by

7 Daftar Konsumsi BBM Motor Honda Matik, PCX Boros?

Konsumsi BBM motor Honda jenis matik kerap menuai pujian dari berbagai konsumen. Skuter pabrikan berlogo sayap terkenal irit, sehingga tidak membuat kantong jebol saat dipakai berkendara sehari-hari.

Salah satu alasan matik Honda irit adalah penggunaan mesin berteknologi eSP atau enhanced smart power. Jantung mekanis tersebut direkayasa sedemikian rupa agar mampu mengeluarkan performa optimal sekaligus konsumsi BBM yang hemat.

Ambil contoh Honda PCX 150, motor matik bongsor ini punya catatan konsumsi BBM hingga 45 Km/liter. Honda Beat lebih istimewa lagi, klaimnya 60,6 Km/liter

Lalu skutik Honda apa yang paling irit? Untuk jawabannya, simak tujuh daftar konsumsi BBM motor Honda matik berikut ini:

1. PCX 150 Tembus 45 Km/liter

kekurangan honda pcx 150
Kelebihan Honda PCX 150 ada di kapasitas tangki BBM yang besar.

Percaya atau tidak, konsumsi BBM motor Honda PCX 150 merupakan yang paling boros dibanding skutik berlogo sayap lain yang diproduksi di dalam negeri. Berdasarkan pengujian internal Honda menggunakan metode ECE R40, motor matik bongsor ini cuma bisa menghemat hingga 45 Km/liter.

Sebenarnya catatan tersebut tidak jelek. Hanya saja kalau dibandingkan dengan motor matik Honda lain, PCX 150 merupakan yang terboros di kelas 150 cc.

Kelebihan lain dari Honda PCX 150 dalam hal konsumsi BBM adalah kehadiran tangki bensin besar mencapai 8 liter. Hal ini sangat membantu ketika touring, karena pemilik motor jadi tidak terlalu sering mengisi bensin ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Jika dihitung secara kasar, dalam satu kali pengisian BBM secara full tank maka PCX 150 bisa melaju hingga 360 Km. Dengan kata lain touring Jakarta-Pekalongan tidak perlu isi bensin di perjalanan.

Baca juga  All New Honda PCX 150 Yang Bakal Jadi “WNI”

2. ADV 150 Mencapai 46,6 Km/liter

Honda ADV 150
Konsumsi BBM motor Honda ADV 150 ternyata lebih irit dibanding PCX 150.

Honda ADV 150 merupakan motor yang memiliki basis mesin serupa dengan PCX 150. Walau begitu ada beberapa perbedaan pengaturan. Alhasil motor matik petualang ini sanggup mengeluarkan torsi lebih besar.

Di atas kertas, mesin Honda ADV 150 punya torsi 13,8 Nm pada 6.500 rpm. Sementara PCX 150 cuma 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

Hal ini ternyata berpengaruh ke konsumsi BBM motor Honda ADV 150 jadi semakin irit. Klaim internal pabrikan berlogo sayap, catatannya mencapai 46,6 Km/liter.

3. Vario 150 Mampu Menghemat Hingga 46,9 Km/Liter 

konsumsi bbm motor honda vario 150
Honda Vario 150 irit karena punya bobot yang sangat ringan.

Kelas 150 cc, Vario 150 merupakan skutik yang paling irit. Bila menilik klaim Honda, konsumsi motor matik berbodi ringkas ini mencapai 46,9 Km/liter.

Apa yang membuat konsumsi BMM Honda Vario sangat irit? Salah satunya bobot ringan. Skutik ini cuma memiliki total berat 112 Kg. Dengan kata lain lebih ringan sekitar 20 Kg dibanding PCX dan ADV 150.

Hanya saja soal kekurangannya, tangki bahan bakar Vario 150 tidak sebesar motor matik 150 cc Honda yang lain. Pabrikan berlogo sayap cuma memberi 5,5 liter.

4. Vario 125 Punya Catatan Irit 51,7 Km/liter

vario 125
Honda Vario 125 merupakan satu-satunya motor matik Honda yang pakai mesin 125 cc.

Konsumsi BBM motor Honda Vario 125 juga cukup istimewa. Menilik klaimnya, skutik ini bisa menghemat sampai 51 Km/liter.

Ada dua penyebab Vario 125 bisa sangat irit. Pertama adalah kapasitas mesinnya cuma 125 cc, sehingga tidak membutuhkan Sebab kedua adalah bobotnya ringan, cuma 111 Kg.

Soal tangki bahan bakar, Honda Vario 125 tidak beda dari Vario 150 yang punya kaapsitas 5,5 liter. Dengan demikian, kalau tangki diisi penuh maka motor bisa melaju hingga 280,5 Km atau setara Jakarta ke Cirebon tanpa perlu isi bensin di perjalanan.

Baca juga  5 Perbedaan Honda CRF250 Rally Baru Vs Lama

5. Scoopy Capai Angka irit 59 Km/liter

honda scoopy
Meski pakai meisn eSP generasi lama, namun konsumsi BBM Scoopy terbilang irit.

Dengan mesin 110 cc, pastinya Scoopy jauh lebih irit dibanding motor matik Honda yang sudah disebutkan di atas. Hanya saja berapa angka konsumsi BBM-nya?

Klaim Honda, Scoopy bisa menghemat hingga 59 Km/liter. Angka yang sangat baik untuk sebuah motor matik ringkas. Ditambah lagi kapasitas tangki mencapai 4 liter, pastinya membuat kemampuan melajunya semakin istimewa.

Dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh, artinya Honda Scoopy bisa diajak berkendara hingga 236 Km. Catatan itu setara dengan Jakarta ke Cirebon.

6. Genio Mencatatkan 59,1 Km/liter

konsumsi bbm honda genio
Honda Genio punya basis mesin dan rangka yang serupa dengan Beat

Kelebihan Genio adalah teknologi mesin eSP terbaru. Di atas kertas punya kompresi lebih tinggi mencapai 10,0:1. Lalu karakter slindernya juga berlainan dengan eSP lama, kini pakai desain overstroke dengan panjang langkah lebih besar dari diameter. Spesifikasinya 47 mm x 63,1 mm.

Bobot Honda Genio pun lebih ringan 8 persen dibanding motor matik pabrikan berlogo sayap generasi sebelumnya, karena pakai rangka terbaru bernama eSAF. kelebihannya tidak lagi menggunakan model pipa, melainkan pelat baja. Alhasil desainnya lebih ringkas dengan total menghilangkan 34 komponen dibanding rangka motor matik Honda lama.

Kombinasi kedua hal tersebut menjadikan konsumsi BBM Honda Genio sangat irit. Klaimnya adalah 59,1 Km/liter

7. Honda Beat 60,6 Km/liter, Motor Matik Paling Irit

konsumsi bbm motor honda beat
Beat adalah motor matik paling irit

Dari semuanya, konsumsi BBM motor Honda Beat merupakan yang paling irit. Catatannya tembus 60,6 Km/liter, bahkan belum ada pabrikan lain yang berani mengklaim punya skutik lebih irit dari itu.

Baca juga  9 Pilihan Motor Touring 250cc yang Nyaman

Penyebab Honda Beat mampu menghemat BBM dengan baik adalah penggunaan basis yang serupa dengan Genio. Mesinnya sudah pakai teknologi eSP terbaru, begitu pula rangka telah menggunakan eSAF.

Lalu kalau basisnya sama, kenapa konsumsi BBM Honda Beat lebih baik dari Genio? Alasannya adalah pabrikan berlogo sayap memberi beberapa pengaturan berbeda di mesin Beat. Revisinya ada di air cleaner, sistem injeksi, hingga muffler. Alhasil motor matik sejuta umat ini meraih peringkat terbaik dalam menghemat bensin.

Mesin eSP Sebabkan Konsumsi BBM Motor Honda Matik Lebih Irit!

konsumsi bbm motor honda matik
Seluruh motor matik Honda menggunakan mesin berteknologi eSP

Kami sudah menyebutkan di awal tulisan, konsumsi BBM motor matik Honda irit disebabkan penggunaan teknologi mesin eSP. Semuanya telah pakai, tanpa terkecuali. Perbedaannya cuma untuk Beat dan Genio telah menggunakan eSP yang lebih mutakhir.

Di dalam teknologi eSP, terdiri dari beberapa komponen pendukung yang memngurangi gesekan di mesin, seperti ACG Starter, offset cylinder, roller type rocker arm, dan spinny sleeve. Ada pula komponen squish untuk pengapian lebih baik sekaligus pembakaran lebih cepat, serta tumble yang berguna meratakan penyebaran bahan bakar.

Fitur pendukung mesin eSP yang juga membuat motor Honda Irit antara lain: PGM-FI dan idling stop system (ISS). Dari keduanya yang paling menarik adalah ISS. Fungsinya menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Dengan ISS, skutik Honda pun lebih hemat BBM 7 persen dibanding yang tidak memiliki ISS.

Jadi, wajar bukan kalau konsumsi BBM motor Honda matik sangat irit? Dari ketujuh skutik di atas, mana yang paling menarik minat kamu?

Terbaru