Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

13 Mobil Baru Rp 100 Jutaan Tahun 2023, Ada EV Subsidi

by Deni Ferlindungan

Rekomendasi mobil baru Rp 100 jutaan tahun 2023 sangat banyak. Opsinya ada city car, multi purpose vehicle (MPV), mobil listrik, bahkan kendaraan niaga seperti pick-up, box, dan blind van. Oleh karena itulah, tingga sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Walau murah, beberapa produk bahkan sudah ditunjang beragam fitur modern dan tampilan keren. Sebut saja Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki S-Presso dan Honda Brio yang sangat cocok untuk mobil keluarga kecil. Bila mau tampil beda, kamu juga bisa pilih mobil listrik seperti Wuling Air EV Lite dan Seres E Type B yang dijual Rp 100 jutaan.

Kemudian untuk kendaraan niaga, pilihannya Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Wuling Formo S atau Wuling Confero yang pas sekali untuk taksi online. Kalau buat angkut barang, ada Daihatsu Granmax pick-up, box, dan blind van, Wuling Formo Blind Van hingga Wuling Formo Max. 

Lalu apa saja mobil dengan banderol Rp 100 jutaan terbaik yang bisa jadi pilihan buat kamu di tahun 2023? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Toyota Calya (Harga Mulai Rp 167,6 Juta)

mobil baru 100 jutaan

Toyota Calya 2023

Punya bujet Rp 100 jutaan, rekomendasinya adalah Toyota Calya. Di mana mobil yang bermain di segmen LCGC ini menawarkan konfigurasi 7-penumpang, cocok sekali buat keluarga atau taksi online. Produk andalan Toyota ini ditawarkan dalam tiga varian yakni E MT yang dijual dengan harga Rp 167,6 juta, G MT yang dipasarkan Rp 173,2 juta, dan G AT seharga Rp 187,4 juta.

Toyota Calya facelift yang kini dipasarkan, memiliki tampilan yang cukup modern. Seperti penggunaan lampu LED headlamp, serta sudah tersedia Retractable Outer Mirror (tipe G).

Mobil ini punya desain gril baru yang lebih elegan dengan kelir dark chrome element. Senada dengan gril, kelir dark chrome element juga tersedia di backdoor garnish. Pelek pun kini tampil dengan desain lebih menarik.

Pada sisi interior, Toyota Calya kini memiliki kabin yang semakin nyaman. Guna meningkatkan kesan prestige, penggunaan warna coklat gelap (dark brown) yang kini melapisi dasbor dan kursi pengemudi maupun penumpang di semua tipe Calya.

Calya juga dilengkapi dengan fitur modern seperti head unit layar sentuh, tombol audio di kemudi, New Under Seat Compartment Tray, Driver Seat Back Pocket, spion retracable elektrik serta Front Console Box.

Kemudian ada pula fitur entertainment yang cukup modern. Khususnya Calya type G sudah bisa melakukan pairing dengan Smartphone Mirroring Connection, sedangkan type E hanya dengan Bluetooth Connection.

Berbicara fitur keselamatan, Calya sudah mengadopsi fitur 3-point seatbelt di seluruh bangku bersama Dual SRS Airbags di depan dan ISOFIX di bangku tengah, rem dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil, serta Rear Parking Sensor. Khusus tipe G, dilengkapi kamera mundur.

Mobil ini didukung mesin kode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc DOHC Dual VVT-i, bertenaga 86,8 hp dan torsi 108 Nm. Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk sistem suspensinya, khususnya bagian depan, baik Calya G dan E menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer.

Sedangkan bagian belakang, untuk tipe E menggunakan Semi Independent Torsion Axie Beam with Coil Spring, sedangkan type G sudah ditambahi Stabilizer.

2. Daihatsu Sigra (Harga Mulai Rp 136 Juta)

mobil baru 100 jutaan

Daihatsu Sigra cocok buat keluarga dengan bujet terbatas

Produk kedua jatuh kepada kembaran Toyota Calya, yakni Daihatsu Sigra yang menjadi salah satu rekomendasi mobil baru seharga Rp 100 jutaan. Buat kamu yang mencari mobil keluarga harga terjangkau, rasanya MPV berlogo D ini pantas jadi pilihan.

Daihatsu Sigra terbaru ditawarkan dalam 10 varian, harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Dengan rentang harga Rp 136 juta hingga Rp 180,6 juta. Buat taksi online juga cocok. Adapun varian yang tersedia antara lain 1.0 D MT, 1.0 M MT, 1.2 X MT, 1.2 X MT DLX, 1.2 R MT, 1.2 R MT DLX, 1.2 X AT, 1.2 X AT DLX, 1.2 R AT, dan 1.2 R AT DLX.

Sigra ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk mesin 1.0 liter, dengan kode 1KR-VE berkapasitas 998 cc 3 silinder, yang menghasilkan tenaga 67 ps dengan torsi 89 Nm.

Untuk mesin 1.2 liter, dengan kode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc DOHC Dual VVT-i, bertenaga 86,8 hp dan torsi 108 Nm. Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Beragam fitur juga sudah tersedia. Khususnya untuk versi facelift yang saat ini dipasarkan, seperti penggunaan sistem kemudi Rack & Pinion dengan Electronic Power Steering untuk seluruh varian, anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD). Tidak ketinggalan dual SRS Air Bag untuk pengemudi serta penumpang baris pertama dan Immobilizer.

Baca juga  Sigra Kalahkan Xenia, Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2022

Dari sisi tampilan juga mobil ini tampil lebih elegan berkat digantinya aksen krom dibagian depan dengan warna hitam. Kemudian hadirnya gril dengan desain baru Electric and Retractable Outer Mirror with Twin Lamp (tipe R dan R Deluxe), New Mud Guard (mulai dari tipe M) membuat keseluruhan tampilannya menjadi proporsional.

Pada tipe R dan R Deluxe dilengkapi dengan pelek dengan desain baru berukuran 14 inci. Selain itu, ada New Chrome Back Door Garnish Design (tipe R dan R Deluxe) dan New LED Head Lamp (mulai dari tipe M).

Daihatsu Sigra didukung dengan head unit 2-Din layar sentuh pada tipe R dan R Deluxe, dan New Smart Phone Pocket (mulai dari tipe M). Beberapa varian juga mengusung fitur keamanan baru berupa rear parking camera.

3. Wuling Formo S dan Blind Van (Harga Mulai Rp 149,7 juta)

mobil 100 jutaan - wuling formo

Wuling Formo versi Blind Van

Merek mobil Cina, Wuling memang menawarkan mobil Rp 100 jutaan yang cocok untuk keluarga maupun taksi online yaitu Wuling Formo S. Bagaimana tidak? Mobil ini punya kabin luas dengan opsi 5-seater Rp 161,8 juta dan 8-seater Rp 166,6 juta.

Walau terjangkau, tapi spesifikaisnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Mobil MPV Wuling Formo S menggunakan mesin 1.206 cc 4-silinder DOHC i-VVT. Di atas kertas bia mengeluarkan torsi puncak 110 Nm pada 3.600-4.000 rpm dan tenaga maksimal 77,5 hp pada 5.600 rpm. Hanya saja untuk transmisinya cuma ada manual 5-percepatan.

Kemudian kalau untuk angkut barang, Wuling Formo hadir dalam versi blind van. Harganya cuma Rp 149,7 juta.

4. Wuling Confero (Harga Mulai Rp 181,3 Juta)

mobil 100 jutaan - wuling confero

Wuling Confero pakai mesin 1.500 cc

Selanjutnya mobil baru 100 jutaan yang bisa kamu pinang adalah Wuling Confero. Selain cocok buat taksi online, mobil ini juga masih pas buat kendaraan sehari-hari bersama keluarga. Harganya cuma Rp 181,3 juta.

Bila melihat tampilan Wuling Confero, sekilas mirip Formo. Hanya saja ada beberapa pembeda yang membuat tampilannya lebih keren, seperti kehadiran kover velg. Kemudian interiornya lebih nyaman dengan double blower.

Tidak ketinggalan, untuk Confero pakai mesin 1.485 cc DOHC yang bisa menghadirkan torsi puncak 135 Nm pada 3.800-4.200 rpm dan tenaga maksimal 98 hp pada 5.800 rpm. Sementara untuk pilihan transmisi, cuma ada manual.

5. Honda Brio Satya (Harga Mulai Rp 165,9 Juta)

mobil baru 100 jutaan

Honda Brio Satya desainnya semakin modern

Memiliki dana sekitar Rp 100 jutaan, rekomendasinya adalah city car Honda Brio Satya. Pasalnya mobil ini banderolnya cukup terjangkau, serta menawarkan sejumlah keunggulan, khususnya dari sisi desain dan fiturnya.

Honda Brio ditawarkan dalam 3 varian, yakni Honda Brio Satya S MT seharga Rp 165,9 juta, Honda Brio Satya E MT berbanderol Rp 180,6 juta, dan Honda Brio Satya E CVT ditawarkan dengan harga Rp 193,9 juta.

Brio ditawarkan dengan mesin 1.199 cc i-VTEC empat silinder. Mesin itu mampu menghasilkan daya 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Pihak pabrikan menyediakan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT untuk varian E, sedangkan varian S hanya ada transmisi manual.

Sejumlah fitur yang sudah tersedia seperti penggunaan AC digital, ada juga control steering switch, immobilizer di setiap varian, serta sudah menggunakan keyless entry. Jadi buka kunci pintu tidak usah putar-puter lagi di lubang kunci manual.

Untuk fitur keselamatan ada dual front SRS Airbag dan saeltbelt reminder, G-Con+ACE, ABS EBD, serta Pretensioner with Load limiter sealtbelt.

Brio juga sudah didukung dengan sistem hiburan yang mumpuni, seperti penggunaan head unit layar sentuh berukuran 6,1 inci yang sudah terintegrasi bluetooth, iPhone & iPod, juga memiliki konektifitas AUX-In, USB juga ada modul CD/DVD untuk varian RS.

6. Suzuki S-Presso (Harga Mulai Rp 168,3 Juta)

mobil baru Rp 100 jutaan - suzuki s-presso

Suzuki S-Presso, mobil murah hasil impor utuh dari India

Selanjutnya, rekomendasi mobil baru 100 jutaan juga ada Suzuki S-Presso ditawarkan mulai dari harga Rp 168,3 juta untuk varian MT dan Rp 178,3 juta untuk varian transmisi Auto Gear Shift (AGS).

Suzuki S-Presso menggunakan mesin 1.000 cc baru berkode K10C yang diklaim ramah lingkungan. Outputnya bisa mengeluarkan torsi 89 Nm pada 3.500 rpm dan tenaga maksimal 65 hp pada 5.500 rpm. Sementara untuk pilihan transmisi ada 5-percepatan auto gear shift (AGS) dan 5-percepatan manual (MT).

Baca juga  Komparasi Toyota Calya Vs Daihatsu Sigra, Mana Lebih Baik?

S-Presso sudah dilengkapi fitur electronic stability control (ESP) yang membuat mobil lebih stabil saat bermanuver. Lalu khusus varian AGS memiliki hill hold control (HHC). Fitur HHC berfungsi mencegah mobil mundur selama beberapa detik saat berhenti di tanjakan.

S-Presso juga sudah dilengkapi dengan electric mirror dan ISOFIX. Kemudian untuk mendukung kenyamanan selama berkendara ada head unit touchscreen baru berukuran 7 inch yang dapat terintegrasi dengan perangkat smartphone. Ada pula audio steering switch yang memudahkan pengendara mengatur berbagai hiburan, tanpa perlu melepas tangan dari kemudi.

7. Daihatsu Ayla (Harga Mulai Rp 134 Juta)

mobil baru 100 jutaan

Ayla 1.2 ADS punya daytime running light dan kamera parkir

Rekomendasi mobil Rp 100 jutaan, untuk kamu bisa memilih Daihatsu Ayla Gen-2. Sejumlah keunggulan pun ditawarkan mobil ini, selain harganya yang terjangkau.

Ayla bisa jadi pilihan mobil baru seharga Rp 100 jutaan. Mengingat mobil ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 134 juta hingga Rp 189,9 juta. Terdapat 9 varian yang ditawarkan seperti 1.0 M, 1.0 X MT, 1.0 X MT ADS, 1.0 X CVT, 1.0 X CVT ADS, 1.2 R MT, 1.2 R MT ADS, 1.2 R CVT, dan 1.2 R CVT ADS.

Daihatsu Ayla terbaru dipersenjatai dengan dua pilihan mesin, yakni 1KR-DE yang berkapasitas 998 cc 3 silinder dengan tenaga 65 ps dan torsi 86 Nm. Serta mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc 4 silinder dengan tenaga 88 ps dengan torsi 108 Nm.

Ayla tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sejumlah fitur-fitur modern pun sudah tersedia di mobil ini.

Lampu utama menggunakan LED Projector, serta sudah dilengkapi dengan DRL. Pada bagian belakang, lampu terlihat lebih modern, dengan desain baru model mika.

Di dalam kabin, Daihatsu Ayla dilengkapi head unit 2-Din baru berukuran 7 inci. Daihatsu Ayla juga sudah didukung dengan kamera belakang untuk memudahkan pengemudi ketika parkir.

Tak sampai di situ saja, mobil ini didukung dengan AC digital. Untuk menunjang kenyamanan, Daihatsu Ayla facelift juga sudah dilengkapi dengan retractable mirror.

8. Toyota Agya (Harga Mulai Rp 167,9 Juta)

mobil baru 100 jutaan

Toyota Agya Gen-2

Agya merupakan rekomendasi mobil baru seharga Rp 100 jutaan buat kamu. Beragam keunggulan kamu bisa dapatkan ketika meminang mobil ini.

Tampilan kini jadi lebih sportif, serta dilengkapi fitur yang semakin modern. Toyota Agya terbaru dijual mulai Rp 167,9 juta untuk varian E atau yang termurah. Sementara untuk varian G dijual Rp 175,4 juta.

Mobil LCGC kembaran dari Daihatsu Ayla ini pakai mesin sama dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, soal kubikasinya adalah 1.200 cc. Yaitu mesin berkode WA-VE 3-silinder dengan kubikasi 1.200 cc.

Jantung pacu ini memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.500 rpm. Kemudian akselerasinya dari 40 km/jam ke 80 km/jam cuma 6,7 detik alias lebih menyenangkan untuk menyalip kendaraan lain. Khusus varian CVT, konsumsi BBM nya diklaim mencapai 21 km/liter. Sementara untuk transmisi manual di angka 21,8 km/liter.

Toyota Agya Gen-2 dibangun menggunakan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Platform ini sebelumnya sudah digunakan oleh mobil-mobil terbaru Daihatsu dan Toyota, diklaim lebih ringan serta menyenangkan untuk diajak berkendara.

Berbicara fitur, ada sistem audio dengan Head Unit 7 inch lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Tilt steering serta Front & Rear Separated Head Rest sudah ada pada semua tipe.

Kemudian hadir Digital AC, audio Steering Switch, dan Push Start Button hadir mulai di Agya varian G. Khusus varian G CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode untuk memaksimalkan distribusi tenaga sehingga lebih fun to drive. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

9. Wuling Air EV Lite (Harga Rp 188,9 Juta)

mobil 100 jutaan - wuling air ev lite 2023

Wuling Air EV Lite meluncur di GIIAS 2023

Mobil listrik Rp 100 jutaan terbaik juga ada yaitu Wuling Air EV Lite. Ini merupakan varian termurah dari Air EV yang dijual di Indonesia, harganya Rp 188,9 juta (OTR Jakarta) setelah subsidi mobil listrik. Basisnya pakai Air EV Standrad Range dengan baterai berkapasitas 18 kWh yang bisa melaju hingga 200 kilometer saat terisi penuh.

Walau begitu, karena banderolnya paling terjangkau. Ada beberapa fitur yang hilang dari Air EV Lite dibanding Air EV Standard Range. “Fiturnya yang dihilangkan seperti kamera mundur, airbag jadi cuma satu untuk pengemudi, speaker juga cuma satu di sebelah kanan, voice command juga tidak ada,” kata Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, beberapa waktu lalu

Baca juga  Daihatsu Umumkan Harga Sigra Facelift 2022, Semakin Mahal!

Kemudian eksterior Wuling Air EV Lite juga bisa dicirikan dengan bodi monotone. Dengan kata lain, atapnya pakai warna serupa bodi. Ini tentu berbeda dengan Air EV Standard yang pakai eksterior dual tone. Bicara pilihan warna eksteriornya ada beberapa: Pristine White, Galaxy Blue, Avocado Green, Lemon Yellow, dan Peach Pink.

10. Seres E1 Type B (Harga Rp 189 Juta)

mobil 100 jutaan - seres type b - mobil listrik

Seres E1 Type B

Selanjutnya mobil baru 100 jutaan yang bisa kamu beli adalah Seres E1 Type B. Ini adalah mobil listrik saingan Air EV dengan kapasitas baterai 13,8 kWh. Dengan demikian, jarak tempuhnya juga lebih pendek, cuma 180 Km. Performa di atas kertas bisa menghasilkan torsi 100 Nm dan tenaga 25 kw atau setara 33,9 PS. 

Bicara fitur, Seres Type B sudah punya Battery System Thermal Management, Charging Port Cover Reminder, High Foltage Safety Monitoring, Collision Power Failure Protection, Charging Status Display, mode ECO dan Sport, Event Data Recording System (EDRS), Hill Hold Control (HHC), Rear Parking Camera, dan lain-lain. Tertarik punya? Harganya cuma Rp 189 juta tanpa subsidi mobil listrik.

11. Daihatsu GranMax Mini Bus dan Pick-Up (Harga Mulai Rp 169,6 Juta)

mobil baru 100 jutaan

Granmax produksi Indonesia sukses dijual di Jepang

Rekomendasi Mobil baru 100 jutaan berikutnya ada Daihatsu GranMax, khususnya varian Minibus 1.3 D FH E4 dengan banderol Rp 199,95 juta. Opsi lainnya adalah Minibus blind van 1.3 AC FH E4 Rp 173,8 juta dan 1.3 FH E4 Rp 169,6 juta.

Salah satu kelebihan dari mobil MPV boxy ini adalah punya pintu geser, sehingga memudahkan keluar masuk penumpang saat di parkiran yang sempit. Soal mesin, GranMax varian ini pakai mesin 1.3L yang sudah terbukti ketangguhan dan efisiensi BBM nya.

Pilihan lain mobil baru seharga Rp 100 jutaan adalah GranMax versi pickup dan box. Kalau kedua model ini, kamu bisa dapat opsi mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Harga Granmax Pick-Up 2023

  • PU 1.3 STD Rp 157,25 juta
  • PU 1.3 3W Rp 157,25 juta
  • PU 1.5 STD FH E4 Rp 163,25 juta
  • PU 1.5 3W Rp 163,25 juta
  • PU AC PS 1.5 Rp 170,35 juta
  • PU 1.3 STD GL E4 Rp 155,65 juta
  • PU 1.5 STD GL E4 Rp 163,25 juta
  • PU AC PS 1.5 GL E4 Rp 170,35 juta

Harga Granmax Box 2023

  • PU BOX 1.3 3W PT FH E4 Rp 181,45 juta
  • PU AC PS Box 1.5 PT Rp 194,55 juta
  • PU BOX 1.5 PT Rp 187,45 juta
  • PU BOX 1.3 PT Rp 181,45 juta
  • PU BOX 1.3 3W Aluminium FH E4 Rp 181,75 juta
  • PU BOX 1.5 Alumunium PT FH E4 Rp 187,75 juta
  • PU Box 1.5 3W PT FH E4 Rp 187,45 juta
  • PU BOX 1.5 eW Alumiunium FH E4 Rp 187,75 juta
  • PU AC PS BOX 1.5 Aluminium PT FH E4 Rp 194,85 juta
  • PU BOX 1.3 PT GL E4 Rp 179,95 juta
  • PU BOX 1.3 ALumiunium PT GL E4 Rp 180,25 juta
  • PU BOX 1.5 Alumunium PT GL E4 RP 187,75 juta
  • PU BOX PT GL E4 Rp 187,75 juta

12. Suzuki Carry (Harga Mulai Rp 166,5 Juta)

mobil baru 100 jutaan - suzuki carry pick-up

Suzuki Carry pick up merupakan salah satu mobil niaga terlaris di Indonesia

Salah satu rekomendasi mobil baru Rp 100 jutaan selanjutnya adalah Suzuki Carry. Ini merupakan salah satu mobil pick-up terlaris di Indonesia. Pakai mesin  berkode K15B-C berkapasitas 1.500cc DOHC 16 katup yang dikenal punya performa mantap. Di atas kertas, mesin itu bisa menghasilkan tenaga sebesar 97 PS dengan torsi maksimum 135 Nm.

Carry terbaru juga memiliki empat pilihan varian: flat-deck std Rp 166,5 juta, flat-deck ac-ps Rp 174,5 juta, wide-deck std Rp 167,5 juta, dan wide-deck ac-ps Rp 175,5 juta.

13. Wuling Formo Max (Harga Mulai RP 160 Jutaan)

mobil baru 100 jutaan - wuling formo max pick-up

Bak luas jadi kelebihan pick-up Wuling Formo Max

Mobil baru 100 jutaan terbaik berikutnya, ada Wuling Formo Max. Ini merupakan pick-up merek Cina yang punya kelebihan bak luas dengan panjang 2.695 mm, lebar 1.725 mm, dan tinggi 390 mm. Kemudian bisa angkut barang hingga 1 ton.

Soal performa, Wuling Formo Max juga tidak perlu diragukan. Di atas kertas pakai kubikasi 1.500 cc 4-silinder dengan torsi puncak hingga 140 Nm dan tenaga maksimal 98 hp. Padanannya adalah transmisi manual 5-percepatan. Harganya mulai Rp 162 juta untuk varian Standard dan Rp 170 juta untuk varian AC.

Jadi itulah 13 mobil baru dengan rentang harga Rp 100 jutaan yang mungkin bisa jadi pilihan. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika