Selasa, September 27, 2022

Prediksi 24 Mobil Baru di GIIAS 2022, Innova Hybrid Hingga Subaru BRZ

by Tigor Sihombing
Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Berikut Moladin sampaikan prediksi mobil baru di GIIAS 2022. Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sendiri akan berlangsung pada 11 – 21 Agustus 2022.

Bocorannya ada 25 merek kendaraan roda empat yang berpartisipasi dari kategori passenger car hingga commercial vehicle. Ada pun brand-brand mobil tersebut seperti Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Wuling, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, serta UD Trucks.

Masing-masing pabrikan mobil tersebut akan melakukan peluncuran mobil baru. Dari produk global, alias mobil yang pertama kali diluncurkan di dunia, mobil-mobil facelift, hingga lanjutan pengenalan produk baik dari fitur dan harga yang sebelumnya masih dirahasiakan pabrikan.

Gaikindo mengatakan, totalnya ada 30 mobil baru yang siap hadir di GIIAS 2022. Hanya saja untuk saat ini, Moladin baru bisa mendapat bocoran 24 mobil baru di GIIAS 2022. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Toyota Innova Hybrid

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Innova akan ada versi hybrid

Prediksi mobil baru di GIIAS 2022 yang pertama datang dari sosok MPV legendaris Toyota, Innova Hybrid. Mobil ini diprediksi akan hadir di GIIAS 2022 yang akan bergulir pada 11-21 Agustus 2022.

Di sana nantinya Toyota Innova Hybrid entah akan hadir sebagai pemanis booth saja, atau bahkan lebih jauh pada tahap sosialisasi teknologi. Karena Toyota sendiri sepertinya sangat hati-hati sekali dengan produk hybrid buatan lokal pertamanya ini. Sampai sekarang, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sendiri mengatakan masih melakukan riset berkelanjutan untuk Innova Hybrid.

Jika teknologi hybridnya gagal memenuhi standar pasar, tentunya akan menjadi kerugian besar untuk Toyota Indonesia. Namun jika sesuai, ini merupakan terobosan.

Di samping Innova Hybrid, mobil baru Toyota di GIIAS juga bakalan banyak sekali. Informasi yang kami dapat, totalnya ada tujuh mobil anyar yang ditampilkan di sana.

2. Honda WR-V

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Honda SUV RS

Prediksi mobil baru di GIIAS 2022 berikutnya adalah Honda WR-V atau ZR-V. Honda WR-V dan ZR-V sendiri merupakan sebuah SUV terbaru yang diambil dari mobil konsep yakni Honda SUV RS Concept.

Dimana untuk saat ini Honda belum membocorkan nama dagang untuk SUV RS Concept. Namun dari isu terakhir yang beredar salah satu dari kedua nama itulah diprediksi yang akan digunakan sebagai nama SUV terbaru Honda.

Honda SUV Concept sendiri saat ini sudah diperkenalkan di berbagai kota di Indonesia. Dan kemungkinan GIIAS 2022 akan menjadi pelabuhan terakhir untuk mobil ini sah di pasarkan secara massal di Tanah Air. Untuk harga, menurut survey kecil-kecilan Honda kepada calon konsumennya berkisar Rp 250 – 350 jutaan.

Dari pemantauan Moladin di laman Samsat DKI Jakarta, mobil tersebut memiliki lima varian. Untuk kode DG47, ada dua varian yakni 1.5 E dan 1.5 RS yang memakai transmisi manual. Sedangkan kode DG48 ada tiga varian yakni 1.5 E, 1.5 RS, dan 1.5 RS Z dengan transmisi CVT.

3. Xpander Facelift 2022

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Mitsubishi Xpander Facelift 2022 digadang-gadang akan meluncur sebagai mobil baru di GIIAS 2022. Informasi ini bocor melalui dokumen Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia (Kemenkumham) yang dipatenkan sejak 17 Desember 2021.

Hanya saja belum ada informasi detil perubahan dan kisaran harga atas kendaraan terkait. Beberapa sumber menyebut jika Xpander Facelift 2022 akan hadir 7 unit varian dengan gambaran warna dan aksesoris terbaru.

Soal harga sepertinya akan ada penyesuaian sekitar Rp 3 – 10 juta dari versi sebelumnya.

4. Nissan Sakura

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Mobil listrik mungil sepertinya akan menjadi tren di 2022 ini. Terutama untuk pabrikan – pabrikan ingin mencoba-coba pasar mobil tampa bensin ini. 

Nissan Sakura sendiri sudah lebih dulu hadir di Jepang pada 20 Mei 2022. Menurut informasi, mobil ini merupakan kei car pertama Nissan dengan teknologi full electric. Beberapa media Jepang menulis harga mobil ini di Jepang antara 2,3—2,9 juta yen atau sekitar Rp258,1—325,3 jutaan.

Baca juga  Harga Tiket GIIAS 2022, Cuma Rp 50 Ribu!

Untuk spesifikasi mobil ini, dilengkapi baterai lithium ion 20 kWh yang terletak di bawah lantai kendaraan. Sementara itu motor listriknya memiliki tenaga 63 hp dan torsi 195 Nm yang disalurkan ke roda depan. Adapun kecepatan tertingginya bisa mencapai 130 km per jam dengan jarak tempuh terjauh 180 km.

5. Nissan Note e-Power

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Sosok Nissan Note Aura Nismo e-Power

Sesungguhnya Note e-Power bukanlah mobil baru di Indonesia. Pasalnya sudah pernah dibawa oleh Nissan untuk dicoba langsung oleh media otomotif. Hanya saja memang belum dijual. Nah kemungkinan model baru ini akan tampil di GIIAS 2022.

Kepastian akan kehadiran Note sepertinya bersambut ketika ada bocoran dari gambar desain yang diduga wujud Note e-Power, serta Nissan mendaftarkan hak paten dari Nissan Note e-Power di laman resmi Pangkalan Data Kekayaaan Intelektual Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Republik Indonesia.

6. Subaru XV 

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Subaru XV merupakan salah satu mobil yang bakal masuk Indonesia

GIIAS 2022 akan menjadi panggung pertama Subaru di hadapan publik ramai. Subaru sendiri mengaku siap memasarkan produk-produknya mulai dari SUV, hingga mobil sport.

Nah salah satu produk yang akan hadir adalah Subaru XV. Pasalnya ini merupakan model entry level. Walau begitu dari sisi spesifikasi sesungguhnya cukup istimewa dengan adanya mesin boxer. Bocoran lainnya akan menggunakan penggerak AWD, serta fitur keselamatan EyeSight dan Touring Assist.

7. Subaru BRZ

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Sosok Subaru BRZ

Subaru BRZ juga diprediksi juga akan rilis sebentar lagi. Entah hanya perkenalan atau langsung dijual.

Tapi yang pasti informasi tersebut terungkap, ketika BRZ tertangkap kamera sedang berada di atas truk gendong bersama varian Subaru lainnya, yang diduga XV pada awal Juni 2022 lalu.

Besar kemungkinan Subaru BRZ akan diluncurkan di GIIAS 2022 pada 11-21 Agustus. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika mobil sport kembaran Toyota 86 tersebut akan meluncur secara resmi di sana.

8. Daihatsu Rocky Hybrid & Toyota Raize Hybrid

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Sosok Daihatsu Rocky Hybrid

Daihatsu Rocky dan Raize Hybrid juga diperkirakan akan melenggang ke GIIAS 2022.  Kedua mobil ini telah meluncur lebih dulu di Jepang pada November 2021

Di Jepang, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hybrid menggunakan mesin 1.200 cc yang berfungsi sebagai generator. Sementara motor elektriknya menjadi satu-satunya penggerak roda. Model hybrid seperti ini persis dengan yang digunakan oleh Nissan Kicks e-Power.

Dengan teknologi hybrid tersebut, Rocky dan Raize bisa memiliki rasa berkendara khas mobil listrik dengan torsi besar. Di sisi lain, tidak perlu takut tenaga baterainya habis lantaran kehabisan daya. Dengan dapur pacu seperti ini, mobil Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hybrid bisa menghemat BBM hingga 28 km/liter.

9. Nissan Terra

mobil baru nissan di giias 2022 - terra

Terra pakai mesin diesel Twin Turbo yang torsinya buas

Bocoran Mobil baru di GIIAS 2022 selanjutnya adalah Nissan Terra. Informasi ini kami dapat langsung dari sosial media resmi Nissan. Di mana mereka menampilkan sosok siluet SUV bongsor yang mirip sekali Terra terbaru.

Jika benar, Nissan Terra meluncur tentu akan jadi tantangan besar buat Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Pasalnya di Thailand, SUV ini dilengkapi mesin diesel terbaru berkubikasi 2.3-liter. Mesinnya kecil, tapi mampu melontarkan torsi hingga 450 Nm. 

10. Suzuki S-Presso

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Terlihat Suzuki S-Presso ada di Tanjung Priok. Foto: Indra Fathan

Suzuki S-Presso sendiri sudah terdaftar di DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual). Mobil mungil tersebut terdasftar dengan nomor DID20211020609 sejak 25 Maret 2021 dengan status ‘Selesai Masa Pengumuman’.

Ditambah lagi, beberapa waktu lalu juga muncul sosok mobil yang diduga Suzuki S-Presso sedang diangkut truk di kawasan Tanjung Priuk. Besar kemungkinan, Suzuki S-Presso bakal menjadi deretean mobil baru di GIIAS 2022.

Baca juga  Shuttle Bus GIIAS 2022 Gratis, Catat Lokasi dan Jamnya!

Bocoran spesifikasinya, Suzuki S-Presso sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta sensor parking. Dan besar kemungkinan mesin yang digunakan sama dengan Karimun Wagon. Untuk prediksi harga Suzuki S-Presso dibandrol mulai Rp 150 jutaan.

11. BMW iX 

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

BMW iX

BMW juga gencar dalam menelurkan produk mobil listrik terbarunya di tahun ini. Salah satu bocoran mobil baru di GIIAS 2022 dari BMW adalah iX. Informasi tersebut sesungguhnya diberitahu langsung oleh pabrikan asal Jerman ini di laman resmi versi Indonesia, dengan cara memampang model iX bersamaan dengan i4.

BMW iX adalah mobil listrik yang sudah meluncur secara global awal tahun ini. Dari spek yang sudah dirilis BMW, mobil ini sudah mengaplikasi fitur iDrive generasi teranyar yang bisa membuat interaksi antara pengemudi dan mobil tampak natural. Kemudian tersedia fungsi berkendara dan parkir autonomous level 3.

BMW iX juga memiliki versi yang lebih kencang yakni M60 dengan performa mesin lebih buas. terbukti dari hasil test yang dilakukan BMW SUV elektrik ini melaju cepat dari 0 ke 100 Km/jam hanya dalam 3,8 detik. Kemudian soal kecepatan maksimal tembus 250 Km/jam.

12. BMW i4

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Sosok BMW i4 yang mengandalkan sumber tenaga baterai

Berikutnya adalah BMW i4 yang merupakan mobil listrik versi sedan yang masuk radar prediksi mobil baru di GIIAS 2022 dari kami. David Ferrufino selaku Project Leader BMW i4 pernah memberi tanggapan jika mobil ini menawarkan rasa berkendara sporty yang tinggi dikombinasikan dengan air suspension baru yang memberikan kenyamanan.

“Sedan ini dibekali dengan fitur-fitur high opening tailgate, mempermudah akses ke ruang bagasi, kalau jok baris kedua dilipat memberikan ruang ekstra 1290 liter,” kata David Ferrufino.

Menurutnya, BMW i4 dirancang untuk pasar global, bukan hanya Jerman dan Eropa. Jadi tak ada masalah dipasarkan di Indonesia. Semakin kuat masuk Tanah Air, karena BMW Indonesia sudah membuat laman untuk i4 di website resminya.

13. KIA Carens

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Kehadiran KIA Carens santer sejak awal tahun 2022 di Indonesia, bahkan pernah diperkenalkan di IIMS 2022. Hingga saat ini pihak PT Kreta Indo Artha (KIA) sudah membuka keran pemesanan, meski harga belum diputuskan. Soal harga, bocorannya sih akan dimulai pada rentang Rp 350 – 450 jutaan.

Kia Carens hadir dengan pilihan dua mesin yaitu bensin dan diesel, bahkan kedua mesin tersebut sudah mengadopsi teknologi turbo. Untuk mesin bensin kapasitasnya 1.400 cc dengan transmisi dual clutch 7-percepatan.

Sementara untuk mesin diesel, kapasitasnya 1.500 cc yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Performanya diklaim bisa menghasilkan torsi 250 Nm pada 1.500 – 2.750 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 4.000 rpm.

14. Wuling Air EV

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Wuling Air EV dijual mulai Rp 250 juta

Prediksi mobil baru di GIIAS 2022 yang selanjutnya adalah Wuling Air EV. Mobil ini sudah diperkenalkan secara resmi, tapi untuk harga sepertinya pabrikan berlambang lima berlian tersebut sedang menungunggu momen GIIAS 2022.

Wuling Air EV sendiri punya dua tipe. Pertama tipe Standard Range dan Long Range. Keduanya memiliki kapasitas daya jelajah berbeda. Wuling Air EV Standar range memiliki daya jelajah baterai 200km, sedangkan long range hingga 300 km. terkait soal bocaran harganya estimasi mulai 250 jutaan.

@moladin.id

Haa? Demi apa ada mobil listrik termurah? Coba tonton video ini sampai habis! #Moladin #MoReview #Wuling #WulingAirEV #MobilListrik #MobilMurah #fypシ #fyp #foryourpage #xyzbca

♬ ternyata hanya kamu – love?¿

15. Suzuki Baleno Facelift

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Baleno facelift punya tampilan lebih mewah

Selain S-Presso, Suzuki Baleno facelift 2022 ini akan hadir sebagai mobil baru di GIIAS 2022. Mobil ini diimpor langsung dari India dengan menggendong mesin berkode K15B dengan kapasitas 1.500 cc, mirip dengan mesin Ertiga versi Indonesia. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 103 PS dan torsi 138 Nm dan disokong  dua pilihan transmisi yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Baca juga  Lokasi Test Drive di GIIAS 2022, Coba Wuling Air EV atau Ioniq 5?

Soal spesifikasi dimensinya, hatchback tersebut memilki panjang 3.990 mm atau lebih pendek 5 mm dari sebelumnya, tinggi 1.500 mm lebih rendah 10 mm dari sebelumnya. Sedangkan lebar dan jarak sumbu roda tetap sama yakni 1.745 mm dan 2.520 mm.

16. Chery Tiggo 7 Pro

Prediksi Mobil Baru di GIIAS 2022

Performa mesinnya saat di mode eco, kurang meyakinkan

Meski diperkenalkan sejak IIMS 2022 dan keran pemesanan sudah dibuka, namun harga SUV China ini belum dirilis. Sepertinya Chery bakal mengambil momen GIIAS untuk membeberkan spesifikasi lengkap dan harga dari Tiggo 7 Pro.

Sejauh ini yang diketahui, PT Chery Motor Indonesia (CMI) mengadirkan Chery Tiggo 7 Pro dengan konfigurasi 5 seater dan mengaplikasi mesin 1.500cc turbo. Untuk varian CVT nya mampu memuntahkan tenaga hingga 154 HP dan torsi 230 Nm.

17. KIA Sportage

kia sportage

All New Kia Sportage pernah tampil di JAW awal 2022

Nama Kia Sportage terbaru sudah hadir sebenarnya sejak event Jakarta Auto Week awal 2022. Ketika itu, Sportage jadi pajangan. Kemungkinan pada GIIAS 2022, Sportage bakal diperkenalkan lebih jauh lagi.

Belum jelas, terkait spesifikasi dari Sportage terbaru yang bakal dipamerkan di GIIAS 2022.

18. KIA Sorento Hybrid

kia Sorento Hybrid

Sorento Hybrid

Nama Sorento Hybrid masuk sebagai mobil baru di GIIAS 2022, tampak lewat laman Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta. Di sana sudah terlihat nama Sorento 1.6 HEV AT. Umumnya HEV merupakan singkatan dari Hybrid Electric Vehicle.

Kalau melihat KIA Global, maka mobil ini akan menggunakan mesin 1.6 Liter Turbo hybrid. Lalu interiornya cukup luas, karena bisa menampung 7-orang. Jika Kia Sorento Hybrid benar akan dijual di Indonesia, ini akan jadi lawan kuat buat Hyundai Santa Fe dan Mazda CX-8.

19. KIA Niro EV

Kia Niro Elektrik

Siap tampil di GIIAS, KIA Niro EV

Selanjutnya bocoran mobil baru di GIIAS 2022 dari KIA adalah kendaraan berbasis baterai yaitu KIA Niro EV. Buat kamu yang belum tahu, ini merupakan kembaran dari Hyundai Kona EV.

20. KIA EV6

Mobil listrik KIA EV6

Mobil listrik KIA EV6 merupakan kembaran Hyundai Ioniq 5

Prediksi mobil baru di GIIAS 2022 berikutnya adalah KIA EV6. Mobil listrik ini menarik karena kembaran dari Hyundai Ioniq 5. Oleh karenanya, bakal mendapat banyak sekali kelebihan layaknya sang saudara kembar. Ditambah desain KIA EV6 tampak lebih sporty dari depan, serta futuristik di belakang.

21. Audi Q7

koleksi mobil chris hermsworth

Audi Q7

Informasi kehadiran Audi Q7 kami dapat dari undangan langsung PT Garuda Mataram Motor selaku pemegang merek mobil asal Jerman itu di Indonesia. Mereka mengatakan bahwa Q7 terbaru bakal meluncur di GIIAS 2022.

22. MG ZS EV

MG ZS EV Siap meluncur di GIIAS 2022

Sosok MG ZS EV Facelift yang siap hadir di GIIAS 2022

Sebenarnya ini bukanlah kedatangan MG ZS EV yang pertama kali di Indonesia, karena sebelumnya pernah hadir di IIMS 2021. Hanya saja yang di GIIAS 2022, mobilnya berbeda alias versi facelift. Informasi tersebut kami dapat langsung dari rilis resmi MG Indonesia.

Hal menarik dari MG ZS EV bila dijual di Indonesia, maka ini bisa jadi mobil listrik bergaya SUV termurah. Pasalnya di Thailand banderolnya sekitar Rp 400 jutaan.

23. MG Extender

MG Extender

MG Extender

Bocoran selanjutnya yang jadi mobil baru di GIIAS 2022 adalah MG Extender. Ini ada kendaraan double cabin ganteng dengan mesin diesel turbo. Jantung mekanisnya di Thailand, cuma pakai kubikasi 2.0 liter tapi bisa melontarkan tenaga 119 PS pada 4.000 rpm dan torsi puncak 375 Nm pada putaran mesin 1.500-2.400 rpm.

Lalu yang tidak kalah menarik, MG Extender juga dilengkapi teknologi pintar i-Smart. Jadi, mobil bisa terintegrasi secara komprehensif dengan smartphone.

24. Hyundai Stargazer

hyundai stargazer

Hyundai Stargazer bakal tampil di GIIAS

Hyundai memang sudah mulai memasarkan Stargazer, spesifikasinya juga terungkap sedikit demi sedikit. Walau demikian peluncuran resminya belum benar-benar dilakukan. Maka itulah GIIAS 2022 akan menjadi momen untuk meluncurkan MPV baru yang siap menghadang eksistensi Mitsubishi Xpander dan Toyota Veloz.

Itulah tadi bahasan soal prediksi mobil baru di GIIAS 2022. Dapatkan pula info mobil bekas, review mobil bekas, dan mengetahui tips dan trik perawatan mobil dengan mengunjungi laman Moladin. 

Buat kamu yang belum tahu, Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika