Selain Toyota Raize, Ternyata Mobil ini Juga Mendapatkan Peringkat NOL NCAP

by Tigor Sihombing
NCAP

Selain Toyota Raize, ternyata ada mobil yang juga mendapatkan bintang nol NCAP. Yang artinya mobil tersebut sangat tidak aman jika terjadi tabrakan dan tidak direkomendasikan untuk dibeli.

Adalah Chevrolet Groove yang merupakan sebuah crossover kecil yang mungkin belum banyak dikenal orang. Debutnya sekitar empat tahun lalu dengan harga mulai dari $12.000 atau sekitar Rp 180 jutaan di Amerika Latin.

Mobil ini sebenarnya merupakan hasil rebadge dari Baojun 510 yang diproduksi di Tiongkok oleh joint venture SAIC-GM-Wuling, dan diekspor ke pasar Amerika Latin dan Timur Tengah dengan merek Chevrolet.

Namun, ada hal yang kurang memuaskan dari Chevrolet Groove, terutama dari segi keselamatan. Menurut uji tabrak yang dilakukan Latin NCAP (New Car Assessment Program untuk Amerika Latin dan Karibia), mobil subkompak ini hanya mendapatkan peringkat nol bintang.

Dalam uji tabrak depan, struktur Groove dianggap “tidak stabil,” sementara perlindungan untuk dada, lutut, dan kaki pengemudi hanya dinilai “marginal.”

Pada uji tabrak samping, Latin NCAP menemukan “intrusi yang relevan” di kabin penumpang. Selain itu, Groove hanya dilengkapi dengan empat kantong udara standar, dan tidak ada sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) yang bahkan ditawarkan sebagai opsi.

Baca juga  Penjualan Suzuki Meroket 9 Persen, Ini Model Paling Laris

Dalam evaluasi perlindungan pejalan kaki, SUV kecil ini juga hanya memberikan perlindungan “lemah dan sedang” untuk kepala, perlindungan paha atas “buruk,” sementara perlindungan kaki bawah dinilai “baik dan marginal.”

Peringkat nol bintang ini didasarkan pada skor rendah di semua kategori utama: 39,42% untuk Penumpang Dewasa, 68,57% untuk Penumpang Anak, 36,37% untuk Perlindungan Pejalan Kaki dan Pengguna Jalan Rentan, serta 58,14% untuk Fitur Keselamatan.

Tidak Disarankan Dibeli

image1258

Latin NCAP bahkan menyarankan konsumen untuk tidak membeli Chevrolet Groove sebelum perbaikan keselamatan dilakukan.

Ketua Latin NCAP, Stephan Brodziak, menyampaikan, “Kami mendesak Chevrolet untuk segera mengatasi kekurangan keselamatan serius pada Chevrolet Groove, yang mendapatkan peringkat nol bintang meskipun populer di Amerika Latin. Tes Latin NCAP mengungkapkan struktur yang tidak stabil dan perlindungan marginal bagi penumpang dewasa, serta buruknya perlindungan bagi pejalan kaki dan ketiadaan teknologi penting seperti ADAS. Sebagai SUV terlaris di Chili, penggunaannya yang luas menghadirkan risiko signifikan bagi konsumen. Kami sangat merekomendasikan konsumen untuk menghindari model ini hingga perbaikan dilakukan dan diuji.”

Baca juga  Ini Dua Mobil yang Akan Digunakan Paus Fransiskus Selama di Jakarta

Chevrolet Groove bukan satu-satunya merek besar yang mengalami situasi sulit ini. Baru-baru ini, crossover kecil Toyota Raize juga mendapatkan peringkat nol bintang dari Latin NCAP. Demikian ulasan terkait Chevrolet Groove yang mendapatkan peringkat nol NCAP. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika