Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Koleksi Mobil Menkominfo Budi Arie Setiadi, Ada VW Scirocco!

by Firdaus Ali
Koleksi mobil Menkominfo

Berikut akan kami ulas mengenai koleksi mobil Menkominfo, Budi Arie Setiadi yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (17/7/2023). Menariknya pria yang pernah menjadi Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tersebut memiliki lini kendaraan menarik, salah satunya VW Scirocco.

Sebagai pejabat negara, Arie Budi Setiadi diwajibkan mengisi Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Dalam laporan 28 Februari 2023/Periodik – 2022 tersebut, tercatat koleksi mobil Menkominfo tersebut ada tiga. Dua berasal dari merek Jepang dan satu berasal dari merek mobil Eropa. Berikut daftarnya:

  1. Honda HR-V RU5 1.8 RS Tahun 2019, Hasil Sendiri Rp 390 juta
  2. Honda HR-V Tahun 2016, Hadiah Rp 219 juta
  3. VW Scirocco Tahun 2014, Hasil Sendiri Rp 260 juta

Dengan kata lain untuk alat transportasi, Arie Budi Setiadi memiliki harga sebanyak Rp 869 juta. Sementara untuk total kekayaannya adalah Rp 101 miliar. Cukup fantastis bukan?

Di mana untuk harta terbanyak yaitu berupa aset tanah dan bangunan senilai Rp 62,7 miliar. Dalam LHKPN itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan memiliki 11 aset tanah dan bangunan yang tersebar di daerah Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Bekasi, hingga Padang.

Kembali ke pembahasan koleksi mobil Menkominfo Budi Arie Setiadi. Dari ketiga kendaraan yang dia punya, kami akan membahas VW Scirocco. Sebab, mobil asal pabrikan otomotif Jerman ini populasinya tidak banyak di Indonesia, serta tidak lagi diproduksi oleh pabrikannya.

Spesifikasi VW Scirocco di Pasar Indonesia

Koleksi mobil Menkominfo

VW Scirocco

Salah satu koleksi mobil Menkominfo Budi Arie Setiadi yang menarik untuk dibahas adalah produk merek Jerman, VW Scirocco lansiran 2014. Hatchback 2 pintu ini yang masih saudara dengan VW Golf ini mempunyai tampilan yang menarik serta spesifikasi mumpuni. 

Pada bagian interiornya, Scirocco tampil cukup sederhana namun tetap sedap dipandang. Dimana tata letak dashboard yang kompak serta jok dibalut dengan material beraksen kotak-kotak kecil.

Untuk jantung pacunya, VW Scirocco menawarkan 2 versi mesin untuk pasar Indonesia. Mesin pertama memakai kapasitas 1.400 cc, 4 silinder, turbocharge bertenaga 158 hp dengan torsi maksimal 240 Nm. Sedangkan mesin kedua mengadopsi kapasitas 2.000 cc, 4 silinder, turbocharge bertenaga 262 hp dan torsi 350 Nm. Kedua mesin itu menawarkan 2 pilihan transmisi, yakni manual 6 percepatan dan otomatis 7 percepatan dengan DSG.

VW Scirocco diklaim sanggup melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 6-8 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimal yang dapat diraih oleh mobil ini di atas kertas mencapai 220-240 km/jam.

Berbicara fitur, VW Scirocco telah dilengkapi dengan rem cakram ABS, Electronic Brake Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Ventilated Disc, Airbag di bagian depan dan samping, serta seatbelt 3 titik di bagian jok depan dan belakang.

Soal dimensi, mobil hatchback 2 pintu yang jarang terlihat di jalanan ini mempunyai panjang 4.258 mm, lebar 1.799 mm, dan tinggi 1.482 mm. Beberapa penggemar otomotif ada juga yang mengatakan bahwa Scirocco adalah VW Golf dengan Tuxedo.

Itulah tadi bahasan soal koleksi mobil Menkominfo, Budi Arie Setiadi. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika