Jumat, Juni 14, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Laporan Langsung dari Wuhu, Cina : Spesifikasi Chery Omoda 7 Yang Tidak Bakal Dibuat Versi Listrik

by Ivan
Spesifikasi Chery Omoda 7

Setelah diumumkan pada pembukaan Beijing Auto Show 2024 beberapa Waktu lalu. Chery International akhirnya melakukan debut global model terbaru di keluarga besar Omoda. Ini dia spesifikasi Chery Omoda 7.

Begitu spesialnya mobil ini membuat Chery meluncurkan spesifikasi Chery Omoda 7 langsung dari tanah kelahirannya Wuhu, Cina.

“Angka 7 seperti yang Anda tahu merupakan angka ajaib dan begitu spesial. Dunia memiliki 7 benua, sunlight memilii 7 warna, musik punya 7 nada, dan hari ini kami secara resmi meluncurkan Omoda 7 kepada dunia di Wuhu, Cina,” buka Steve Eum selaku Chief of Design Chery, pencipta Omoda 7 saat peluncuran perdana mobil ini Minggu (28/4)

Chery Omoda 7 hadir menggabungkan dengan menyuguhkan beberapa keistimewaan. Mulai dari desain bodi modern, interior bergaya gaming, layar sentuh yang bisa digeser dan teknologi mesin 1.5 TGDi PHEV.

Spesifikasi Chery Omoda 7 Eksterior Desain

Spesifikasi desain Chery Omoda 7
Spesifikasi desain Chery Omoda 7

Chery Omoda 7 ditempatkan sebagai kakak dari Omoda 5 yang begitu populer di Indonesia. Desain bodinya begitu mengalir ala SUV coupe yang sporty dengan tarik bodi yang dinamis menggabungkan tiga pilar desain utama: dinamis, avant-garde, dan futuristik.

Dimensi Chery Omoda 7 memiliki panjang 4.621 mm, lebar 1.872 mm, dan tinggi 1.673 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm. Data ini tentu jauh lebih besar dibandingkan dimensi Omoda 5 yang hanya berukuran panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm, jarak sumbu roda 2.630 mm.

Baca juga  Laporan Langsung Beijing Auto Show 2024 : Demonstrasi Besar-besaran Mobil Listrik Cina

Ini artinya Chery Omoda 7 bakal merangsek pasar Medium SUV dan bisa bersaing dengan nama-nama besar seperti Honda CR-V, Mazda CX-5 ataupun juga Kia Sportage.

Chery Omoda 7 bakal merangsek pasar Medium SUV
Chery Omoda 7 bakal merangsek pasar Medium SUV

Berbeda dengan Omoda 5 yang cenderung lebih agresif dengan banyak tarikan garis tegas. Fascia Omoda 7 benar-benar suguhan baru dan terlihat mencolok. Hidung hiu dengan gril parametrik hadir menghiasai area depan, begitu pula sudut tajam yang terlihat di sekelilingnya. Bahkan di beberapa area sudut depan tadi disematkan pola heksagonal yang bisa menyala.

Spesifikasi Chery Omoda 7 mengusung velg dual-tone berukuran 20 inci, dipayungi fener berpola khas yang senada dengan pola di floating roof-nya.

Namun yang cukup mengejutkan, tuas pintu mobil ini menggunakan tuas pintu mode tradisional dan bukan desain pop-out yang diganderungi mayoritas mobil baru yang keluar di Cina belakangan ini.

Desain lampu belakang pipih dan menyala seperti sambaran kilat
Desain lampu belakang pipih dan menyala seperti sambaran kilat

Di bagian belakang, garis atap mirip coupe memberikan kesan sporty. Meskipun garis jendelanya masih membawa gaya Omoda 5 dan terlihat khas. Lalu ada desain lampu belakang pipih yang didesain agar memancarkan energi listrik dan terlihat membentuk sambaran petir saat menyala.

Interior Chery Omoda 7

Interior Chery Omoda 7 terinspirasi gaming dengan setir ala controler PS 5
Interior Chery Omoda 7 terinspirasi gaming dengan setir ala controler PS 5

Banyak kejutan yang disuguhkan di area kabin Chery Omoda 7. Desain interior bergaya gaming terpancang mulai lingkar kemudi yang dikatakan terinspirasi dari controller PlayStation 5 mudah dikendalikan.

Begitu pula dengan joknya yang didesain senada khas duduk di kursi gaming karena memang mobil ini ingin lebih dekat kepada generasi muda. Jok terlihat mewah berlapor kulit warna putih dengan pola periforated yang bikin lebih empuk namun tetap terlihat sporty. Oh ya ada juga ambient light pintar yang mampu memberikan efek visual yang nyaman saat berkendara.

Baca juga  Laporan Langsung dari Wuhu, Cina : 4 Fitur Unik di Kabin Chery Omoda 7

Pada bagian dasbor hadir layar sentuh di tengah berukuran 15,6 inci yang uniknya bisa digeser. Yang digeser posisinya bahkan hingga tepat di depan penumpang, untuk memberikan sudut pandangan lebih nyaman.

Area baris kedua lega, dengan jok warna putih nyaman bikin kabin berasa luas
Area baris kedua lega, dengan jok warna putih nyaman bikin kabin berasa luas

Layar tersebut terinspirasi pergeseran orbit benda luar angkasa hadir dengan ketajaman resolusi 2,5K dan kecerahan 1.000 nit dan bisa dikontrol melalui perintah suara, Gerakan juga dengan tombol saja.

Fitur menarik lainnya termasuk pod pengharum ruangan terintegrasi yang memasukkan wewangian pilihan ke dalam sistem AC (mirip dengan opsi Air Balance pada model Mercedes-Benz kelas atas) dan sistem audio Sony 12+2 speaker. Yang terakhir menambahkan sepasang speaker surround kecil di dalam sandaran kepala pengemudi. Bahkan ada sistem peredam kebisingan mesin untuk kabin yang lebih senyap!

Spesifikasi Chery Omoda 7 Fitur Keselamatan

Chery Omoda 7 berlimpat fitur keselamatan
Chery Omoda 7 berlimpat fitur keselamatan

Sejalan dengan pembaruan desain dan interior, spesifikasi Chery Omoda 7 turut meningkatkan segala unsur terkait keselamatan. Sasis baru yang sudah diupgrade dengan suspensi hidrolik ganda dan sistem rem yang lebih kuat.

Sedangkan untuk ADAS, terdapat tidak kurang dari 18 fitur keselamatan aktif yang akan membantu pengendara selama di jalan. Mulai dari ultrasonic radar, 12 millimeter radar gelombang, kamera pandang dengan bunyi pengingat, front facing kamera hingga fungsi bantuan perubahan jalur yang bisa diaktifkan dengan perintah suara. Adapun deret fitur keselamatan lain ialah Lane Departue Warning, Blind Spot Monitoring, ISA, RCTA, RCTB, IES, ICA dan lain sebagainya

Baca juga  Laporan Langsung Beijing Auto Show 2024 : Spesifikasi Chery Tiggo 9 PHEV, Impresi dan Proyeksi Kehadirannya di Indonesia

Spesifikasi Chery Omoda 7 Mesin

Di bawah kapnya terdapat mesin bensin empat silinder 1.5 TGDi, dipasangkan dengan sistem plug-in hybrid. Mesinnya sendiri diklaim memiliki efisiensi termal tertinggi di kelasnya sebesar 44,5%, sedangkan baterai mampu memberikan jarak berkendara EV murni hingga 95 km.

Dalam mode hybrid, mobil ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 4,89 l/100 km, sehingga memungkinkan jangkauan gabungan hingga 1.250 km.

Nanti juga akan ada versi ICE murni, kemungkinan akan dipasangkan unit bensin 1.6 liter 4 silinder yang lebih besar seperti di Jaecoo J7. Namun sayang tidak seperti Omoda 5, sepertinya tidak akan ada versi EV dari Omoda 7.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika