by

Menakar Konsumsi BBM NMax Baru Vs Lama, Irit Apa Boros?

Yamaha NMax 155 jadi salah satu skuter matik (skutik) yang cukup diminati masyarakat di Indonesia, alasannya konsumsi BBM NMax ternyata efisien, lho!

Seperti diketahui, sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu oleh Yamaha, Yamaha NMax berhasil meraih penjualan yang positif. Bahkan motor ini menjadi tulang punggung Yamaha di Indonesia.

Beragam alasan menarik kebanyakan orang akhirnya memutuskan untuk menggunakan skutik yang satu ini. Mulai dari desainnya yang sporty, riding position yang nyaman untuk rider yang punya tinggi di atas rata-rata.

Kelebihan lain Yamaha NMax juga punya performa mesin yang bagus. Tak hanya saat kecepatan tinggi. Namun juga saat menghadapi kondisi stop & go di jalan perkotaan yang dikenal padat.

Mengacu pada performa, tentunya berkaitan dengan konsumsi BBM NMax. Mengingat biasanya motor-motor dengan performa yang besar, kerap memiliki konsumsi BBM yang boros.

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM NMax? Daripada penasaran, berikut ini Moladin akan membeberkannya secara rinci, Sob!

Berapa Catatan Konsumsi BBM NMax?

konsumsi BBM NMax
Menakar konsumsi BBM NMax Baru dan Lama

Masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai konsumsi BBM NMax. Terlebih bagi masyarakat yang baru ingin membeli skutik gambot yang satu ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah pengguna Yamaha NMax. Konsumsi BBM NMax masih cenderung efisien, lho!

Review Konsumsi BBM Yamaha NMax Baru Vs Lawas

Yamaha NMax
Kelebihan motor ini punya mesin baru yang performanya mantap

Membahas mengenai konsumsi BBM NMax, kami akan membahasnya menjadi dua bagian, yakni model baru dan model lama. Mengingat kedua model itu punya mesin yang sedikit berbeda.

Masih sama-sama mengusung mesin berkapasitas 155cc dengan teknologi VVA dan Blue Core. Namun untuk NMax terbaru punya air cleaner box yang besar, kepala silinder baru, dan katup intake lebih besar.

Tidak hanya itu, desain ruang bakar juga dibuat lebih kompak, serta pengaplikasian piston R15. Seluruh revisi itu ternyata berdampak ke perfoma mesin.

Pada model baru, tenaga maksimal yang dihasilkan menembus 15.15Hp/8.000rpm, namun torsi puncaknya menurun jadi 13.9Nm/6.500rpm.

Baca juga  Jangan Beli Yamaha Vixion Bekas, Sebelum Baca Ini!

Jika dibandingkan dengan mesin NMax lama, tenaga model baru sedikit lebih unggul. Jantung mekanis ini cuma bisa semburkan tenaga 14.88Hp pada 8.000rpm. Lain halnya jika bicara torsi, NMax versi jadul lebih unggul dengan 14.4 Nm/6.000rpm.

Menurut pabrikan, pengurangan torsi itu dimaksud agar tarikannya tidak terlalu galak. Diharapkan NMax baru bisa lebih nyaman untuk berkendara.

Berdasarkan keterangan dari kolega Moladin, konsumsi BBM NMax model lama tercatat menembus 39 kilometer/liter. Sementara untuk penggunaan luar kota atau touring bisa menembus 45 kpl.

“Saat touring itu bisa 1 liter 45 kilometer. Jalan biasa, jalur perkotaan biasanya sekitar 39 km/liter,” ujar Denny Basudewa, yang merupakan anggota Journalist Max Community (JMC).

Catatan tersebut sejatinya masih cukup efisien untuk sekelas motor dengan bodi yang bongsor. Torehan konsumsi BBM NMax lama tersebut menggunakan BBM RON 92.

Mengapa efisien? Alasannya karena sebanding dengan performa mesin NMax yang mumpuni, meski harus menggendong bobot motor seberat 127 kg.

Faktor penting yang membuat konsumsi BBM NMax sebanding dengan performa tak lepas dari mesin diameter x langkah 58 mm x 58,7 mm dibekali beragam teknologi modern.

Seperti penggunaan piston sistem forged yang lebih ringan, namun kuat dibanding sistem casting / cetak. Silindernya pun sudah menggunakan bahan DiASIL, yang merupakan material logam campuran alumunium dan silikon.

Dampaknya memengaruhi temperature mesin jadi tidak cepat panas, sehingga performa lebih efisien. Selanjutnya mesin berpendingin air ini meski SOHC, memiliki 4-klep, berbeda dengan skutik lain yang hanya 2 atau 3-klep saja.

2-Klep in NMax sudah dilengkapi dengan fitur andalan, yakni Variable Valve Actuation (VVA), yang cara kerjanya mirip dengan sistem variable valve yang dipakai di mobil.

Dengan teknologi VVA, tenaga dan torsinya jadi merata sehingga mudah untuk berakselerasi baik situasi stop and go perkotaan ataupun touring luar kota.

Baca juga  Vario 125 CBS atau Mio M3 AKS SSS, Pilih Mana?

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM NMax model 2020? Lebih irit atau lebih boros?

Konsumsi BBM NMax Terbaru

Yamaha NMax Baru
Yamaha NMax 2020

Masih membahas mengenai konsumsi BBM NMax, namun kali ini untuk model terbaru. Menggali dari berbagai sumber, catatan konsumsi BBM ternyata tidaklah terlalu jauh dengan model lawas.

Melansir dari sejumlah sumber, Yamaha All New NMax 2020 baru punya top speed lebih besar, yakni sampai 125 kpj. Sementara untuk model lama hanya menembus 121 km/jam.

Proses pengetesan itu dilakukan di lintasan sepanjang 1 km dengan pengendara berpostur 173 cm 64 kg. Seperti diketahui, peningkatkan top speed Yamaha NMax terbaru berkat hadirnya mesin baru.

Mesin yang lebih bertenaga tersebut ternyata tak membuat konsumsi BBM NMax jadi lebih boros, lho! Berdasarkan informasi yang diterima Moladin, konsumsi bensin Yamaha NMax terbaru bisa mencapai 39,5 km/liter, setelah melalui pengujian sejauh 128 kilometer.

Data tersebut diraih dengan karakter berkendara yang agresif, dan bukan dengan cara berkendara yang efisien. Alhasil bila kamu berkendara dengan cara yang lebih kalem, pasti bisa lebih irit.

Situasi saat proses pengetesan konsumsi BBM NMax terbaru itu melalui beragam kondisi jalan. Mulai dari lancar, macet, siang dan malam, layaknya kondisi penggunaan harian.

Bensin yang digunakan Pertamax (RON 92). Dari catatan itu, tentunya pencapaian konsumsi BBM NMax nyaris sama dengan rata-rata konsumsi BBM model lawas.

Catatan itu cukup menarik pastinya, mengingat dengan perbedaan tenaga yang lumayan. Namun selisih konsumsi bensin Yamaha All New NMAX dengan NMAX lama tidak beda jauh.

Membahas Perbedaan Yamaha NMax Baru Vs Lawas

perbedaan nmax abs dan non-abs
Yamaha NMax Baru Vs Lawas sama-sama efisien

Selain membahas mengenai konsumsi BBM NMax, kami juga akan membeberkan sedikit perbedaan antara Yamaha NMax baru Vs lama. Mengingat masih banyak masyarakat yang masih belum mengetahui beda kedua model itu.

Baca juga  Honda PCX 2020 Thailand Hadang Nmax Baru!

Dari catatan kami, faktanya memang banyak perubahan pada Yamaha Nmax 2020, selain tampang, juga fitur dan spesifikasi Nmax. Contohnya jarak sumbu roda sedikit lebih pendek, semakin membuat versi NMax terbaru ini bisa lebih mudah meliuk-liuk di perkotaan.

NMax terbaru punya jarak sumbu roda 1.340 mm, sementara sebelumnya 1.350 mm. Jarak terendah ke tanah juga berkurang yang sebelumnya 135 mm, kini menjadi 124 mm. Sedangkan tinggi tempat duduk tetap 765 mm.

Yamaha Nmax 155 Connected/ABS memiliki berat 132 kg. Untuk versi standar beratnya 130 kg. Tangki bahan bakar minyak Yamaha Nmax 2020 kini lebih besar. Jika sebelumnya tangki Nmax lawas cuma 6,6 liter, kini kapasitasnya naik menjadi 7,1 liter pada Nmax 2020.

Sayangnya, pihak pabrikan tidak melakukan ubahan pada bagian rangkanya. Yamaha Nmax 2020 masih menggunakan tipe rangka underbone dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang unit swing.

Ukuran bannya pun tetap sama, yaitu 110/70-13 untuk ban depan dan 130/70-13 untuk ban belakang. Kedua bannya sudah tubeless. Untuk daya pengereman, terdapat rem cakram di depan dan belakang. Khusus Yamaha Nmax 155 Connected/ABS sudah dibekali ABS dual channel depan-belakang.

Baca Setelah Ini: Komparasi All New Yamah Nmax 2020 vs Nmax Lama.

Gimana sekarang sudah tahukan mengenai konsumsi BBM NMax? Jadi, kamu sudah menetapkan pilihan untuk Membeli Yamaha Nmax 2020 atau masih ingin melihat aneka Motor Baru Dengan DP Ringan lainnya di Moladin?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian, Sob! Jangan lupa Subscribe Channel YouTube Moladin untuk mendapatkan informasi & review terbaru seputar otomotif ya!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru