Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Biaya Service Mobil Berkala, Perbaikan, dan Tune Up

by Tigor Sihombing
biaya service mobil

Kali ini Moladin akan menyampaikan biaya service mobil. Buat yang belum tahu, service mobil sendiri umumnya terdiri dari dua jenis: service mobil berkala dan service mobil perbaikan.

Service mobil berkala biasanya mengacu pada kegiatan perawatan seperti mengganti oli, pengecekan filter udara, pengecekan rem, pengecekan sistem injeksi, dan sebagainya.

“Servis bekala pada mobil-mobil baru umumnya hanya meliputi pengecekan dan pergantian komponen parts fast moving, seperti kampas rem dan oli,” kata Warno mekanik senior dari bengkel Eka Jaya Motor, di bilangan Asem Baris Tebet.

Maka dari itu service berkala sejatinya adalah ritual wajib yang harus dilakukan oleh para pemilik mobil. Karena dengan malakukan service berkala kita dapat mendiagnosis kerusakan kendaraan secara dini. Selain itu pemilik juga bisa langsung memperbaiki bagian yang rusak sebelum semakin parah.

Dengan melakukan diteksi dan perbaikan dini tentunya bisa meminimalkan pengeluaran, lantaran komponen parts mobil belum rusak parah atau merembet pada komponen lainnya.

Lalu kapan waktu yang terbaik untuk mobil melakukan service? Warno mengatakan untuk service mobil umumnya pada kelipatan 10.000 – 15.000 Km.

“Kalau mobil baru biasanya menurut buku panduan diulai dari 1.000 km pertama, lalu di kelipatan 10.000 pertama selama 6 bulan,” tambahnya.

Sedangkan service mobil perbaikan biasanya terjadi karena kerusakan, misal AC sudah tidak dingin, body pengok akibat tabrakan, atau sampai kelistrikan dan komponen-komponen mesin bermasalah.

Penting untuk mengetahui biaya service mobil berkala dan perbaikan, utamanya untuk kamu yang mau melakoni perjalanan jauh seperti mudik 2023. Di mana sebelum berkendara, ada baiknya memeriksakan lebih dulu kendaraan. Hal ini tentu untuk mencegah resiko mobil rusak ketika di perjalanan.

Baca juga  Bengkel Cat dan Bodi Mitsubishi Hadir di Karawang, Harga Miring!

Dengan mengetahu besaran ongkos servis mobil, kamu juga jadi bisa memprediksi, kira-kira berapa uang yang akan dikeluarkan untuk membuat mobil kamu prima melakoni kegiatan mudik. Berikut bahasan lengkapnya:

Harga Umum Service Berkala

biaya service mobil

Layanan bengkel resmi Daihatsu

Untuk biaya service mobil sendiri beragam harganya. Mengacu pada diler Auto2000, misal untuk Toyota Avanzda dan Veloz baru di 10.000 km atau 6 bulan pertama umumnya gratis untuk biaya jasanya, sedangkan biaya penggantian oli mesin, filter oli, gasket serta spooring balancing ada dikisaran Rp 530 ribuan.

Untuk biaya servis Avanza dan Veloz baru di 20.000 km sampai 30.000 km masih sama dengan 10.000 km pertama. Gratis jasa dan peggantian beberapa komponen seperti sebelumnya yang menela biaya kisaran Rp 530 ribuan.

Untuk biaya servis mobil di 40.000 km kisaran biayanya kisaran Rp 1,3 juta dengan cakupan penggantian oli mesin TMO, filter oli, gasket, minyak rem, filter udara, oli gardan, dan oli transmisi. Menariknya, untuk biaya jasa masih gratis.

Biaya servis Avanza Veloz baru di 50.000 km lebih murah dari servis 40.000 km. Atau sama dengan servis di 10 ribu sampai 30 ribu km yaitu kisaran Rp 530 ribuan. Begitu juga dengan penggantian komponennya, masih sama, seperti oli mesin, filter oli, gasket serta spooring balancing.

Baca juga  Mobil Chevrolet Kena Recall di Indonesia, Soal Airbag!

Selanjutnya service 60 ribu km sama dengan servis sebelumnya, tapi namun ada tambahan biaya tune up. Sehingga biaya totalnya kisaran Rp 1,1 jutaan

“Untuk biaya servis di 70 ribu km biayanya hampir sama dengan servis sebelumnya. Sementara memasuki 80 ribu km biaya servisnya kisaran Rp 2,3 jutaan. Sebab selain penggantian oli mesin, gasket, filter oli serta spooring balancing, oli gardan dan oli transmisi juga diganti serta beberapa part lain yang akan kita cek dahulu kondisinya,” kata Irvan , Servis Advisor diler Toyota di Tangerang Selatan.

Harga Umum Service Perbaikan

biaya service mobil

Ekspedisi Oto salah satu rekomendasi bengkel kaki-kaki di Jakarta Pusat

Berikutnya adalah harga umum service perbaikan atau general service, misal adalah kerusakan kaki-kaki. Biasanya penyakit ini dialami oleh mobil yang sudah habis masa garansinya atau di atas 3 tahun.

Di bengkel resmi tentunya lebih mahal di banding bengkel umum atau spesialis. Hal ini karena di bengkel resmi, bila ada shockbreaker yang bocor pasti akan diganti baru bukan diperbaiki. Tidak hanya shock, seperti ball joint dan tie rod, jika rusak juga harus mengalami pergantian 

Untuk harganya, misal pada Avanza jasa pergantian shock di kisaran Rp 250 – 400 ribu. Sedangkan harga shock barunya berkisar Rp 850 – 950 ribu. Lalu untuk shock belakang Avanza harganya mulai Rp 450 ribu per itemnya. 

Selain suspensi, bushing yang ada di bagian kaki-kaki juga wajib mendapat perhatian khusus. Jika sudah rusak, biaya pergantian bushing arm roda belakang ditaksir mencapai Rp 300 ribuan. Sedangkan tie road original Avanza, di market place di pasarkan sekitar Rp 340 ribuan. Untuk model Toyota Avanza lawas rakitan 2012-2016.

Baca juga  Hyundai Gratiskan Uji Emisi Semua Merek Mobil, Tertarik?

Ball joint Toyota Avanza original dipatok pada kisaran Rp 90 – 150 ribuan. Link stabilizer Toyota Avanza jika harus diganti, biaya originalnya berkisar muilai Rp 40 ribuan.

Kalau menurut kamu kemahalan, bisa coba cek bengkel spesialis untuk perbaikan kaki-kaki, pastilah harganya lebih murah. Misal di bengkel Feri Creative Shockbreker di bilangan Joglo Jakarta Barat. Sang pemilik bengkel, Feri Rahman mengatakan untuk servis shockbreaker rekondisi biasa, harga mulai Rp 275 ribu sampai 500 ribu per pasang. Hal tersebut sudah termasuk garansi 1 tahun. Jadi, konsumen tidak perlu mengganti shock.

Biaya Tune Up Mobil

tune up mobil 2

Dengan tune up mobil, kamu memastikan kendaraan dalam kondisi prima

Nah kalau tune up mobil hanya meliputi urusan mesin saja. Biasanya tune up dilakukan untuk mengembalikan mesin ke performa semula. Atau bahkan, kita bisa request untuk membuat mobil lebih kencang. Tapi tentu, ada harga yang harus dibayar.

“Untuk tune up jika sudah termasuk oli biaya jasanya berkisar Rp 500 – 900 ribuan. Harga tersebut di luar biaya penggantian suku cadang. tutup Warno.

Demikian ulasan biaya service mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika