Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mitsubishi Triton Tabrak Pesawat, Ingat lagi Wacana Triton Baru Untuk Pasar Indonesia

by Tigor Sihombing
MItsubishi Triton tabrak mesin pesawat Airbus A320 milik maskapai Jetstar

Kejadian cukup aneh menimpa sebuah pikap kabin ganda Mitsubishi Triton yang diketahui salah belok dan menabrak pesawat di bandara internasional Sydney, Australia.

Kejadian Mitsubishi Triton gen 4 menabrak Airbus A320 milik maskapai Jetstar ini terjadi saat pesawat sedang ditarik ke gerbarata.

Tak diduga pikap milik armada keamanan bandara tersebut menabrak salah satu bagian mesin pesawat sebelah kanan sehingga ditaksir menimbukan kerugian sekitar AU$500.000 (Rp 5,2 miliar).

Peristiwa ini sendiri diketahui terjadi pada Senin (22/1) sekitar pukul 05.30 waktu setempat. Penyebab kecelakaan belum diketahui dan saat ini tengah dalam penyelidikan meski beruntungnya tidak ada korban luka serius dan beberapa penerbangan harus dibatalkan.

Kabin Remuk, Sopir Sempat Terjepit

Mitsubishi Triton tabrak pesawatFoto yang diambil setelah kejadian tersebut memperlihatkan kaca depan sebelah kanan Triton pecah membuat bentuk kabin menjadi rusak akibat terjepit di bagian bawah mesin kanan pesawat.

Suspensi depan tampak melengkung akibat tertimpa beban yang cukup berat, dan ban tampak kempis.

Mengutip Sydney Morning Herald berdasarkan data dari memo internal untuk staf Jetstar, saat kejadian terjadi pengemudi Triton terjebak di dalam kendaraan yang dinaikinya.

Baca juga  5 Fakta Menarik Mitsubishi Xpander Black Edition

Sang pengemudi lantas dirawat oleh paramedis di lokasi kejadian sebelum dibawa ke Rumah Sakit Prince of Wales untuk perawatan luka ringannya.

Beruntung, juru bicara Bandara Sydney mengkonfirmasi bahwa tidak ada cedera serius yang terjadi. Kecelakaan ini terjadi selama proses penarikan pesawat menuju gerbang, sehingga tidak ada penumpang di dalam pesawat saat kejadian.

Penerbangan JQ760 maskapai Jetstar seharusnya berangkat dari Sydney ke Adelaide pada pukul 06.40 pagi harus dibatalkan.

Update peluang Mitsubishi Triton Baru Mengaspal di Indonesia

Peluncuran Mitsubishi Triton Terbaru - eksterior jmsMitsubishi Triton yang terlibat kecelakaan dengan pesawat tersebut diyakini merupakan Triton generasi 4. Membuktikan jika Australia adalah pasar empuk bagi mobil-mobil pikap kabin ganda.

Termasuk bagi kehadiran Mitsubishi Triton baru generasi 6 yang sudah diperkenalkan Mitsubishi di negeri Kanguru tersebut pada awal Desember 2023. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Kami refleksi sejenak saat tim Moladin menghadiri undangan Mitsubishi ke Japan Mobility Show 2023 lalu. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) secara gamblang memberi kabar jika Triton baru juga siap dihadirkan pada pertengahan tahun 2024, kemungkinan besar di event GIIAS yang dihelat 18-24 Juli 2024.

Baca juga  5 Alasan Beli Xpander Cross, Mobil Keluarga yang Nyaman!

“Saat ini kami masih terus berdiskusi mengenai peluang itu, termasuk menentukan momentum yang tepat untuk perkenalan Triton terbaru di pasar internasional. Kemungkinan pertengahan tahun depan (dijual di Indonesia) dan masih didiskusikan,” terang Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation, Katsuo Nakamura setelah melakukan press conference pengenalan Mitsubishi D:X Concept di JMS 2023 (26/10).

eksterior Mitsubishi Triton Gen-6 tampak belakang

Triton tampak belakang

Bicara Mitsubishi Triton terbaru sendiri mobil ini cukup istimewa karena sudah memenangkan penghargaan Good Design Award 2023 yang diselenggarakan oleh Japan Institute of Design Promotion. Salah satu ubahan yang paling unik ialah kehadiran ventilator pendingin udara di bagian atap mobil. Hal ini diharapkan dapat membuat suhu kabin lebih merata dan menambah kenyamanan penumpang belakang.

Untuk dimensinya, Triton baru memiliki panjang 5.320 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 3.130 mm. Jika dibandingkan dengan Triton model lama, dimensinya lebih panjang 55 mm, lebih lebar 115 mm, lebih tinggi 35 mm, termasuk ruang kabinnya lebih luas 50 mm.

mesin mitsubishi triton gen-6 4N16

Mesin Triton Gen-6 berkode 4N16

Untuk jantung pacunya, Mitusbishi All New Triton bakal pakai mesin diesel baru berkode 4N16. Jantung mekanis itu berkapasitas 2.442 cc yang dilengkapi dengan intercooled turbocharged dan teknologi DOHC. Di atas kertas, performanya paling buas bisa menghasilkan tenaga 204 PS pada 3.500 rpm dan torsi 470 Nm pada 1.500-2.750 rpm

Baca juga  3 Kelebihan Mitsubishi Triton, Bisa Reli dan Tangguh di Tambang!

Tersedia pula pilihan output yang lebih rendah  untuk Triton terbaru dengan mesin yang sama. Opsinya ada torsi 430 Nm pada 2.250-2.500 rpm dan tenaga 184 PS pada 3.500 rpm. Lalu yang paling rendah memiliki tenaga 150 PS pada 3.500 rpm dan torsi 330 Nm pada 1.500-3.000 rpm.Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika