Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Subaru WRX Sedan Vs Subaru WRX Wagon, Mana Lebih Kencang?

by Firdaus Ali
Komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon

Berikut kami informasikan hasil komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon. Dalam pembahasan kali ini, fokus pada tes body roll, kenyamanan, desain dan fitur, akomodasi serta value for money.

Pada event IIMS 2023 lalu, Subaru Indonesia meluncurkan dua senjata barunya yaitu Subaru WRX sedan dan wagon. Soal harga, Subaru WRX Wagon banderolnya lebih mahal. Berkut daftar harganya untuk bulan Maret 2024:

  • Subaru WRX Sedan MT: Rp 849.500.000
  • Subaru WRX Sedan TS EyeSight: Rp 949.500.000
  • Subaru WRX Wagon GT-S EyeSight: Rp 975.500.000
  • Subaru WRX Wagon TS EyeSight: Rp 1.029.500.000

Kedua model Subaru WRX mengusung platform Subaru Global Platform yang meningkatkan torsional rigidity hingga 28%. Sedangkan versi wagonnya ditambahkan material adhesive yang memungkinkan manuver tajam sama seperti body sedan.

Drag race Subaru WRX wagon dan Subaru WRX sedan
Perbandingan tampilan belakang Subaru WRX Sedan dan Subaru WRX Wagon

“Hadir dengan model Sedan dan Wagon, serta beragam fitur dan teknologi terbaru, kami percaya bahwa model ini akan secara substansial menghidupkan kembali sejarah panjang Subaru di dunia Motorsport, mengingat WRX adalah simbol kendaraan high-performance Subaru sejak model ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1992. The all-new Subaru WRX ini sudah dilengkapi dengan Symmetrical All-Wheel Drive, BOXER® Engine dengan Subaru Performance Transmission, Subaru Global Platform, dan sistem bantuan pengemudi EyeSight generasi ke-4,” kata Chief Operating Officer Subaru Indonesia, Arie Christopher, beberapa waktu lalu.

Untuk pilihan warnanya ada delapan. Yaitu World Rally Blue, Solar Orange Pearl, Ignition Red, Sapphire Blue Pearl, Ceramic White, Ice Silver Metallic, Magnetite Grey Metallic, dan Crystal Black Silica. Dengan demikian, konsumen bisa memilih warna yang sesuai selera.

Kembali ke pembahasan komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon. Biar tidak penasaran, mari kita simak ulasnnya berikut ini.

Baca juga  Komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon, Ini Yang Lebih Gesit Nanjak

Tes Body Roll

image 4 6

Komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon pertama adalah tes body roll untuk mengetahui lebih mengetahui mana yang lebih stabil diantara keduanya saat mobil bermanuver.

Secara dimensi, kedua mobil ini berbeda. Subaru WRX Sedan punya panjang 4.670 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.465 mm dan wheelbase atau jarak sumbu roda 2.675 mm. Kemudian ground clearance 135 mm dan berat kosong 1.535 kilogram.

Kemudian, untuk Subaru WRX Wagon punya dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.500 mm, serta jarak sumbu roda 2.670 mm. Selanjutnya ground clearance 140 mm dan berat kosong 1.619 kilogram.

Kembali ke pengetesan body roll, kami memacu kecepatan di 35 km/jam melewati putar balik atau U Turn. Hasilnya Subaru WRX Sedan lebih stabil, yaitu 2,3 derajat. Sedangkan WRX Wagon Ts 3.0 derajat.

Tes Kenyamanan, Subaru WRX Wagon Unggul

image 5 3

Komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon selanjutnya adalah darii sisi kenyamanan. Seperti biasa, dalam pengetesan kami melewati beberapa speedtrap dan menggunakan alat DB meter untuk mengetahui kekedapan kabin interior dari suara bising di luar mobil.

Hasilnya, kedua mobil Subaru WRX itu cukup bising. Subaru WRX Sedan mencatat angka 77,0 DB. Sementara itu untuk Subaru WRX Wagon di angka 74,1 DB.

Selanjutnya kami juga mengetes kenyamanan dan bantingan supensi dari kedua mobil tersebut. Masih menggunakan metode yang sama yaitu melewati speedtrap dengan kecepatan 30 km/jam.

Hasilnya Subaru WRX Wagon jauh lebih nyaman dibandingkan dengan Subaru WRX Sedan. Jelas saja, sebab WRX Wagon sudah dilengkapi dengan mode berkendara yan bisa mengatur suspensi.

Baca juga  Komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon, Ini Yang Lebih Gesit Nanjak

Saat kami memilih mode Comfort, kenyamanan dalam kabin langsung terasa, melewati speedtrap seperti tidak melewatinya. Berbeda dengan Subaru WRX Sedan yang tidak ada pilihan mode berkendara, guncangan sangat terasa saat mobil melewati speedtrap.

Kesimpulan kami dari sisi kenyamanan kabin, Subaru WRX Wagon masih cocok sebagai mobil keluarga karena kenyamanan kabin masih terbilang oke. Sementara untuk WRX Sedan lebih cocok digunakan untuk anak muda yang hobi mengendarai mobil untuk menguji adrenalin.

Desain dan Fitur, WRX Wagon Lebih Eye Catching

Komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon
Varian Wagon terlihat lebih eye catching

Berbicara desain, kedua mobil ini mirip dan memang punya tampang yang sporty. Namun begitu, WRX Wagon terlihat lebih elegan dan eye catching. Kombinasi lekukan body dengan desain bumper depan dan belakang serta desain velg terlihat proporsional.

Sementara untuk WRX Sedan terlihat totalitas sporty. Siapapun yang melihat mobil ini sudah tidak terbantahkan akan menilai sebuah mobil sedan yang punya performa kencang.

Kemudian, berbicara fitur, untuk Subaru WRX Sedan dan Subaru WRX Wagon varian transmisi otomotis telah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif Subaru EyeSight generasi terbaru.

Fitur ini mencakup: Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control / Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Adaptive Cruise Control, Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection.

Selain itu juga ada Blind Spot Detection (BSD) / Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert. Adapun untuk pertama kalinya hadir pada lini Subaru di Indonesia teknologi Driver Monitoring System yang membaca data biometric muka pengendara untuk menyesuaikan driver profiles (pengaturan bangku, entertainment dan sudut spion), serta fungsi warning jika pengemudi mengantuk.

Baca juga  Komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon, Ini Yang Lebih Gesit Nanjak

Untuk fitur kabin, keduanya sudah dilengkapi layar infotainment berukuran 11,6 inci yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Bedanya, untuk tipe tertinggi baik Wagon dan Sedan menu dan fitur tambahan lebih lengkap.

Akomodasi, Dua-duanya Sama

image 6 2

Komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon adalah dari sisi akomodasi penumpang dan bagasi. Untuk kabin penumpang, kami mengujinya secara langsung. Dimana jok pengemudi diduduki penumpang dengan tinggi badan 183 cm dan jok belakang kursi pengemudi (baris kedua) diduduki oleh penumpang dengan tinggi badan 175 cm. Hasilnya, legroom untuk jok baris kedua hanya 1 jari saja.

Kemudian kami juga menguji kapasitas bagasi dari kedua mobil tersebut. Hasilnya ternyata sama. Dimana keduanya punya kapasitas bagasi 522 liter.

Value for Money, Pilih Sesuai Selera

Komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon
Soal value for money, sesuai selera

Komparasi Subaru WRX sedan vs Subaru WRX Wagon kurang afdhol jika belum membahas dari sisi value for money. Jika berbicara kedua mobil tersebut sebenarnya bisa dibilang sesuai selera.

Sebab, Subaru bukanlah merek yang familiar untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia. Dengan kata lain, merek Subaru lebih segmented, hanya dikenal oleh kalangan tertentu.

Karenanya, jika berbicara value for money, tergantung selera dari calon pemiliknya. Jika ingin membeli untuk aktifitas keluarga bisa memilih WRX Wagon karena kabin penumpang lebih nyaman. Namun jika ingin performa yang lebih mumpuni bisa memilih yang WRX Sedan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika