Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

5 Kelebihan Wuling Almaz Hybrid, Lebih Irit dan Cepat!

by Tigor Sihombing
kelebihan wuling almaz hybrid 002

Berikut Moladin sampaikan kelebihan Wuling Almaz Hybrid, utamanya ketika dibandingkan dengan Almaz RS, serta para kompetitor di kelas SUV hybrid. Hal ini penting, terutama jika kamu berencana memburu SUV baru.

Wuling Almaz Hybrid meluncur secara resmi di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) pada Kamis (3/11/2022). Ini adalah mobil pertama hybrid dari Wuling. Hadir sebagai varian tertinggi Almaz, di atas type RS. 

Meski begitu, kelebihan Wuling Almaz Hybrid adalah harganya terjangkau dibanding kompetitor yaitu cuma Rp 470 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut lebih murah dari Toyota Cross Hybrid yang berada di angka Rp 540 jutaan. Serta lebih terjangkau dari Nissan Kicks e-Power yang dijual Rp 482,8 juta (OTR Jakarta).

Keunggulan lain dari SUV hibrida pabrikan lima berlian ini adalah mesinnya. Kini pakai 2.000 cc dengan kombinasi baterai dan motor elektrik. Ini menjadikan performa akselerasinya meningkat jauh dibanding Almaz RS, begitu juga dengan konsumsi BBM semakin hemat.

“Kenapa kita memilih Almaz (untuk jadi hybrid)?, karena kita maunya bukan cuma ngomongin tentang environment. Tetapi juga exciting performance. Jadi Almaz yang kita harapkan bisa memberi hal itu semua, Almaz menjadi model yang paling cocok disuntik teknologi elektrifikasi,” kata Dian Asmahani selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors.

Baca juga  5 Kekurangan Honda BR-V Gen 2, Bukan Cuma Mahal!

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan Wuling Almaz Hybrid? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Performa Mesin Almaz Hybrid Lebih Istimewa

mesin wuling almaz hybrid

Mesin bensin 2.000 cc dikawinkan dengan motor elektrik untuk menghasilkan performa istimewa di Almaz Hybrid

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko mengatakan Almaz Hybrid menggunakan mesin yang benar-benar baru dibanding Almaz RS. Kini pakai jantung mekanis dengan kapasitas lebih besar yaitu 2.000 cc naturally aspirated, 4-silinder, atkinson cycle, dan dikombinasikan dengan baterai serta motor elektrik.

“Mesin 2.000 cc ini khusus dikembangkan untuk Wuling Almaz Hybird, untuk sistem baterainya sendiri menggunakan Ternary lithium-ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh, diletakan di bawah jok baris ketiga.” kata Danang.

Di atas kertas, spesifikasi mesin Wuling Almaz Hybrid bisa mengeluarkan torsi puncak 168 Nm pada 4.000 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 123 hp pada 5.600 rpm. Lalu motor elektriknya memiliki torsi 320 Nm dan tenaga 174 hp yang mendapatkan kekuatan dari baterai ternary lithium-ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh.

Baca juga  World Premiere Honda ZR-V RS di GIIAS 2021?

Bandingkan dengan Wuling Almaz RS yang pakai mesin 1.500 cc turbo. Mobil ini cuma bisa melontarkan torsi 250 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm dan tenaga maksimal140 hp pada 5.200 rpm. 

Lalu kalau pembandingnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid, maka Almaz Hybrid juga masih lebih unggul. SUV Toyota itu cuma bisa mengeluarkan tenaga 96 hp dan torsi 142 Nm dari mesin bensinnya yang berkapasitas 1.789 cc. Lalu untuk motor elektriknya hanya bisa mengeluarkan torsi 163 Nm dan tenaga 72 hp. 

2. Akselerasi Instan Seperti Mobil Listrik

kelebihan wuling almaz hybrid 001

Akselerasi 0-100 km/jam Wuling Almaz Hybrid adalah 9,9 detik

Kelebihan Wuling Almaz Hybrid selanjutnya adalah didukung oleh transmisi baru yakni Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Ini adalah transmisi single gear reduction yang membuat SUV ini bisa melaju cepat layaknya mobil listrik. Alhasil ketika pedal gas diinjak, akselerasinya instan.

Hal tersebut membuat performanya sangat istimewa, hasil review kami untuk akselerasi Almaz Hybrid, mampu melesat dari posisi diam hingga 100 Km/jam hanya dalam 9,9 detik. Performa itu bisa kami raih dengan 3 orang di dalam kabin, serta bobot total sekitar 180 Kg.

Baca juga  3 Alasan Beli Wuling New Confero S

3. Konsumsi BBM Almaz Hybrid Lebih Irit

Almaz Hybrid merupakan perpaduan sempurna dari performa yang bertenaga fuel efficiency dan mobilitas ramah lingkungan 1

Menurut pabrikan Almaz Hybrid merupakan perpaduan dari performa yang bertenaga, fuel efficiency dan mobilitas ramah lingkungan.

Konsumsi BBM Almaz Hybrid diklaim pabrikan sangat efisien, dengan estimasi sekitar 19 km/liter. Hal ini dikarenakan untuk menggerakkan roda, tidak cuma mengandalkan mesin bensin, melainkan juga motor elektrik yang menggunakan sumber tenaga baterai.

“Kalau di kecepatan rendah, motor listriknya yang membantu menggerakkan roda dan mendapat sumber tenaga dari baterai,” kata Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko saat ditemui saat sesi test drive Almaz Hybrid di Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Dengan demikian, efisiensi bahan bakar di Almaz Hybrid bisa dicapai. Catatan ini jauh lebih unggul dibanding Almaz RS yang pakai mesin 1.500 cc turbo. Pasalnya, SUV konvesinal tersebut cuma bisa menghemat BBM di angka 10 Km/liter.

4. Punya Tiga Mode Berkendara

kelebihan Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid mengaplikasikan Multi-mode Hybrid Performance yang terdiri dari EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel menyesuaikan kondisi baterai dan kebutuhan daya.

Sebagai mobil hybrid, tidak ketinggalan dengan pilihan mode berkendara ramah lingkungan. Wuling Almaz Hybrid dibekali dengan Multi-mode Hybrid Performance. Mode berkendara ini tersedia dalam tiga pilihan: EV Mode, Hybrid Parallel, dan Series Hybrid.

Pertama adalah EV Mode, dimana roda digerakkan oleh motor elektrik yang mengambil energi dari baterai Ternary Lithium. Berikutnya ada Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik, namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai melalui motor generator layaknya sistem kerja di Nissan Kicks e-Power.

Sedangkan Hybrid Parallel mesin bensin dan motor listrik beroperasi untuk menghasilkan daya penggerak roda secara bersamaan. Sistem ini bekerja secara otomatis menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan.

Meski dijejali dengan teknologi canggih, Danang menjelaskan bahwa Almaz Hybrid mudah dikemudikan layaknya kendaraan konvensional. Jadi pengemudi tidak perlu memilih salah satu mode berkendara tersebut, melainkan cukup gas saja, karena komputer yang bakal memilihkannya buat kamu.

“Pengguna tinggal memakai mobil seperti mobil matik Wuling biasa,” tambah Danang.

5. Tampilan Lebih Gagah dengan Velg 18 Inch

kelebihan wuling almaz hybrid velg 18 inch

Velg besar dan aksen biru hadir di beberapa bagian eksterior Almaz Hybrid

Kelebihan Wuling Almaz Hybrid selanjutnya adalah punya tampilan yang lebih gagah. Walau basisnya adalah Almaz RS, tapi ada ubahan di bagian velg yang kini pakai ukuran 18 inch alias lebih besar. Ini menjadikannya semakin gagah.

Lalu untuk eksterior, ada ubahan penggunaan aksen biru di kover lampu depan dan bumper. Dengan demikian, kesan mobil elektrifikasi semakin tampak.

Masuk ke interior, ada penggunaan warna beige atau putih kecoklatan di jok, dashboard, panel pintu, dan konsol tengah. Hal tersebut menjadikannya terasa semakin mewah.

Sebagai informasi, Wuling Almaz Hybrid didukung fitur keselamatan Advanced Driver Assistance System, Internet of Vehicle dan perintah suara berbahasa Indonesia Wuling Indonesian Command. Wuling menyediakan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi baterai 8 tahun atau 120.000 kilometer, garansi komponen utama motor listrik 3 tahun atau 60.000 kilometer, dan garansi transmisi DHT 5 tahun atau 100.000 kilometer.

Demikian 5 kelebihan Wuling Almaz Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika