Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V Bekas, Beli yang Mana?

by Tigor Sihombing
Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V

Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V bekas, kira-kira mana ya yang terbaik? Wajar kalau kamu bingung memilihnya, lantaran keduanya mengadopsi desain SUV ringkas yang tentunya sangat cocok di perkotaan. Oleh karena itulah kami lakukan komparasi.

Dalam review kali ini, tim Youtube Moladin mencobanya kedua SUV tersebut dengan Mitsubishi Outlander Sport 2.0 Liter varian PX CVT 2016 yang harga bekasnya dibandrol Rp 235 jutaan. Kemudian Honda HR-V pakai varian E 1.5 Liter CVT 2017 atau generasi kedua dengan harga bekas sekitar Rp 224 jutaan.

Dengan harga yang mirip-mirip, serta menempati kelas yang serupa, kedua mobil ini pantas di pertimbangkan jika kamu sedang berburu SUV kompak. Ingin tahun mana yang terbaik di antara kedua mobil ini, yuk simak komparasi Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V bekas, berikut ini:

Performa Mesin Outlander Sport Lebih Bertenaga Dibanding HR-V Gen 2

Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V

Mitsubishi Outlander Sport PX CVT 2016 disokong dengan mesin MIVEC 2.000 cc 4 silinder DOHC, bertenaga 147 HP dengan torsi 197 Nm.

Komparasi Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V bekas yang pertama membahas soal performa mesin. Walau banderolnya kini mirip yaitu Rp 200 jutaan, tapi pakai kubikasi mesin berbeda. 

Menurut data tertulis pabrikan, Honda HR-V CVT 2017 yang masuk dalam generasi kedua ini mengusung mesin 4-silinder SOHC i-VTEC 1.497 cc, dengan hasilan tenaga 120 HP yang dicapai pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm. Sedangkan Mitsubishi Outlander Sport PX CVT 2016 disokong dengan mesin MIVEC 2.000 cc 4 silinder DOHC, bertenaga 147 HP dengan torsi 197 Nm.

Baca juga  Acura NSX Type S, Edisi Perpisahan yang Beringas!

Review yang kami lakukan untuk mesin adalah dengan metode drag race dengan jarak 201 meter. Hasilnya Honda HR-V 2017 menghasilakan catatan waktu 11,7 detik, sedangkan Outlander sport 2017 11,5 detik. Artinya Mitsubsihi Outlander sedikit lebih kencang dibanding HR-V, hal ini wajar lantaran besara tenaga Outlander lebih besar dibanding HR-V.

Begitu juga dengan akselerasinya, untuk mencapai 0-100km/jam, Honda HR-V 11,5 detik, hasilnya tidak berbeda jauh dengan Outlander Sport yang hanya 11,4 detik. Catatan ini tentunya hanya sebagai gambaran saja, dan tidak bisa manjadi patokan mutlak. Karena yang namanya mobil bekas, tergantung dari perawatan oleh pemilik sebelumnya.

Konsumsi BBM HR-V Gen 2 Lebih Irit

Dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, konsumsi BBM Honda HR-V Gen 2 tentu lebih irit dibanding Mitsubishi Outlander Sport. Saat kami coba review, Honda HR-V 1.5 Liter di dalam kota dengan kondisi stop and go menghasilkan angka irit 13,7 km/liter dan di tol 17,6 km/liter. Catatan yang cukup irit untuk mobil SUV ringkas 1.500 cc.

Sedangkan Mitsubishi Outlander Dengan mesin lebih besar mencapai 2.0 Liter, menghadirkan 10,2 km/liter untuk dalam kota dan tol 13,7 km/liter. Catatan yang wajar sebenarnya untuk mobil 2.000 cc.

Baca juga  Mitsubishi Sempurnakan Aplikasi MMID, Ada Bengkel Siaga

Akomodasi Honda HR-V Lebih Lega Dibanding Outlander Sport Bekas

Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V

Pada Honda HR-V gen 2, dengan tester tinggi badan 178 cm, baris keduanya menyisahkan Ruang kaki 4 jari. Sementara pada Mitsubishi Outlander hanya menyisahkan 2 jari.

Bahasan selanjutnya soal komparasi Mitsubishi Outlander Sport vs Honda HR-V bekas masuk ke dalam interior. Terkait akomodasi barang pada bagasi belakang Honda HR-V jauh lebih lega. Padahal secara dimensi eksterior, justru Outlander Sport PX yang lebih bongsor.

Tim Youtube Moladin melakukan pengukuran, Honda HR-V 2017 bisa menampung barang hingga 474,2 liter. Sedangkan Mitsubishi Outlander 2016 hanya 320 liter. Begitu pun dengan interiornya, di antara dua mobil yang berkapsitas 5 orang penumpang ini Honda HR-V lebih lega di baris penumpang kedua. Pada Honda HR-V gen 2, dengan tester tinggi badan 178 cm, baris keduanya menyisahkan Ruang kaki 4 jari. Sementara pada Mitsubishi Outlander hanya menyisahkan 2 jari.

Sedangkan kekurangannya, pada arm rest belakang tidak ada cup holder, tapi menariknya tempat meletakan minuman ini disebar di trim pintu dan console tengah belakang. Sedangkan Mitsubsihi Outlander memiliki arm rest yang besar dan bisa menampung dua cup holder di dalamnya.

Kabin Mitsubishi Outlander Lebih Kedap Suara

Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V

Panoramic roof pada Outlander memberikan kesan mewah sekaligus lega.

Terkait kenyamanan Mitsubishi Outlander Sport vs Honda HR-V bekas kami coba uji menggunakan alat test kebisingan. Hasilnya Mitsubishi Outlander lebih kedap dibanding Honda HR-V.

Baca juga  Intip Beda 3 Varian Honda CR-V 2021, Jangan Salah Beli!

Outlander Sport PX lansiran 2016 dalam uji kekedapan menghasilkan angka 61,9 desibel di dalam kabin, sedangkan Honda HR-V 64,8 desibel. Selain itu, untuk bantingan suspensinya Mitsubishi Outlander Sport PX CVT 2016 atau versi facelift btersebut punya suspensi lebih empuk dibanding HR-V.

Jadi walau interiornya lebih sempit, tapi soal kenyamanan interior, Outlander Sport lebih istimewa dibanding HR-V.

Outlander Sport dan HR-V Punya Fitur Lengkap

Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V

Sedangkan Honda HR-V juga sudah memiliki paddle shift dan manual mode, yang membuat pergantian gigi secara manual lebih responsif. Selain itu juga ada sensor parkir, media head unit touch.

Sebagai varian tertinggi untuk Outlander dan kedua tertinggi sebelum Prestige untuk HR-V, keduanya dijejali fitur yang terbilag lengkap. Mitsubishi Outlander tipe PX dijejali fitur keselamatan, sudah ditunjang dengan airbag dan rem ABS, EBD, dan BA. Begitupun dengan fitur keyless.

Kelebihan Outlander Sport PX yang tidak dipunya HR-V Gen 2 Varian E adalah panoramic roof. Fitur ini tentumemberikan kesan mewah sekaligus lega dari dalam kabin. Oh iya untuk menunjang keasyikan berkendara, transmisi CVT Outlander Sport PX dengan sport mode juga akan membuat perjalanan semakin nyaman ditambah fitur paddle shift.

Sedangkan Honda HR-V bekas Varian E 1.5 Liter juga sudah memiliki paddle shift dan manual mode, yang membuat pergantian gigi secara manual lebih responsif. Selain itu juga ada sensor parkir, media head unit touch.

Serta deretan fitur keselamatan seperti ABS, EBD, HLA, Stability Control Dan Brake assist. Fitur keamanan seperti keyless entry, key immobilizer, alarm system dan smart entry juga ada pada mobil entry SUV Honda lansiran 2017 ini.

Demikian ulasan terkait Mitsubishi Outlander Sport Vs Honda HR-V bekas. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika