Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid, Mesin 2.000 cc Bisa Irit?

by Firdaus Ali
Konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid

Banyak yang penasaran mengenai konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid 2023. Sebab, mobil SUV 5-seater ini digadang-gadang punya tenaga yang cukup besar, namun tetap irit bensin. Bahkan Honda mengklaim penggunaan BBM di CR-V Gen-6 bisa seirit Honda Brio, benarkah demikian?

Untuk membuktikannya, kami melakukan review konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid di Bali. Perjalanan yang kami lakukan menempuh jarak sekitar 61 kilometer, mulai dari wilayah Nusa Dua – Gianyar – Benoa, dan kembali ke Nusa Dua. Jalurnya beragam, ada yang melewati jalanan kota dengan kondisi macet, jalan tol serta wilayah dengan kontur jalan yang menanjak dan turunan.

Pihak PT HPM (Honda Prospect Motor) mengklaim telah menguji secara internal angka irit CR-V RS terbaru dengan rute yang sama dan meraih angka 25 km/liter. Nah, dalam acara Media Test Drive Honda CR-V Hybrid di Bali, pihak HPM mengajak beberapa awak media termasuk Moladin untuk membuktikannya.

Dengan catatan, review BBM untuk CR-V Hybrid ini dilakukan dengan kondisi normal. Artinya kami berkendara seperti biasa, membawa penumpang, serta melewati jalanan umum dengan AC aktif. Soal kecepatan mobil, bila lalu lintas padat tentu lajunya perlahan, sementara pedal gas diinjak dalam saat jalan lengang.

Baca juga  Hyundai AX1, Calon Rival Rocky dan Raize

Penasaran seberapa irit konsumsi BBM CR-V Hybrid dari hasil review yang Moladin lakukan di Bali? Berikut bahasan lengkapnya:

Sistem e:HEV Bikin CR-V Hybrid Jadi Irit

Konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid

Sistem e:HEV punya 3 mode berkendara yang bikin CR-V Hybrid jadi irit BBM

Honda CR-V Hybrid pakai mesin bensin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadukan dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Perjalanan awal kami adalah menuju Tlaga Singha yang berlokasi di Gianyar dari Pantai Pandawa, dengan jarak perjalanan 39 kilometer. Selama melewati jalan perkotaan, kami banyak menemukan kemacetan. Namun untungnya CR-V Hybrid ini sudah dibekali dengan teknologi sistem e:HEV, memiliki 3 mode berkendara yaitu EV Mode, Hybrid Mode, dan Engine Mode yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan beban mesin.

Dalam kecepatan rendah dibawah 60 km/jam saat melewati kemacetan, motor elektrik milik CR-V Gen-6 ini yang lebih banyak bekerja, sehingga konsumsi bensin menjadi hemat. Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid di mana mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Baca juga  3 Bocoran Toyota Fortuner 2.8 Liter, Terbuas!

Sementara ketika berkendara dalam kecepatan tinggi, melewati jalan tol Mandara, sistem e:HEV di CR-V terbaru akan menggunakan mode Engine Drive, Ini berarti, mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Dari Tlaga Singha Gianyar, perjalanan dilanjutkan menuju Bali Hai Cruise yang berada di daerah Tanjung Benoa. Perjalanan dari Gianyar menuju Tanjung Benoa memiliki jarak kurang lebih sejauh 23 kilometer, dimana perjalanan ini melewati jalanan naik turun dan perkampungan. Lalu, kami melanjutkan perjalanan ke Hotel Renaissance di daerah Nusa Dua sebagai tempat terakhir untuk melihat hasil uji konsumsi BBM Honda CR-V terbaru.

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid mencapai angka 16,3 km/liter. Memang cukup jauh dari klaim HPM yaitu 25 km/liter. Beberapa rekan media di mobil lain, bisa mencapai catatan irit 21 km/liter dan ada juga yang 14,6 km/liter. Perbedaan hasil konsumsi BBM CR-V Hybrid itu tentunya juga disebabkan beberapa faktor, seperti gaya berkendara serta rute yang dipilih dan jarak tempuh.

Baca juga  Review Honda City Hatchback RS, Canggih tapi Mahal!

Setidaknya, kita jadi bisa tahu, bahwa konsumsi BBM rata-rata CR-V Gen-6 yang punya teknologi hybrid antara 14,6 km/liter hingga 25 km/liter tergantung cara berkendaranya. Kesimpulan, menurut kami dengan performa mesin yang mencapai 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335 Nm, namun punya angka irit bensin seperti itu, pastinya CR-V Hybrid adalah tunggangan istimewa.

Jadi wajar, jika penjualan CR-V Hybrid sudah mencapai lebih dari 2.261 SPK sampai pertengahan Oktober 2023. Ini membuktikan konsumen sudah percaya dengan kemampuan mobil hybrid. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika