Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon, Ini Yang Lebih Gesit Nanjak

by Tigor Sihombing
Komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon

Komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon pasti masih bikin bikin penasaran bukan? Meski keduanya serupa namun soal kemampuan ternyata punya keunggulan masing-masing.

Oya, model yang kami komparasi adalah Subaru WRX Wagon TS EyeSight seharga Rp 1.09.500.000. Dan Subaru WRX bertransmisi manual yang dipasarkan secara on the road di Indonesia Rp 849.500.000.

Subaru WRX Sedan dikenal karena desain yang sporty dan agresif. Dengan bodi sedan yang lebih ringkas, mobil memang lebih lincah saat menikung dan juga unggul dalam hal aerodinamitas melaju di jalan raya.

Selain itu, WRX Sedan juga sering dianggap lebih “menggoda” untuk dimodifikasi dengan berbagai aksesori dan upgrade performa. Sementara itu, Subaru WRX Wagon menawarkan kepraktisan tambahan dengan ruang kargo yang lebih besar dan fleksibilitas yang lebih baik.

Dengan bodi wagon yang lebih panjang, WRX Wagon cocok untuk mereka yang butuh lebih banyak ruang untuk barang bawaan, termasuk aktivitas luar ruangan atau perjalanan jauh bersama keluarga.

Sedangkan dimensi untuk subaru WRX sedan ukurannya 4.670 mm x 1.825 mm x 1.465mm (PxLxT), sedangkan WRX wagon lebih panjang, yakni 4.755mm, lebih tinggi sedikit yaitu 1.500 mm, dan memiliki lebarnya lebih pipih di angka 1.795 mm.

Baca juga  Toyota Rush Vs Daihatsu Terios, Beli yang Mana?

Untuk lebih lengkapnya, langsung saja saksikan seperti apa hasil komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon

Tes Nanjak

Test nanjak pertama kami lakukan pada Subaru WRX Wagon. Dengan mode berkendara normal, transmisi Manual 1 (AT), dan traction control On.

Bahkan meski kondisi jalan yang sedikit diguyur hujan gerimis. Hasilnya dari kondisi berhenti pada kemiringan 21 drajat, mobil yang berisikan 5 prang penumpang dengan berat rata-rata 90 kg, dengan mudah Subaru WRX Wagon naik pada titik ujung tanjakan yang ditentukan dengan waktu 10.05 detik.

Berikutnya dengan Subaru WRX sedan manual. Dengan mode berkendara yang sama, Subaru WRX sedan manual mampu menancapkan waktu lebih cepat yakni hanya 6 detik.

Pada dasarnya performa menanjak dari kedua mobil AWD ini sangat luar biasa, dan sangat bisa diandalkan.

Performa

Kedua mobil ini menggunakan mesin yang sama. Dengan mesin BOXER® 2.4 Liter Turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 275ps dan torsi mencapai 350Nm.

Torsi puncaknya bisa dirasakan sejak putaran mesin 2.000 rpm, memberikan keseimbangan yang pas antara kekuatan dan kemudahan penggunaan sehari-hari, sambil tetap menjaga efisiensi konsumsi bahan bakar.

Baca juga  Mobil Listrik Subaru InI Bertenaga Buas, 1073 HP

Ada dua pilihan transmisi yang tersedia, yakni Manual 6-percepatan dan Automatic 8-percepatan Subaru Performance Transmission (SPT).

Transmisi SPT ini memungkinkan penyaluran tenaga ke keempat roda dengan responsif, didukung dengan sistem Variable Torque Distribution AWD yang memungkinkan upshift 30% lebih cepat dan downshift 50% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk varian Subaru WRX tS (Tuned by STI), yang dikembangkan bersama divisi motorsport Subaru Tecnica International, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok. Mulai dari suspensi adaptif yang disetel oleh STI, knalpot STI, kemudi STI, hingga bahan kursi sport dari STI.

Perbedaan ini juga memungkinkan Subaru WRX tS A/T EyeSight dan Subaru WRX Wagon tS – EyeSight untuk memiliki lima mode berkendara: Comfort, Normal, Sport, Sport+, dan Individual. Dengan begitu, pengemudi dapat menyesuaikan karakteristik berkendara sesuai dengan keinginan dan situasi.

Akselerasi (201 m, 100 km/jam)

Unutk menguji performa kedua mesin ini kamu coba melakukan dengann metode drag race dengan mencari akselerasi pada jarak 201 meter dan 100 km/jam.

Hasilnya untuk akselerasi 201 meter Subaru WRX MT Sedan 9,2 detik. Sedangkan vewrsi wagonnya 9,8 detik.

Baca juga  Subaru BRZ Safety Driving Course, Ajak Pemilik Mobil Sport Nge-Drift!

Sedangkan akselerasi 0 ke 100 km/jam Subaru WRX Sedan juga lebih unggul, yakni 6,5 detik dan Subaru wagon 7 detik.

Kesimpulannya, Subaru WRX Wagon tentunya menawarkan kepraktisan tambahan dengan ruang kargo yang lebih besar dan fleksibilitas yang lebih baik. Dengan bodi wagon yang lebih panjang, WRX Wagon cocok untuk mereka yang butuh lebih banyak ruang untuk barang bawaan, termasuk aktivitas luar ruangan atau perjalanan jauh bersama keluarga.

Namun, meskipun WRX Wagon lebih praktis, beberapa penggemar mobil mungkin lebih memilih WRX Sedan karena tampilannya yang lebih sporty dan performa yang lebih “murni” dalam hal manuver dan handling

Jadi, kembali lagi pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengguna, baik Subaru WRX Sedan maupun Subaru WRX Wagon punya daya tariknya sendiri. Yang pasti, keduanya menjanjikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan seru.

Demikian ulasan Komparasi Subaru WRX Sedan vs Subaru WRX Wagon. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

YouTube player

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika