Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mobil GAC Siap Invasi Indonesia, Satu Modelnya Tercepat Produksi Satu Juta Unit

by Ivan
Mobil GAC Aion Y Plus tercepat produksi mobil ke-satujuta unit

Pertengahan bulan September 2023, antusias otomotif Tanah Air dikejutkan bocoran foto mobil GAC GS3 Emzoom mulai berani wara-wiri di jalanan ibukota.

Mobil GAC GS3 Emzoom ini adalah produk Guangqi Motor (GAC Motor). Dimana Filipina jadi negara pertama bagi debut GAC GS3 Emzoom di Asia Tenggara pada 11 Juli 2023.

Fascia mobil GAC GS3 Emzoom ini terlihat agresif dengan banyak lekuk tegas di bumper depan berpadu headlight berdesain angular. Begitu juga bagian buritan yang nampak gahar dengan bumper dijejali ornamen diffuser dengan sepasang lubang knalpot palsu.

Bocoran foto GAC GS3 Emzoom berseliweran di jalan Ibukota (kiri, foto: Rmoda), Wujud utuh GS3 Emzoom

Foto Mobil GAC GS3 Emzoom kepergok di jalanan Ibukota (kiri, foto: Rmoda), Wujud utuhnya (kanan)

Mobil GAC GS3 Emzoon ini ditopang velg ukuran 18 inci model kipas yang sekilas mirip pelek Toyota Rush hanya dikelir single-tone hitam. Sementara bagian kabinnya terlihat disuguhi head unit 10,25 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto plus instrumen layar full digital.

GAC GS3 Emzoom enggak latah main EV seperti produsen Tiongkok lain. Jantungnya masih konvensional bermesin bensin 1.497 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 174 dk dan torsi maksimum 270 Nm dan terhubung ke transmisi otomatis dual-clutch dengan 7-percepatan.

Pas jadi penantang serius segmen Compact SUV yang dihuni nama-nama besar seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, Daihatsu Rocky, Toyota Rush. Diprediksi tahun 2024 akan jadi debut bagi produk mobil GAC asal Cina di Tanah Air, terlebih mereka memiliki sederet produk lain baik model EV ataupun ICE.

Baca juga  GAC Trumpchi M8 2023 Meluncur, MPV Cina Mirip Alphard!

Mobil GAC Aion Tercepat Produksi Mobil Satu Juta Unit di Dunia

Mobil GAC Aion Y Plus perdana meluncur di Thailand

Mobil GAC Aion Y Plus perdana meluncur di Thailand

GAC Aion bagian dari brand otomotif GAC Grup saat ini tengah menjadi sorotan lantaran mempu merakit mobil ke-sejuta unit tercepat di dunia dari jalur produksinya.

Pada tanggal 28 Desember 2023, GAC Aion mengumumkan bahwa kendaraannya yang ke-1 juta merupakan SUV listrik GAC Aion Hyper HT resmi  keluar dari jalur produksi cuma dalam waktu 4 tahun 8 bulan. Lebih cepat dari yang dilakukan SGMW yang menorehkan waktu 5 tahun untuk mencapai hal yang sama.

GAC Aion sendiri didirikan pada tahun 2017, awalnya bernama GAC New Energy, dan kemudian resmi berganti nama menjadi GAC Aion pada tahun 2021. Saat ini, GAC Aion memiliki dua pabrik pintar, dan pabrik ketiga di Changsha yang juga sedang dalam tahap persiapan.

Pabrik GAC Aion di Changsa diharapkan mulai dapat digunakan pada Juni 2024, dan disinyalir saat itu kapasitas produksi GAC Aion akan mencapai 800.000 kendaraan per tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan GAC Aion meningkat secara signifikan. Penjualannya dari 2019 hingga 2022 masing-masing berjumlah 42.003, 60.033, 120.155, dan 271.156 kendaraan, meningkat dua kali lipat hampir setiap tahun.

Mobil GAC Aion Hyper HT

Mobil GAC Aion Hyper HT

Tahun lalu, GAC Aion meluncurkan sub-merek mewah kelas atas, Hyper. Sejauh ini total ada tiga model yang diluncurkan yakni GAC Aion Hyper SSR, Hyper GT, dan Hyper HT.

Baca juga  GAC Trumpchi M8 2023 Meluncur, MPV Cina Mirip Alphard!

Dengan dua sub-merek besar, Aion dan Hyper, penjualan GAC Aion pun meningkat pada tahun ini. Pada akhir bulan November 2023, penjualan kumulatif tahunan GAC Aion telah mencapai 434.056 kendaraan, meningkan 79,99% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Melihat ke depan, GAC Aion telah menetapkan target produksi dan penjualan sebanyak satu juta kendaraan pada tahun 2025. Untuk mencapai tujuan ini, GAC Aion berencana untuk lebih meningkatkan strategi internasionalisasinya. Pada bulan Juni 2023, GAC Aion menandatangani nota kerja sama dengan Jinhui, diler pertama di Thailand, yang mewakili masuknya merek tersebut ke pasar Asia Tenggara.

Selanjutnya, GAC Aion mengadakan konferensi peluncuran pada bulan September untuk merilis model luar negeri pertamanya – Aion Y Plus, di Thailand. Kemudian pada awal bulan ini, GAC Aion mengumumkan masuknya mereka ke pasar Kamboja dan meluncurkan Aion Y Plus di sana, sehingga jadi pasar luar negeri kedua yang dimasukinya setelah Thailand. Sejauh ini, GAC Aion telah mengekspor 3.500 kendaraan ke luar negeri.

Baca juga  GAC Trumpchi M8 2023 Meluncur, MPV Cina Mirip Alphard!

GAC, perusahaan induk GAC Aion, diperkirakan akan mencapai produksi 2,513 juta kendaraan dan penjualan angka penjualan mencapai 2,5 juta unit kendaraan. Pada tahun 2024 ini, GAC bertujuan untuk mencapai target pertumbuhan penjualan sebesar 10%, juga mencapai produksi baterai solid-state di tahun 2026.

Spesifikasi Singkat Mobil GAC Aion Y Plus

Buritan GAC Aion Y Plus

Buritan GAC Aion Y Plus

Sedikit mengulik spesifikasi Compact SUV listrik, GAC Aion Y Plus yang meluncur di Thailand 3 September 2023 lalu. Di Thailand, GAC Aion Y Plus terbagi 2 model 490 Elite dan 550 Ultra. Dimensi panjangnya 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

Kedua model dilengkapi motor permanent magnet synchronous bertenaga 150 kW dan 225 Nm. GAC Aion Y Plus ditenagai paket baterai litium fosfat 63,98 kWh dengan jarak tempuh 510 km.

Pilihan lainnya dilengkapi paket baterai lithium ternary berdaya 69,98 kWh yang memberikan jangkauan jarak tempuh sejauh 610 km.

Interior menjadi bagian istimewa dari mobil ini. Ada layar berukuran besar, kursi depan dan belakang yang bisa dilipat, agar memaksimalkan hiburan untuk karaoke, menonton film, dan main video game.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika