by

5 Cara Mengajukan Pinjaman Dana Tunai

Saat membutuhkan dana cepat, mengajukan pinjaman dana tunai tampaknya bisa menjadi solusi yang tepat. Buat Anda yang belum pernah melakukan pinjaman, namun sedang dalam kondisi mendasar, berikut 5 cara mengajukan kredit uang tunai yang bisa Anda coba. Seperti apa langkah yang harus ditempuh? Berikut penjelasannya.

 

1. Mengajukan Pinjaman ke Bank Terdekat

cara-mengajukan-pinjaman-dana-tunai
Ajukan pinjaman ke Bank terdekat

Selain digunakan sebagai tempat untuk menabung, bank sering menjadi lembaga rujukan untuk melakukan kredit uang. Secara umum, bank menyediakan dua jenis pinjaman yang bisa Anda pilih, yaitu KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau KMG (Kredit Multiguna).

Bila memilih KTA, maka Anda hanya perlu menyerahkan data diri tanpa jaminan barang berharga untuk mendapatkan pinjaman. Sebaliknya, KMG mengharuskan Anda untuk menyerahkan aset penting seperti surat kendaraan bermotor, surat tanah, mesin, dan deposito sebagai jaminan.

Selain dua produk tersebut, kini sudah banyak inovasi produk kredit yang disediakan oleh bank. Bila Anda mengajukan pinjaman di Mandiri beberapa produk kredit yang akan Anda temukan adalah Kredit Serbaguna Mandiri, Kredit Kepemilikan Rumah, kredit kendaraan bermotor, dan Kredit Multiguna. Sementara di Danamon, pilihan produk pinjaman yang tersedia adalah KTA Dana Instant, Kartu Kredit Danamon, dan Pendanaan Otomotif.

Baca juga  5 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Bisa Diandalkan Saat Mendesak

 

2. Melakukan Pinjaman Online

1 10
Lakukan pinjaman online

Kalau mau lebih praktis tanpa perlu datang ke lokasi bank, Anda bisa mengajukan pinjaman dana tunai secara online. Bagi Anda yang belum pernah melakukan pinjaman online pasti bertanya-tanya soal kredibilitasnya. Ya, di balik kemudahan yang ditawarkan pinjaman online, tentu ada konsekuensi yang harus dibayar.

Karena segala transaksi dilakukan secara daring, termasuk menyerahkan dokumen pribadi, maka mau tak mau Anda memberikan kewenangan kepada pihak lain untuk mengakses data diri Anda.

Meski begitu, tidak semua pelaku kreditur online bisa menyelewengkan data nasabah. Supaya lebih aman, Anda bisa memilih pinjaman online yang mendapat izin beroperasi dari  OJK dan AFPI.

Adapun keuntungan dari pinjaman dana tunai secara online adalah pengajuan pinjamannya dapat dilakukan sewaktu-waktu, tenor sangat fleksibel, banyak pinjaman online yang menyediakan KTA, syarat yang mudah, dan proses persetujuannya dilakukan secara cepat.

 

3. Menarik Tunai dari Kartu Kredit

cara-mengajukan-pinjaman-dana-tunai
Tarik Tunai dari Kartu Kredit

Bila Anda membutuhkan dana tunai guna memenuhi kebutuhan konsumtif, membuat kartu kredit bisa jadi jawabannya. Setelah pengajuan kartu kredit disetujui, maka Anda akan menerima kartu fisik dengan nominal limit yang telah ditentukan oleh bank. Selama limit bulanan masih ada, Anda bebas menggunakan kartu tersebut untuk melakukan transaksi.

Baca juga  Ingin Ajukan Pinjaman Dana Tunai di Akulaku? Berikut 8 Caranya

Bagi Anda yang hobi bepergian, melakukan pemesanan pesawat atau hotel menggunakan kartu kredit bisa jadi lebih murah karena tersedia promo khusus bagi pengguna kartu kredit. Selain itu, kartu kredit juga memudahkan Anda untuk belanja barang yang dikirim dari luar negeri.

Saat memerlukan uang tunai untuk membayar transaksi yang bersifat konvensional, selama masih ada sisa limit, maka Anda bisa melakukan tarik tunai di ATM yang berlogo Visa atau Mastercard.

Baca juga;

 

4. Menggadaikan Aset

cara-mengajukan-pinjaman-dana-tunai
Gadaikan Aset

Anda punya aset berharga seperti perhiasan, laptop, kendaraan bermotor, atau surat penting seperti deposito dan BPKB motor/mobil? Kalau begitu, Anda bisa menggunakan salah satunya sebagai aset berharga untuk digadaikan. Salah satu lembaga yang menyediakan layanan gadai tepercaya adalah Pegadaian.

Lalu, berapa jumlah plafon pinjaman yang akan Anda dapatkan dari gadai barang? Hal ini tergantung dari nilai barang yang Anda berikan sebagai jaminan. Semakin mewah dan bernilai jaminannya, maka plafon pinjamannya pun turut meningkat.

Baca juga  Begini Cara Manasin Motor Agar Performa Tetap Maksimal

 

5. Mendapatkan Pinjaman Lewat Teman

5 1
Dapatkan pinjaman lewat teman

Meminjam dana tunai dari teman menjadi pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan. Salah satu keunggulan dari cara ini adalah Anda tidak akan dikenakan bunga seperti empat cara sebelumnya.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa melunasinya kapan saja. Saat meminjam, sebaiknya Anda memberikan tanggal pasti kapan uang tersebut akan dikembalikan. Pasalnya, bisa saja teman Anda membutuhkan dana yang Anda pinjam suatu hari nanti.

Setelah menetapkan tanggal jatuh tempo, usahakan Anda tidak ingkar janji untuk mengembalikannya tepat waktu. Bila telat atau bahkan lupa bayar, maka hal tersebut bisa merusak tali pertemanan Anda.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Sudah menentukan cara mana yang Anda pilih? Bila demikian, jangan lupa siapkan berkas-berkas yang diperlukan dan ikuti seluruh prosedurnya untuk menghindari risiko pengajuan pinjaman dana ditolak.

Buat Anda yang inginkan dana tunai dengan cepat, caranya  gampang banget. Cukup klik melalui link ini Prosesnya mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru