oleh

6 Koleksi Mobil Valentino Rossi, Ferrari Hingga Ford!

Koleksi mobil Valentino Rossi beragam, mulai dari pabrikan Jepang hingga pabrikan Italy. Menariknya, ada salah satu mobil yang warna dan plat nomor khusus untuk sang pembalap MotoGP yang dijuluki “The Doctor” ini.

Siapa yang tak kenal sosok pembalap MotoGP fenomenal dengan nomor punggung 46 ini. Kiprahnya di dunia balap roda dua sudah tidak diragukan lagi. Meski berkecimpung di arena roda dua, namun nyatanya Valentino Rossi mempunyai beberapa koleksi mobil mewah yang sering muncul di sosial media dan media-media Internasional.

Nah, sebelum mengulas koleksi mobil Valentino Rossi lebih jauh. Ada baiknya kita sekilas mengetahui perjalanan kariernya di ajang MotoGP. Valentino Rossi merupakan pembalap berkebangsaan Italy yang lahir pada tahun 1979.

Rossi melakoni debutnya pada balapan motor Grand Prix pada tahun 1996 dengan menunggangi motor 125cc. Kepiawaian alami dalam mengendalikan kuda besi serta charisma yang kuat membuatnya cepat memiliki banyak penggemar.

Sembilan kali juara dunia balap motor ini memiliki banyak prestasi mengagumkan. Diantaranya adalah Ia merupakan satu-satunya pebalap dalam sejarah Grand Prix yang mampu meraih gelar dunia dalam empat kelas balap berbeda, yakni 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP. Selama MotoGP mengalami 3 kali perubahan regulasi, yakni 500cc, 990cc dan 800cc, Rossi pun mampu memenangkannya.

Baca juga  Racing Blue Jadi Warna Baru Honda Civic Type R

Selain itu, The Doctor juga merupakan sosok pembalap Gran Prix dengan tujuh motor yang berbeda. Yakni 125cc Aprilia, 250cc Aprilia, 500cc Honda, 990cc Honda, 990cc Yamaha, 800cc Yamaha and 1000cc Yamaha. Hebatnya, Rossi adalah satu-satunya pembalap yang memenangi lima race beruntun dengan Yamaha dan Honda.

25 tahun berkiprah di dunia balap motor, akhirnya Valentino Rossi menutup kariernya bersama Yamaha Petronas SRT di akhir tahun 2021. Tepatnya pada ajang MotoGP Valencia.

Menarik bukan perjalanan dari The Doctor tersebut. Nah, selanjutnya mari kita simak ulasan lengkap koleksi mobil Valentino Rossi berikut ini.

1. Subaru Impreza

koleksi mobil valentino rossi
Subaru Impreza

Koleksi mobil Valentino Rossi yang pertama adalah Subaru Impreza. Mobil balap reli ini pernah digunakan Rossi bersama juara WRC tahun 1995, Colin McRae. Rossi bahkan merestorasi mobil tersebut dengan mengembalikan komponen SRT yang sangat langka.

Subaru Impreza merupakan mobil yang sudah diproduksi sejak tahun 1992. Subaru Impreza sudah memiliki 5 generasi dan menggunakan mesin yang beragam, mulai 1,5 liter hingga 2,5 liter yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan.

2. BMW M3

koleksi mobil valentino rossi
Valentino Rossi mengemudikan BMW M3 miliknya

Kemudian, koleksi mobil Valentino Rossi selanjutnya adalah BMW M3. Mobil ini beberapa kali terlihat digunakan Rossi saat menghadiri sebuah acara.

Baca juga  5 Kelebihan Mini JCW GP Seharga Rp 1,5 Miliar

BMW M3 adalah versi high performance dari BMW Seri 3 yang dikembangkan oleh divisi motorsport internal BMW, yakni BMW M GmbH. Mobil ini dibekali mesin V8 turbocharged yang diklaim menghasilkan tenaga 425 hp dan trsi 550 Nm.

3. Ford Fiesta RS Versi WRC

koleksi mobil valentino rossi
Ford Fiesta RS WRC

Kemudian, koleksi mobil Valentino Rossi berikutnya adalah Ford Fiesta RS versi WRC. Menariknya, Rossi juga pernah menunggangi mobil ini di balapan Monza Rally Show.

Ford Fiesta RS WRC merupakan mobil yang dibangun untuk tim reli Ford untuk berlaga di World Rally Championship 2011 hingga 2016. Mobil ini dibekali mesin Ford EcoBoost 1,6 liter 4 silinder dengan turbocharged.

4. BMW Z4 Roadster

koleksi mobil valentino rossi
BMW Z4 Roadster

Valentino Rossi juga memiliki BMW Z4 yang didapatkan dari hadiah keberhasilannya di ajang MotoGP. BMW Z4 Roadster menggunakan mesin 4-silinder berkubikasi 1.998cc dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Secara Performa, mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 258 hp dan torsi 400 Nm.

5. Ford Raptor F150

koleksi mobil valentino rossi
Ford Raptor F150 milik Valentino Rossi

Ford Raptor F150 milik Valentino Rossi berwarna hitam serta disematkan logo VR46 pada kedua sisi bodinya. Mobil pikap ini biasa digunakan Rossi untuk mengangkut motorcross miliknya. Rossi memang punya hobi main motorcross jika ada waktu luang di sela-sela musim balap.

Baca juga  Honda Civic Type R Limited Edition Ini Dilelang

Soal fitur keselamatan, Ford Raptor F150 sudah dilengkapi dengan Airbags 6 titik, seatbelt 3 titik di semua kursi, hingga sensor alarm dan MyKey. Menariknya, mobil ini juga akan memberikan notifikasi pengingat ketika pengendara maupun penumpang lupa menggunakan seatbelt.

Selain itu, terdapat pula seperangkat fitur canggih seperti Advanced Off-Road yang dibekali dengan teknologi Dynamic Stability Control (DSC), Hill Descent Control (HDC) dan Hill Launch Assist (HLA).

6. Ferarri F458

koleksi mobil valentino rossi
Ferarri F458 milik Rossi

Valentino Rossi yang berasal dari Italy belum lengkap jika belum memiliki super car dari Ferrari. The Doctor memiliki koleksi Ferrari 458 yang didapat dari hasil pundi-pundi prestasinya di dunia balap.

Ferrari 458 ditenagai mesin V8 berkapasitas 4.497cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 562 hp di 9.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 540 Nm di 6.000 rpm. Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 340 km/jam.

Ferarri 458 Italia untuk Rossi terbilang eksklusif, karena berbeda umumnya. Jika Ferarri biasanya identik berwarna merah, pabrikan kuda jingkrak ini melaburi cat kuning khusus untuk tunggangan Rossi. Sementara pelat nomor juga dibuat khusus, yaitu EC 046VR.

Moladiners, itulah ulasan mengenai koleksi mobil Valentino Rossi. Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru