujuan utamanya supaya harga mobil tidak terlalu mahal. Pasalnya tanpa sunroof saja, banderolnya sudah lebih tinggi dibanding kompetitor.

3. Harga Voxy Lebih Mahal Dibanding Nissan Serena

spesifikasi all new voxy

Jika dibanding Nissan Serena, harga Voxy lebih mahal

Kekurangan Toyota Voxy terbaru berikutnya adalah harganya yang relatif mahal. Yup, Voxy lansiran 2022 dibanderol Rp 558,2 juta (OTR Jakarta).

Disebut mahal, lantaran kompetitornya di kelas MPV pintu geser menengah yaitu Nissan Serena dijual lebih murah. Serena Rp 515 juta (OTR Jakarta). Artinya ada gap sekitar Rp 40 jutaan dibanding Voxy.

Walau tinggi, banderol tersebut sesungguhnya bukan tanpa alasan. Toyota memberi Voxy berbagai fitur modern. Sebut saja

Baca juga  Sejarah Toyota Agya, Eksis 8 Tahun di Indonesia

Toyota Safety Sense (TSS). Ini merupakan fitur keselamatan aktif yang istimewa, serta tidak dipunya Nissan Serena.

Di dalam TSS milik Voxy terintegrasi pre collision system (PCS), lane tracing assist (LTA), dynamic radar cruise control (DRCC), dan automatic high beam (AHB). Semuanya mampu mencegah kecelakaan.

Lalu ditambah fitur air purifier, wirless charger, hingga kehadiran T-Intouch alias intergrasi smartphone dengan Voxy yang lebih komprehensif. Semua itu belum ada di Nissan Serena.

4. Warna Bodi Belum Two Tone

toyota voxy terbaru

All New Toyota Voxy 2022

All New Voxy hanya memiliki bodi dengan warna monotone, alias belum two tone. Ini disebut sebagai kekurangan Toyota Voxy 2022, lantaran kompetitor yaitu Nissan Serena sudah pakai motif two tone.

Di mana untuk two tone terdapat perbedaan warna atap dan bodi. Alhasil kesan modern dan mewah lebih terasa di Serena.

Kemudian soal pilihan warna bodi, Voxy juga lebih sedikit dibanding Sernea. MPV Toyota ini cuma memiliki empat warna: White Pearl, Glitter Black, Sparkling Black Pearl, dan Metal Stream. Sedangkan Nissan Serena menawarkan 5 pilihan warna, Silver, Black, Pearl White, White Black, serta Red Black.

Moladiners, itulah ulasan mengenai kekurangan Toyota Voxy 2022 dibanding kompetitor. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika