oleh

Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof di Mobil!

Berikut Moladin sampaikan perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Ketiganya merupakan jenis-jenis kaca atap yang terpasang pada mobil sebagai fitur kendaraan.

Mungkin bagi sebagian orang, ada yang belum mengetahui perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Hal ini wajar saja, karena jenis atap kaca ini memiliki perbedaan yang tidak begitu jauh.

Tapi pada dasarnya, ketiga jenis kaca atap ini memiliki fungsi yang sama. Yaitu agar penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil. Namun, bila dilihat dari segi cara kerja, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat jelas. Lalu, apa yang membedakan dari tiga jenis tersebut, berikut ulasan lengkapnya.

Sunroof, Kaca Terbuka Ke Atas

Perbedaan sunroof
Ilustrasi sunroof

Menurut laman resmi Nissan, sunroof adalah kaca yang terdapat pada atap mobil. Perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof bisa tampak dari cara kerjanya. Ketika kamu menekan tombol untuk membuka sunroof, maka kaca pada atap ini bisa bergeser dan mengarah ke atas atau keluar bodi kendaraan.

Cara kerja sunroof ini biasa disebut dengan slide out atau membuka ke atas. Sistem tersebut dahulu digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota, di mana udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut.

Moonroof, Kaca atap di Dalam Body

Perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof
Ilustrasi moonroof yang proses pelipatan kacanya masuk ke sela-sela plafon dan atap mobil

Perbedaan sunroof jika dibandingkan moonroof, adalah kaca atap moonroof hanya mengandalkan rel sebagai sistem pembukaan kacanya. Jadi kaca terbuka dengan cara menggeser ke lokasi antara plafon dan atap mobil.

“Bila sunroof perlu proses mengangkat kaca, sebaliknya moonroof justru memasukkan kaca ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara,” tulis Nissan dikutip 29 Juni 2022.

Baca juga  5 Cara Merawat Sunroof Mobil, Mudah!

Kaca jenis moonroof  terkadang rawan macet. Dan ketika macet, sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, untuk merawatnya kamu harus melakukan buka tutup secara berkala supaya rel terus bekerja secara lancar.

Panoramic Roof

Perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof
Ukuran panoramic roof lebih besar dibanding sunroof dan moonroof

Sedangkan Panoramic Roof ukuran kacanya biasanya lebih besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri.

Lalu kaca tersebut tidak bisa bergerak, yang bergerak justru atap yang ada di bawahnya. Dengan begitu, penumpang dapat memilih suasana pemandangan yang disukai.

Umumnya kaca atap dengan bukaan lebar seperti panoramic roof dibekali dengan penahan sinar ultraviolet sehingga kabin tidak akan terasa panas.

Dan biasnaya mobil yang menggunakan panoramic roof dibekali tirai sehingga bisa dibuka tutup kapan pun secara manual.

Contoh Mobil yang Pakai Sunroof adalah Hyundai Getz

perbedaan sunroof
Hyundai Getz 2008

Sesungguhnya kini mobil yang pakai kaca atap model sunroof (buka atas) sudah sangat jarang. Hal ini untuk estetika semata, karena mobil dengan sistem sun roof terlihat mennjol jika dilihat dari depan, samping dan belakang. Beda dengan moonroof yang kaca atapnya celup ke dalam body.

Adapun mobil yang menggunakan system sunroof seperti Hyundai Getz type-tepe teratas dan Nissan Elegrand.

Mobil yang Pakai Moonroof

Perbedaan sunroof
All New Kia Rio
  • Wuling Cortez
  • Kia Rio
  • Kia Sonet

Adapun contoh mobil yang pakai moonroof adalah Wuling Cortez. Moonroof mobil MPV ini dapat dibuka secara manual, maupun otomatis. Cara membuka moonroof Wuling Cortez dengan menekan dua kali dengan cara cepat, maka moonroof akan membuka hingga posisi maksimalnya. Tekan sekali dan tahan untuk membukanya sesuai dengan lebar yang kamu inginkan.

Baca juga  Sunroof HR-V Terbaru Tidak Bisa Dibuka, Ini Penjelasan Honda!

Saat memakirkan mobil terlalu lama di aera parkir yang panas, cukup tekan tombol buka pintu melalui remote Cortez dari jauh. Otomatis semua jendela termasuk moonroof akan terbuka secara otomatis dan memberikan akses untuk udara dalam kabin berventilasi. Jadi, saat memasuki kabin, dijamin suhu tidak pengap.

Mobil lain yang memiliki fitur moonroof adalah Kia Rio dan Kia Sonet. Mobil yang mengisi segmen hatchback (Rio) dan SUV (Sonet) ini lumayan unggul di kelasnya. Untuk harga, Kia Rio 1.4 L EX MT dibandrol Rp 276.600.000 dan untuk Kia Rio type 1.4 L EX AT Rp 291.900.000. Sementara harga Kia Sonet tertinggi adalah 1.5 L 7s PREMIERE IVT. Model ini dibandrol RP 325.400.000.

Daftar Mobil yang Pakai Panoramic Roof

mobil suv murah - wuling almaz smart enjoy
Walau murah, tapi tetap dilengkapi fitur WIND Panoramic Sunroof.
  • Wuling Almaz
  • Wuling Almaz RS
  • Honda HR-V
  • Hyundai Creta
  • DFSK Glory i-Auto

Sedangkan mobil yang menggunakan Panoramic Roof umumnya mobil-mobil besar seperti SUV keluaran Wuling Almaz baik yang biasa maupun RS. Panoramic roof Almaz berukuran 0.82 m2, ukuran ini diklain terbesar di kelasnya.

Panoramic roof Almaz mendominasi 70% atap. Hal ini menguntungkan untuk memberikan pandangan lebih ke luar, dan juga agar pemandangan yang didapat oleh penumpang yang duduk di kursi paling belakang sama dengan penumpang pada kursi depan dan tengah.

Baca juga  Sunroof HR-V Terbaru Tidak Bisa Dibuka, Ini Penjelasan Honda!

Tidak hanya itu, Panoramic roof Almaz juga dibekali tirai yang berfungsi untuk mencegah masuknya sinar matahari saat siang.

Pengoperasian Panoramic roof pada Almaz dilakukan secara elektrik. Cara pengoperasiannya melalui sejumlah tombol di panel yang dipasang di plafon depan tengah.

Untuk membuka panoramic roof, dapat menekan tombol bergambar mobil dengan atap terbuka yang ada pada panel tersebut. Begitu pula sebaliknya, untuk menutupnya kamu dapat melakukan dengan kembali menekan tombol tersebut.

Menariknya kamu juga bisa memilih untuk membuka atau menutup tirainya saja. Untuk alasan keamanan, kaca panoramic roof hanya dapat dibuka bagian depan atau baris pertama saja.

Mobil yang sudah menggunkan fitur panoramic roof lainnya adalah Hyundai Creta, DFSK Glory i-Auto, dan All New Honda HR-V. Hanya saja bedanya kalau di Creta dan Glory i-Auto, panoramic roof bisa dibuka tutup pada bagian kacanya. Sementara HR-V terbaru tidak bisa buka tutup.

Kemudian Honda H-RV pengoperasian buka tutup kover panoramic roof bagian belakang masih manual alias tanpa bantuan sistem elektrik. Honda beralasan karena jika dibuatkan rel elektrik untuk buka tutup panoramic maka akan memakan ruang.

“Sebenarnya tidak masalah jika kami menggunakan sistem elektrik pada pengoperasian buka tutup panoramic tersebut. Namun karena konsep yang ditawarkan adalah panoramic yang lebih besar sehingga jika dibuatkan rel elektrik untuk buka tutup panoramic maka akan memakan ruang,” kata Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All New Honda HR-V waktu itu.

Demikian ulasan terkait perbedaan sunroof, moonrof dan panoramic roof. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru