Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kia Seltos Facelift 2023 Pakai Mesin Baru, Masuk Indonesia?

by Tigor Sihombing
KIA Seltos 2023 facelift

Kia Seltos facelift 2023 melakukan debut di India. Walau hadir di Negeri Bollywood, tapi informasi ini penting untuk masyarakat Tanah Air. Pasalnya Seltos di Indonesia merupakan hasil impor dari India.

Seltos terbaru memiliki banyak ubahan di eksterior yang lebih segar dan interior semakin modern. Tidak ketinggalan, fitur keselamatan semakin canggih. Lalu mesinnya punya opsi baru yaitu 1.500 cc turbo peminum bensin yang menggantikan 1.400 cc turbo.

Bicara eksterior, Seltos menampilkan paras dengan desain grille Tiger Nose terbaru. Tidak hanya itu bumper yang didesain ulang, yang berkesan lebih besar dan lebih sporty. Pada bagian depan ini, juga sudah ada foglamp yang masih mempertahankan desain vertikal model ice cube yang unik. Masih di bagian eksterior depan, juga ada desain skid plate terbaru, serta penggunaan lampu utama LED dengan DRL yang semakin melebar sampai ke grille.

Sedangkan pada bagian belakang yang sebelumnya tidak ada, kini dipasangkan skid plate juga. Lampu belakang Kia Seltos 2023 facelift juga sudah menggunakan desain terbaru berteknologi LED dan di belakang terdapat ujung knalpot double muffler tiruan.

Baca juga  Tips Agar Inden Toyota Raize Tidak Lama

Bagian belakang juga mendapat ubahan yang signifikan dari versi pre facelift. Misalnya penggunaan model lampu memanjang yang kini dipertegas lagi. Serta penggunaan cluster lampu belakang model terbaru yang lebih futuristik. Serta tempat plat nomor juga menggunakan desain baru yang desainya lebih mengotak.

Jika diperhatikan dari samping terlihat velg hitam mengkilap berukuran 18 inci yang diadopsi varian tertinggi. Ada pula velg17 inci two tone model kembang untuk varian di bawahnya.

Interior Kia Seltos Terbaru

kia seltos facelift 2023 - interior

Kia Seltos terbaru punya interior yang lebih modern

Di sektor interior, desain layar entertainment system dan panel instrument digital yang menyambung. Serta panel AC yang juga punya desain baru dan juga sudah menggunakan konfigurasi Dual Zone.

Namun ada beberapa detail yang sedikit dibedakan dengan versi globalnya. Ambil contoh, transmisinya masih menggunakan model tuas untuk versi India. Sementara di negara-negara lain sudah menggunakan model putar.

Yang terbaru, kini Kia Seltos di India sudah dibekali dengan rem parkir elektronik lengkap dengan Auto Hold. Beberapa fitur baru hadir di Kia Seltos Facelift versi India ini. Mulai dari panoramic sunroof, Head Up Display, hingga jok pendingin hadir di sini.

Baca juga  Bocoran Wuling Almaz Facelift 2023, Jadi Ganteng!

Bicara soal fitur, Seltos Facalift 2023 mendapat kamera 360 derajat, dual-zone climate control, panoramic sunroof, 8-inch heads-up display, rain-sensing wipers, dan 8 speaker BOSE dengan sound mood lamps.

Punya Fitur ADAS dan Mesin 1.500 cc Turbo

Kia Seltos facelift 2023

Kia Seltos Facelit 2023 punya mesin baru 1.500 cc turbo bensin

Bicara sistem keselamatan ada 17 fungsi ADAS seperti forward collision warning assist, blind spot collision warning, dan lane keep assist. Juga ada enam airbags sebagai standard, tyre pressure monitoring system, ESC, hingga Hill Assist Control.

Kia Seltos di India memiliki tiga pilihan trim – X-line, GT-line, dan Tech line. Dengan tiga pilihan mesin bensin 1.5 liter Naturally aspirated, mesin diesel 1.5 liter, dan mesin bensin 1.5 liter turbo.

Jantung mekanis yang disebut terakhir merupakan mesin baru, menggantikan 1.400 cc tubro yang ada di Seltos lama. Penggantian ini dilakukan, lantaran mesin lamanya sudah tidak sesuai dengan peraturan emsisi BS6 di India.

Mesin 1.500 cc milik Seltos terbaru bisa mengeluarkan torsi 253 Nm (+11 Nm) dan tenaga 160 hp (+20 hp). Padanannya adalah transmisi manual 6-percepatan iMT dan dual-clutch otomatis 7-percepatan.

Baca juga  Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Resmi Meluncur

Kapan Seltos anyar ini masuk Indonesia? Belum ada informasi detail. Di India sendiri pemesanannya baru bisa dilakukan pada 14 Juli 2023. Pastilah di Indonesia akan masuk belakangan, bisa jadi di GIIAS 2023 atau akhir tahun 2023.

Demikian ulasan Kia Seltos facelift 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika