Thursday, October 6, 2022

Mobil Baru Nissan di GIIAS 2022, Terra atau Serena Hybrid?

by Firdaus Ali
mobil baru nissan di giias 2022 - terra

Akan ada mobil baru Nissan di GIIAS 2022. Informasi tersebut kami dapatkan langsung dari petinggi Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI).

“Kami akan ada showcase mobil baru, ada satu mobil” kata Head Of Marketing NMDI, Julian Olmon pada Selasa (2/8/2022).

Lalu apakah mobil baru Nissan di GIIAS 2022 tersebut? Bocoran yang kami terima masih samar, bisa jadi Nissan Serena Hybrid atau Nissan Terra. Walau demikian, Julian masih enggan memberi informasi lebih lanjut tentang ini.

Baik Nissan Terra dan Serena Hybrid, sangatlah menarik untuk masuk pasar Indonesia. Bagaimana tidak? Terra merupakan SUV yang punya pasar besar, saingannya adalah Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. 

Sebenarnya untuk Terra, Nissan sudah pernah memasukkannya ke Indonesia pada 2018. Hanya saja pada 2021, mobil tersebut tidak lagi dijual di Tanah Air karena habis stok sampai sekarang.

Nah, bisa jadi Nissan Terra terbaru bakal masuk lagi ke Indonesia bersamaan dengan GIIAS 2022. Apalagi di Thailand, SUV bermesin diesel itu sudah ada versi anyarnya dengan mesin lebih buas dibanding model lama.

Baca juga  Bocoran 5 Mobil Hybrid Terbaru Tahun 2022 di Indonesia

Nissan Serena S-Hybrid, Si MPV Mewah

mobil baru nissan di giias 2022 - serena hybrid

Sosok Nissan Serena Hybrid

Jadi apakah mobil baru Nissan di GIIAS 2022 adalah Terra? Belum tentu juga. Kalau melihat tema utama dari pameran otomotif tersebut adalah “Future Is Bright”, harusnya Nissan meluncurkan produk elektrifikasi.

Nah, Terra bukanlah mobil elektrifikasi karena bermesin diesel. Maka kemungkinan lainnya adalah Nissan Serena Hybrid. Jika benar, maka MPV NIssan tersebut bakal berhadapan dengan Toyota Voxy di Tanah Air.

Sebagai informasi, Nissan Serena terbaru yang lebih ramah lingkungan itu sudah meluncur di negara tetangga yaitu Malaysia. Di atas kertas, Nissan Serena yang beredar di Malaysia mempunyai dimensi panjang 4.790 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.865 mm.

Kemudian soal mesin, Nissan Serena di Malaysia juga sudah menggunakan mesin mild hybrid atau dalam bahasa Nissan disebut S-Hybrid. Di atas kertas, tenaga maksimumnya mencapai 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya di angka 200 Newton Meter pada putaran mesin 4.400 rpm.

Baca juga  Peluncuran Nissan X-Trail e-Power, Sebentar Lagi?

Oh ya, jarak tempuh maksimal dari Nissan Serena di Maaysia ini juga diklaim mencapai 852 kilometer. Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya di angka 14,2 km/liter. Irit bukan?

Nah, salah satu yang membuat konsumsi BBM Serena terbaru di Malaysia lebih hemat, lantaran ada fitur energy control (ECO) electric motor yang terintegrasi dengan idling stop system.

Alhasil mesin bisa mati secara otomatis ketika Serena berhenti. Kemudian saat berakselerasi teknologi hybrid itu bisa membantu memberi dorongan tenaga.

Soal fitur, Serena baru tergolong sudah lengkap dan modern. Sebut saja ada fitur Smart 360 Safety Shield, terintegrasi dengan Nissan Intelligent Mobility. Di dalamnya ada teknologi forward collision warning & forward emergency braking, lane departure warning, blind spot warning, hingga rear cross traffic alert.

Terkait hiburan juga tak kalah modern. Yaitu ada headunit touchscreen ukuran 9 inci yang terintegrasi Apple CarPlay dan Android Auto. Ditambah pula panel instrumen 7 inci yang bisa memberi berbagai informasi terkait mobil.

Kabar munculnya Nissan Serena Hybrid sebagai mobil baru, memang belum ditegaskan secara langsung oleh pihak Nissan Indonesia. Namun begitu, prediksi kehadirannya semakin santer jadi pembicaraan awak media otomotif dan sosial media di Tanah Air.

Baca juga  Sosok Nissan Terra Facelift Muncul Ditengah Penutupan Pabrik

Kami juga mencoba menanyakan ke salah satu Wiraniaga atau Sales salah satu diler Nissan di wilayah Jakarta Barat, terkait Serena Hybrid ini. Hanya saja sales Nissan tersebut belum bisa mengonfirmasi secara pasti.

“Info dari pusat memang akan ada mobil baru nanti di event GIIAS 2022. Namun kami belum bisa menginformasikannya. Sebab dari pusat juga belum ada informasi lengkap,” terang Sales tersebut saat kami hubungi melalui pesan singkat.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil baru Nissan di GIIAS 2022 yang diprediksi adalah Nissan Serena Hybrid atau Nissan Terra. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika