Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Cara Mengajukan Pinjaman Dana Tunai Cepat Cair!

by Baghendra Lodra
6 Cara Pinjam Uang Online yang Aman dan Anti Kena Tipu

Saat membutuhkan uang, mengajukan pinjaman dana tunai pastinya bisa menjadi solusi yang tepat. Namun, bagaimana caranya? 

Buat kamu yang belum pernah melakukan pinjaman, wajar kalau tidak tahu caranya. Padahal mendapatkannya cukup mudah, bisa melalui Bank, lembaga swasta seperti MOFI, gesek kartu kredit, menjaminkan aset, hingga pinjam teman. Kalau ke lembaga pembiayaan, tentunya kamu juga perlu mengetahui semua persayaratan yang dibutuhkan.

Supaya tidak bingung, berikut kami beberkan 5 cara mengajukan kredit uang tunai yang bisa dicoba agar cepat cair. Simak detailnya:

1. Ajukan Pinjaman ke Bank Terdekat

cara-mengajukan-pinjaman-dana-tunai

Ajukan pinjaman ke Bank terdekat

Selain digunakan sebagai tempat untuk menabung, bank sering menjadi lembaga rujukan untuk melakukan kredit uang. Secara umum, bank menyediakan dua jenis pinjaman yang bisa kamu pilih, yaitu KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau KMG (Kredit Multiguna).

Bila memilih KTA, maka kamu hanya perlu menyerahkan data diri tanpa jaminan barang berharga untuk mendapatkan pinjaman. Hanya saja dengan KTA, jumlah pinjamannya juga tidak bisa terlalu besar, karena tanpa jaminan berarti. Kemudian prosesnya juga tidak akan semudah itu, terlebih kalau kamu bukanlah pegawai kantoran bonafide atau pengusaha besar.

Ada pula pilihan mengajukan dana tunai di Bank lewat layanan KMG. Hanya saja di sini mengharuskan kamu untuk menyerahkan aset penting seperti surat tanah, mesin, dan deposito sebagai jaminan.

2. Jaminan BPKB di Dana Tunai MOFI

Kalau mau lebih praktis tanpa perlu datang ke lokasi bank, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai cepat cair lewat MOFI. Cara mengajukan pinjaman dana tunai di sini adalah menjaminkan BPKB mobil di MOFI. Kelebihannya, pengajuan bisa dilakukan sewaktu-waktu secara online, tenor sangat fleksibel, syarat yang mudah, dan proses persetujuannya dilakukan secara cepat.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan Dana Tunai MOFI? Salah satunya adalah kamu harus punya BPKB mobil terlebih dahulu. Setelah itu barulah bisa mendapat pinjaman yang cepat cair. Berikut syarat dan langkahnya:

Syarat Mendapat Pinjaman Dana Tunai MOFI

  • KTP asli yang masih berlaku
  • BPKB mobil asli, NPWP serta mengisi form yang sudah tersedia di website mofi.id.
  • Mobil tahun 2004 ke atas (passenger)
  • Mobil tahun 2005 ke atas (komersil)
Baca juga  Gadai BPKB Mobil: Cara, Syarat, dan Rekomendasi Terbaiknya

Cara Mengajukan Pinjaman Dana Tunai MOFI

Untuk bisa mendapatkan dana cepat dari Dana tunai MOFI, ada beberapa langkah yang wajib Kamu ikuti. Diantaranya adalah:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi form yang ada di website https://mofi.id/form . Di sini kamu akan diminta mengisi data seperti merek kendaraan, model kendaraan, varian kendaraan, tahun pembuatan, plat nomor kendaraan dan jenis BPKB (atas nama sendiri atau orang lain).
  • Setelah itu, calon nasabah juga diwajibkan mengisi form jumlah pinjaman yang diinginkan, tenor pinjaman, serta memilih lembaga pembiayaan yang diinginkan.
  • Nah, setelah mengisi form jumlah pinjaman yang diinginkan, langkah selanjutnya kamu akan diminta mengisi detail data diri dan alamat sesuai dengan KTP

Setelah form diisi dengan data yang lengkap dan sesuai, selanjutnya data tersebut akan direview dan diproses oleh team profesional MOFI. Yang nantinya team MOFI akan menghubungi calon nasabah dihari yang sama saat pengajuan melalui website untuk memastikan keabsahan data yang sudah diinput serta nominal dana yang diinginkan.

Kemudian, setelah calon nasabah setuju maka team Moladin akan mendatangi tempat tinggal calon nasabah untuk mengambil BPKB mobil serta mendokumentasikan mobil atau sepeda motor yang sesuai dengan data di BPKB. Mulai dari jenis mobil, warna, nomor mesin, nomor rangka, serta pelat nomor mobil atau sepeda motor.

Oh ya, team MOFI juga akan memberikan surat perjanjian/dokumen yang harus ditanda tangani oleh calon nasabah. Adapun dokumen atau surat perjanjian itu ada 2, satu disimpan oleh calon nasabah, dan 1 disimpan oleh team Moladin.

Jika semua sudah selesai, maka calon nasabah tinggal menunggu dana yang akan segera ditransfer oleh MOFI. Menariknya, dana tersebut akan ditransfer tidak lebih dari 3 hari setelah dokumen lengkap, sesuai dan sudah diproses.

Kelebihan Dana Tunai MOFI

  • Rate bunga bersaing

Dana Tunai di MOFI mempunyai kelebihan rate bunga yang bersaing. Saat ini rate bunga Dana Tunai di MOFI adalah 0,9%. Berbeda dengan lembaga pembiayaan lain yang rate bunganya bisa sampai di atas 1,5%.

  • Cover area sudah nasional

Selanjutnya, Dana Tunai MOFI juga sudah mempunyai jaringan cover area atau cakupan wilayah yang sudah nasional. Sehingga tidak menjadi masalah domisili Kamu  dimana saja, Kamu bisa dengan mudah mendapatkan dana tunai secara cepat.

Baca juga  4 Pilihan Pinjaman Tenor Panjang Resmi OJK

Saat ini MOFI sudah tersebar di 10 regional, 38 area office, dan 257 cabang. Mulai dari Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Banten Jakarta, Jawa Barat, Bogor, Bekasi, Jawa Tengah, Jawa TImur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, serta Indonesia Timur (Ambon, Sorong & Merauke).

  • Dilayani oleh team profesional

Selain jangkauan wilayah yang sudah mencakup Nasional, team Dana Tunai MODI juga memiliki SDM yang profesional. Dimana team MOFI akan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan Kamu serta membantu apabila BI Checking kurang bagus.

Selain itu, team profesional Dana Tunai MOFI juga akan membantu mengarahkan lembaga pembiayaan atau leasing yang sesuai, jumlah pinjaman yang disesuaikan kebutuhan, tenor cicilan, dan hal lainnya.

  • Proses pencairan uang 1 hari kerja

Kelebihan selanjutnya dari Dana Tunai MOFI adalah proses pencairan dana yang cepat, yaitu 1 sampai 3 hari kerja. berebeda dengan lembaga pembiayaan lain yang pencairan dana cukup memakan waktu yang lama, sekitar 7 hari atau satu minggu.

  • Pencairan dana hingga 95%

Berbeda dengan lembaga pembiayaan lain yang pencairan dana hanya 50 sampai 75 persen, pinjaman online Dana Tunai MOFI mempunyai kelebihan pencairan dana hingga 95%. Jadi Kamu bisa mendapatkan dana cepat dengan jumlah yang maksimal sesuai dengan kebutuhan.

  • Tenor kredit sampai 4 tahun

Selain dana cepat cair, Dana Tunai di MOFI juga menawarkan tenor cicilan kredit yang panjang, yaitu cicilan kredit sampai 3 tahun untuk sepeda motor dan 4 tahun untuk mobil. Jelas saja, hal ini akan memudahkan Kamu untuk mengatur cash flow selama masa kredit berjalan.

3. Menarik Tunai dari Kartu Kredit

cara-mengajukan-pinjaman-dana-tunai

Tarik Tunai dari Kartu Kredit

Bila kamu membutuhkan dana tunai guna memenuhi kebutuhan konsumtif, membuat kartu kredit bisa jadi jawabannya. Setelah pengajuan kartu kredit disetujui, maka kamu akan menerima kartu fisik dengan nominal limit yang telah ditentukan oleh bank. Selama limit bulanan masih ada, kamu bebas menggunakan kartu tersebut untuk bertransaksi.

Jika kamu yang hobi bepergian, melakukan pemesanan pesawat atau hotel menggunakan kartu kredit bisa jadi lebih murah karena tersedia promo khusus bagi pengguna kartu kredit. Selain itu, kartu kredit juga memudahkan kamu untuk belanja barang yang dikirim dari luar negeri.

Baca juga  5 Tips Mengajukan Dana Pinjaman BKPB Agar Mudah Disetujui

Saat memerlukan uang tunai untuk membayar transaksi yang bersifat konvensional, selama masih ada sisa limit, maka kamu bisa melakukan tarik tunai di ATM yang berlogo Visa atau Mastercard. Namun begitu, bunga yang dikenakan cukup tinggi, setiap penarikan tunai bisa di atas 3 persen.

4. Menjaminkan Aset Berharga

cara-mengajukan-pinjaman-dana-tunai

Menjaminkan Aset

Kamu punya aset berharga seperti perhiasan, laptop, rumah atau surat penting seperti deposito? Kalau begitu, kamu bisa menggunakan salah satunya sebagai aset berharga untuk dijaminkan. Salah satu lembaga yang menyediakan layanan menjaminkan aset adalah Pegadaian.

Lalu, berapa jumlah plafon pinjaman yang akan kau dapatkan dari menjaminkan barang? Hal ini tergantung dari nilai barang yang kamu berikan sebagai jaminan. Semakin mewah dan bernilai jaminannya, maka plafon pinjamannya pun turut meningkat.

5. Pinjam Uang Lewat Teman

5 1

Dapatkan pinjaman lewat teman

Meminjam dana tunai dari teman menjadi pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan. Salah satu keunggulan dari cara ini adalah kamu tidak akan dikenakan bunga seperti empat cara sebelumnya.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa melunasinya kapan saja. Saat meminjam, sebaiknya kamu memberikan tanggal pasti kapan uang tersebut akan dikembalikan. Pasalnya, bisa saja teman membutuhkan dana yang kamu pinjam suatu hari nanti.

Setelah menetapkan tanggal jatuh tempo, usahakan kamu tidak ingkar janji untuk mengembalikannya tepat waktu. Bila telat atau bahkan lupa bayar, maka hal tersebut bisa merusak tali pertemanan kamu.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Sudah menentukan cara mana yang kamu pilih? Bila demikian, jangan lupa siapkan berkas-berkas yang diperlukan dan ikuti seluruh prosedurnya untuk menghindari risiko pengajuan pinjaman dana ditolak.

Buat kamu yang inginkan dana tunai dengan cepat, caranya  gampang banget. Cukup klik melalui link ini Prosesnya mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika