oleh

5 Kelebihan Xenia baru 2021, Lebih Canggih dari Kompetitor!

Sebagai produk yang ditunggu-tunggu, kelebihan Xenia baru 2021 penting untuk kamu ketahui. Terlebih jika saat ini kamu sedang berencana membeli MPV kebanggan Daihatsu tersebut.

Seperti kita ketahui, Xenia sudah ada di Indonesia sejak 18 tahun silam dan telah menelurkan tiga generasi. Menariknya, dua generasi sebelumnya Daihatsu tidak pernah gagal dalam menempatkan Xenia pada tangga mobil terlaris di Indonesia.

Kini melalui mobil All New Xenia, Daihatsu pastinya akan berusaha mempertahankan posisi tersebut dengan cara menjawab kebutuhan pasar Tanah Air saat. Produk ini pun makin menarik, karena desain keselurahan dikerjaakan oleh tim desainer dan tim R&D dari Daihatsu Indonesia.

Maka dari itu, kali ini Moladin akan coba membahas kelebihan Xenia baru 2021. Terlebih mobil ini memiliki desain eksterior, interior, fitur, hingga platform rangka baru, yang sangat menarik untuk disimak.

Langsung saja, berikut kelebihan Xenia baru 2021 jika dibanding kompetitor, generasi sebelumnya, atau bahkan dari kembarannya Toyota Avanza. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Desain Modern Karya Anak Bangsa

Kelebihan Xenia baru 2021
Jika diperhatikan tarikan-tarikan garis body dari Xenia terbaru masih mengacu pada generasi sebelumnya.

Kelebihan desain Xenia baru 2021 yang pertama terletak pada desain keselurannya, namun tidak mengubah turunan dari Xenia generasi pertama.

Jika diperhatikan tarikan-tarikan body dari Xenia terbaru masih mengacu pada generasi sebelumnya. namun dipertegas untuk menghasilkan desain keseluruhan yang lebih aerodinamis.

Selain itu Xenia baru 20201 juga sudah menggunakan desain lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, membuat All New Xenia tampil futuristik.

Patut diketahui, All New Xenia 2021 secara tampilan dirancang oleh tim engineerReserach and Development (R&D) Center PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Salah satunya Mark Wijaya, Styling Design R&D Center ADM.

Mark mengatakan bahasa desain dari mobil yang pertama kali dipasarkan pada harga Rp 70 juta ini di kembangkan bersama tim R&D Daihatsu Jepang dengan mengusung konsep sleek cabin.

Baca juga  Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Versi Indonesia

“Bahasa desain Daihatsu Xenia sekarang adalah dual grille, yakni thin upper dan big lower. Untuk tampil sporty, All New Xenia tidak menggunakan krom yang biasanya menjadi simbol mobil mewah. Xenia generasi ketiga tidak menggunakan krom,” kata Mark dijumpai di booth Daihatsu GIIAS 2021.

Mark mengatakan All New Xenia melibatkan sekitar 31 engineer dari total 80 engineer di R&D Center ADM. Mereka dari beragam bidang seperti engineer body, seat, interior, wire, dan sebagainya.

“Kami menyebutnya next level R&D Daihatsu. Dengan desain sporty, Xenia menyasar segmen konsumen emotional,” tampahnya.

2. Dimensi Lebih Besar

Kelebihan Xenia baru 2021
Dimensi yang lebih besar ini memberi keuntungan pada kapasitas ruang kabin yang harusnya lebih lega di banding terdahulu.

Kelebihan Xenia baru 2021 yang kedua terletak pada dimensinya yang lebih bongsor di banding dua generasi sebelumnya. Menurut catatan pabrikan, Xenia terbaru memilki panjang 4.395 mm x lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm.

Sebagai perbandingan, untuk ukuran dimansi Xenia generasi pertama panjangnya waktu itu hanya 4.070 mm x lebar  1.630 mm x tinggi 1.640 mm. Kemudian untuk dimensi Avanza generasi kedua memiliki panjang 4.200 mm x  lebar 1.660 mm dan tinggi x 1.695 mm.

Sedangkan ground clearence atau jarak dari tanah ke body, Xenia baru memiliki tinggi 205 mm. Bandingkan dengan model lama cuma 200 mm. 

Dimensi yang lebih besar ini memberi keuntungan pada kapasitas ruang kabin yang harusnya lebih lega di banding terdahulu. Sedangkan keuntungan ground clearence yang lebih tinggi ini adalah menjadikan bodi bawah tidak mudah mentok ke jalan saat melewati medan bergelombang.

Kemudian yang tidak kalah menarik, penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Ini merupakan platform global yang telah digunakan pada mobil-mobil Daihatsu keluaran terbaru dan modern.

DNGA dikembangkan dengan konsep teknologi teknologi dengan harga terjangkau. Sensor ini bisa memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Baca juga  Review Toyota Avanza E AT 2016 Bekas, Varian Terjangkau!

3. Sofa Mode

Kelebihan Xenia baru 2021
Konfigurasi lipatan ini berguna untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh.

Di dalam kabin, Xenia baru 2021 memberi kejutan kepada penggemarnya dengan konfigurasi tiga baris bangku atau jok yang bisa diatur secara fleksibel. Salah satunya dalam sofa mode alias mengubah jok jadi layaknya sofa bed.

Menurut Daihatsu,  sofa mode berguna untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Alhasil pengemudi dan penumpang bisa beristirahat di kabin untuk sementara.

Disebut sebagai keunggulan, karena memang sofa mode ini tidak akan kamu temukan pada kompetitornya seperi Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga.

Kemudian yang juga menarik, Xenia generasi ketiga juga telah memiliki pelipatan kursi istimewa sehingga bisa rata lantai. Alhasil meletakkan barang jadi lebih mudah dan semakin banyak, bila bagasi butuh ruang lebih.

4. Fitur Peringatan Dini ASA

Kelebihan Xenia baru 2021
ASA bekerja dengan memakai sensor dari kamera stereo sehingga mendeteksi objek di sekitar mobil.

Dalam hal keselamatan, All New Xenia dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advanced Safety Assist).

ASA merupakan teknologi yang bekerja dengan memakai sensor dari kamera stereo sehingga mendeteksi objek di sekitar mobil. Saat mengetahui mobil dalam keadaan bahaya, fitur tersebut memberi perintah untuk mengontrol mobil untuk menghindarinya.

ASA memiliki fungsi utama untuk mengurangi potensi bahaya dan kecelakaan saat berkendara. Ada dua fitur keselamatan yang dihadirkan oleh teknologi ini, yaitu pre-collision brake dan lane departure warning.

Pre-collision brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika sensor mendeteksi adanya kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu.

Fitur ini membantu pengendara menghindari atau meminimalisasi efek benturan. Sementara, fitur lane departure warning adalah sistem yang dapat memberi peringatan pada pengemudi saat kendaraan berpindah jalur secara tidak sengaja.

Baca juga  5 Kelebihan Avanza Baru 2021 Dibanding Kompetitor

Fitur ini dapat membantu mencegah kecelakaan akibat kantuk yang terkadang membuat mobil keluar jalur. Meski dilengkapi dengan beragam sensor yang canggih dan bisa bekerja secara otomatis, pengguna Daihatsu perlu mengingat bahwa teknologi keselamatan ASA bukan teknologi kemudi otomatis.

Dengan demikian, pengendara tetap perlu mengikuti prinsip berkendara yang aman dan bertanggung jawab. Hal ini disebut sebagai kelebihan Xenia baru 2021, karena fitur peringatan dini yang menggunakan sensor-sensor seperti ASA, belum digunakan pada kompetitornya seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga.

5. Harga Xenia Terjangkau

kelebihan xenia baru
Dibanding kompetitor, Xenia banderolnya paling terjangkau

Kelebihan Xenia 2021 selanjutnya adalah harga yang terjangkau. Daihatsu menjual mobil MPV ini mulai Rp 190,9 jutaan untuk varian 1.3 M MT. Sementara yang termahal atau harga Xenia 1.5 R CVT ADS atau ASA cuma Rp 242 jutaan.

Bandingkan saja dengan Toyota Avanza termahalnya atau  1.5 G CVT TSS tembus Rp 264,4 jutaan. Lalu Toyota Veloz Q CVT TSS tembus Rp 291,5 jutaan.

Kompetitor lain seperti Suzuki Ertiga termewah atau Sport AT tembus Rp 255,15 jutaan. Mitsubishi Xpander varian tertinggi alias Ultimate CVT mencapai Rp 272,58 juta.

Jadi sudah jelas bukan, Daihatsu Xenia generasi ketiga memang punya harga yang terjangkau. Setelah tahu kelebihan Xenia baru, masih ragukah beli?

Daftar Harga Xenia Baru 2021

 

1

ALL NEW XENIA 1.3 M MT

190.900.000

2

ALL NEW XENIA 1.3 X MT

193.900.000

3

ALL NEW XENIA 1.3 X CVT

209.200.000

4

ALL NEW XENIA 1.3 R MT

204.000.000

5

ALL NEW XENIA 1.3 R MT ADS

213.000.000

6

ALL NEW XENIA 1.3 R CVT

219.300.000

7

ALL NEW XENIA 1.3 R CVT ADS

228.300.000

8

ALL NEW XENIA 1.5 R MT

221.000.000

9

ALL NEW XENIA 1.5 R MT ADS

230.000.000

10

ALL NEW XENIA 1.5 R CVT

233.700.000

11

ALL NEW XENIA 1.5 R CVT ADS

242.700.000

12

ALL NEW XENIA 1.5 R CVT ASA

242.400.000

Demikian ulasan terkait kelebihan Xenia baru 2021. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru