oleh

Kisaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil, Mahal?

Masih banyak orang beranggapan bahwa biaya kursus mengemudi mobil cenderung mahal. Namun jangan dipukul rata. Pasalnya tidak semua penyedia jasa, menawarkan harga yang tinggi.

Ada beberapa penyedia jasa yang menawarkan biaya kursus mengemudi mobil yang terjangkau. Terlebih saat ini tempat kursus kian menjamur, dan telah tersebar di berbagai tempat.

Kalau dibandingkan dengan biaya secara otodidak, kursus mobil memiliki berbagai layanan yang memudahkan. Salah satu yang menarik perhatian masyarakat adalah adanya tambahan pengurusan SIM A bagi murid-murid yang dinyatakan lulus mengemudi.

Begitu banyak saat ini tempat kursus mobil yang menawarkan paket dengan pembuatan SIM A. Kelebihan lain mengikuti kursus mobil ialah dibekali dengan mobil khusus yang dapat digunakan untuk latihan mengemudi.

Jika menggunakan mobil latihan yang disediakan, setidaknya membuat murid-murid rasanya lebih aman dan nyaman. Mengingat setiap mobil biasanya telah di modifikasi, dan mendapat tambahan rem dan kopling tambahan.

Penambahan dua piranti tersebut juga diharapkan mampu mengantisipasi murid menabrak ketika latihan. Instruktur biasanya langsung menekan rem, ketika berisiko terjadi tabrakan.

Seperti diketahui, setiap murid yang mengikuti pelatihan di sekolah mengemudi, biasanya ditemani oleh instruktur berpengalaman dan ahli dalam menyetir.

Jika kalian yang penasaran dengan biaya kursus mengemudi mobil. Berikut ini Moladin akan memberikan gambaran singkat mengenai biaya yang perlu kalian persiapkan.

Baca juga  11 Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Estimasi Biaya Kursus Mengemudi Mobil di 3 Lembaga Populer

Besaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil
Besaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil

Biaya kursus mengemudi mobil saat ini semakin bervariasi. Ada yang menawarkan harga yang terjangkau, ada juga yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Khusus buat kalian yang berdomisili di wilayah Jakarta, ada sejumlah pilihan tempat kurus mengemudi yang bisa dijadikan patokan. Adapun tempat kursus mobil meliputi Ulisa, Persemija, Pesona Jaya, dan lainnya.

1. Biaya Kursus Mengemudi Mobil di Persemija

Kisaran harga kursus mengemudi mobil di Persemija
Kisaran harga kursus mengemudi mobil di Persemija

Persemija merupakan salah satu penyedia jasa kursus mengemudi yang cukup dikenal di Jakarta. Cabangnya pun cukup banyak di Jakarta, mulai dari Radio Dalam, Benhill, Radio Dalam, Gandaria, Percetakan Negara dan lainnya.

Bicara biaya kursus mengemudi mobil di Persemija, dari hasil penelusuran Moladin termurah berada di angka Rp 530 ribu dan biaya paling mahal seharga Rp1,450 juta.

Di luar biaya tersebut, biasanya murid kursus diwajibkan untuk membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 20 ribu. Lalu diwajibkan memberikan uang tips sebesar Rp 15 ribu per jam kepada instruktur untuk hari biasa dan Rp 20 ribu untuk hari libur.

5 kali pertemuan 

Rp530.000

8 kali pertemuan 

Rp780.000

12 kali pertemuan

Rp1.060.000

16 kali pertemuan

Rp1.350.000

2. Harga Kursus Mengemudi di Ulisa

Ilustrasi belajar mengemudi
Ilustrasi belajar mengemudi

Berbeda dengan Persemija, biaya kursus mengemudi mobil di PT Usaha Lima Saudara (Ulisa) sedikit berbeda. Namun urusan pengalaman nampaknya Ulisa lebih memiliki usia yang panjang.

Baca juga  4 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Start Awal

Kursus mengemudi ini sudah ada sejak tahun 1951. Sebelum berganti nama Ulisa, dahulu penyedia jasa kursus mengemudi satu ini memiliki nama ‘Oemoem’.

Di tahun 1972, sekolah mengemudi satu ini menjalin kemitraan dengan empat sekolah mengemudi lainnya. Hingga akhirnya berganti nama jadi ‘Ulisa’ yang merupakan singkatan dari usaha lima saudara.

Bagi kalian yang ingin menggunakan jasa kursus mengemudi satu ini, tak perlu khawatir. Mengingat saat ini cabangnya sudah tersebar di beberapa wilayah di Jakarta, seperti PIK & Pluit, Fatmawati, Menteng, Gunung Sahari, Grogol dan sejumlah wilayah lainnya.

Biasanya biaya kursus mengemudi mobil di Ulisa untuk mobil manual sekira Rp 775 ribu. Sedangkan, biaya kursus mengemudi mobil matik berkisar Rp875 ribu.

Apabila ingin sekaligus memiliki SIM, dikenakan biaya Rp 750 ribu. Kursus mengemudi mobil di hari Sabtu dikenakan biaya lebih mahal, yakni sekitar Rp 900 ribu untuk manual.

3. Biaya Kursus Mengemudi di Pesona Jaya

Belajar mengemudi di kursus resmi
Belajar mengemudi di kursus resmi

Bicara lebih lanjut mengenai biaya kursus mengemudi mobil, di Pesona Jaya harganya terbilang cukup kompetitif. Sekolah mengemudi satu ini pun sudah memiliki pengalaman yang sangat luas.

Baca juga  3 Penyebab Atap Mobil Bocor dan Akibat Buruknya

Kiprahnya sejak tahun 1997 lalu, dengan cabang-cabang yang cukup luas di Jakarta. Adapun lokasi kursus mobil Pesona Jaya berada di Pasar Minggu, Lenteng Agung, Lapangan Tembak Cibubur, Cilandak KKO dan sejumlah wilayah lainnya.

Dari hasil penelusuran kami, biaya kursus mengemudi mobil di Pesona Jaya sekitar Rp 490 ribu hingga Rp 800 ribuan. Adapun paket itu antara lain Rp 490 ribu untuk 6 kali per 1 jam, lalu Rp 660 ribu untuk 8 kali per satu jam, dan paket 10 kali per jam Rp 800 ribu.

Biasanya untuk waktu pelatihan dilakukan sejak pukul 8 pagi hingga 4 sore. Oh ya, biaya di atas dikenakan untuk beragam jenis mobil, baik manual maupun matik.

Setiap kali latihan, setiap murid wajib memberikan uang tip kepada instruktur sebesar Rp 5 ribu per jam, setelah selesai kursus. Jika kalian mengambil kursus di hari libur, bakal ada tambahan biaya Rp 100 per paket. Pesona Jaya juga menyediakan layanan paket SIM A, yang dibanderol Rp 750 ribu.

Semoga informasi mengenai biaya kursus mengemudi mobil ini dapat bermanfaat untuk kalian. (Denfer)

Baca juga:

Terbaru