Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan, Mana yang Paling Nyaman?

by Tigor Sihombing
Komparasi CR-V Hybrid

Masih dalam rangkaian pengujian menyeluruh atau komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan.

Ketiga mobil ini merupakan SUV kelas menengah, yang menjadi salah satu segmen paling populer di Indonesia.

Untuk harga komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan memang tergolong premium. Jika CR-V 2.0L RS eHEV dijual dengan harga Rp 805.000.000, Hyundai Santa Fe dibandrol Rp 736.800.000, dan VW Tiguan Allspace dipasarkan seharga Rp 854.000.000.

Moladin sendiri telah membandingkan ketiga mobil ini melalui berbagai metode pengujian.

Berikut ini adalah hasil pengujian dari komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan terkait uji nanjak, adu spesifikasi mesin, drag race, uji kenyamanan, dan tes body roll.

Tiguan dan Santa Fe Sulit Nanjak

Komparasi CR-V Hybrid

Mobil pertama, VW Tiguan dengan traction control On, tidak dapat menanjak pada titik tanjakan tertinggi 21 derajat. Roda berputar di tempat seperti kehilangan traksi.

Untuk pengujian pertama, pada komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan ini ialah membandingkan ketiga mobil ini dalam tes uji nanjak.

Kali ini masing-masing mobil diisi oleh 5 orang penumpang dengan berat rata-rata 90 kg.

Mobil pertama, VW Tiguan dengan traction control yang menyala, tidak dapat menanjak pada titik tanjakan tertinggi 21 derajat. Roda berputar di tempat seperti kehilangan traksi.

Baca juga  Sejarah Hyundai Santa Fe, Sudah 4 Generasi

Hingga dilakukan pengujian berikutnya dengan menggunakan momentum, mobil Jerman yang dirakit lokal di Indonesia tersebut bisa menanjak tanpa hambatan.

Berikutnya adalah pada Hyundai Santa Fe. Dengan metode yang sama, mobil juga tidak bisa menanjak, namun setelah mengedepankan momentum, alias mobil mengambil ancang-ancang dari bawah, barulah mobil bisa menanjak tanpa hambatan berarti.

Sedangkan pada Honda CR-V tanpa kendala mobil bisa menanjak, tanpa ban melakukan spin di titik tertinggi tanjakan 21 derajat.

Spesifikasi Mesin Komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan

Komparasi CR-V Hybrid

Kini waktunya membedah jantung pacu dari ketiga SUV Jepang, Jerma dan Korea Selatan ini.

VW Tiguan memiliki kubikasi mesin paling kecil yakni 1.4L DOHC 4 Silinder Turbo. Model ini memiliki torsi 250 Nm dengan tenaga 150 hp yang disokong dengan transmisi 6 percepatan.

Sedangkan Honda CR-V mengusung mesin 2.0L 4 Silinder DOHC Hybrid. Dapun torsinya gabungan antara konvensional dan motor listrik menghasilkan 335 Nm, dengan tenaga 207 hp, transmisi CVT.

Sedangkan Hyundai Santa Fe menggunakan mesin diesel Turbo 4 silinder, dengan torsi 440 Nm, bertenaga total 202 hp, didukung dengan transmisi 8 percepatan.

Drag Race, Honda CR-V Hybrid Dominan

Komparasi CR-V Hybrid

Dengan power yang paling besar tidak heran jika CR-V Hybrid yang terkencang di pengujian ini.

Untuk hasil drag race pada komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan kami akan mengadu ketiga mobil dalam 2 parameter.

Baca juga  Hyundai Santa Fe Baru Sudah Mendarat di Indonesia, Bakal Segera Rilis ?

Pertama ialah drag race atau uji akselerasi dengan jarak 201 meter. Hasilnya Hyundai Santa Fe sukses mencatatkan waktu tercepat 10.3 detik, di bawahnya Honda CR-V hybrid 10.6 detik dan VW Tiguan Allspace 11 detik.

Sedangkan untuk akselerasi dari 0-100, Honda CR-V hybrid tampil agresif dengan raihan 8.2 detik, Santa Fe 8.6 detik, Tiguan Allspace 10 detik.

Konsumsi BBM

Komparasi CR-V Hybrid

Sedangkan hasil konsumsi BBM pada pengujian dalam kota dengan kondisi jalan stop-and-go Santa Fe menghasilkan angka 12,8 km/liter. VW Tiguan 12,2 km/liter dan CR-V 18,3 km/liter.

Sedangkan pengujian tol dengan kondisi jalan lancar Hyundai Santa Fe menghasilkan angka 19,8 km/liter. Tiguan 18,6 km/liter dan Honda CR-V 17,7 km/liter.

Kabin Honda CR-V Paling Senyap, Suspensi Santa Fe paling nyaman

Berikutnya tidak lengkap rasanya jika perbandingan CR-V Hybrid VS Santa-Fe VS Tiguan tidak menyentuh soal kenyamanan.

Ketiga mobil ini sudah Moladin uji dengan membandingkan kebisingan kabin, suspensi, dan uji body roll.

Dibanding ketiganya, Santa Fe memiliki kekurangan deru mesin yang terdengar hingga ke kabin. Maklum, dari ketiga mobil ini hanya Santa Fe yang menggunakan mesin diesel.

Namun, deru ini tidak lebih bising dibanding mobil diesel lainnya seperti Fortuner dan Pajero Sport.

Baca juga  Peluncuran Hyundai Santa Fe Terbaru, 7 April 2021

Untuk kebisingan kabin dengan melalui uji jalan dengan kecepatan 30 km/jam, Santa Fe mencatatkan angka kebisingan 72,8 desibel.

Untuk suspensi terbilang empuk, interior semakin nyaman dengan balutan material full kulit.

Sedangkan pada Honda CR-V hybrid, tentu saja kalah kalau berbicara bantingan suspensi dibandingkan dengan Santa Fe. Jok pada CR-V juga terasa keras dan tidak ada pendinginan seperti dimiliki Santa Fe.

Soal kebisingan, Honda CR-V sedikit lebih senyap dengan menghasilkan 69 desibel di dalam kabin.

Pada VW Tiguan, jok juga terasa keras, hampir sama dengan CR-V lantaran ergonomi jok juga terasa rata tidak melekat pada bagian belakang tubuh.

Pun dengan bantingan suspensi Tiguan yang cukup keras meski lebih toleran dibanding bantingan suspensi CR-V. Untuk kebisingan VW Tiguan, model ini mencatatkan hasil 70,3 desibel.

Body Roll

Komparasi CR-V Hybrid

Berikutnya, Moladin mencoba menguji limbung alias body roll.

Pengujian ini bisa menjadi salah satu indikator mobil mana yang paling stabil dalam melibas manuver tikungan.

Pada kecepatan 30 km/jam hasilnya, mobil VW Tiguan adalah mobil yang paling minim limbung dengan menghasilkan 1.8 derajat, lalu ada Santa Fe 2.1 derajat, dan Honda CR-V hybrid adalah mobil yang paling limbung dengan menghasilkan angka 2.4 derajat.

Demikian ulasan terkait Komparasi CR-V Hybrid VS Santa-Fe VS Tiguan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika