Friday, February 3, 2023
Banner

5 Mobil 2 Pintu Termurah di Indonesia, Sanggup Beli?

by Baghendra Lodra

Mobil 2 pintu. Ya Moladiners, Mobil jenis ini memang identik dengan kesan yang mewah, performa yang menyenangkan, dan desain yang penuh gaya. Tapi mobil 2 pintu identik pula dengan harga yang mahal.

Lantaran semua alasan itu, mobil dengan pintu dua tersebut, biasanya bukan menjadi incaran pembeli mobil pertama. Kapasitas angkut penumpang yang terbatas, hingga kenyamanan dan kepraktisan berkendara yang tak sebaik mobil lainnya, jadi ganjalan.

Walaupun begitu, mobil 2 pintu tetap ada di hati banyak car enthusiast. Biasanya mereka yang berkelas ataupun hobi koleksi kendaraan yang langka. Betul! lantaran populasinya yang tak banyak, biasanya harga mobil-mobil ini tetap tinggi seiring berjalannya waktu.

Nah seiring dengan perkembangan jaman, jenis mobil dua pintu pun semakin bervariasi. Begitu pun dengan harganya yang semakin bersahabat, bahkan terbilang murah. Misalnya, ada mobil dengan pintu dua, bertenaga listrik seharga mulai dari Rp 200 jutaan saja. Bahkan ada juga mobil 2 pintu berjenis SUV (Sport Utiity Vehicle) offroad tangguh seharga Rp 400 jutaan.

Mobil 2 pintu murah yang ada di tulisan ini memang tidak murah-murah banget. Tapi setidaknya, produk yang kami beberkan merupakan yang termurah untuk pasar otomotif Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Wuling Air EV

mobil 2 pintu murah

Wuling Air EV salah satu mobil listrik dua pintu yang sudah dirakit di Indonesia

  • Air ev Standard Range Rp 238.000.000
  • Air ev Long Range Rp 295.000.000
  • Air ev Long Range w Charging Pile Rp 311.000.000

Mobil 2-pintu termurah di Indonesia saat ini bukanlah sedan sport yang menawarkan kesenangan mengemudi. Melainkan hatchback perkotaan mungil yang bertenaga listrik.

Diluncurkan belum lama ini, Wuling Air ev mendobrak pasar otomotif nasional sebagai mobil listrik termurah di Indonesia. Ia dijual dalam dua tipe, yakni Standard Range dengan daya jelajah sejauh 200 km dan tipe Long Range yang memiliki jarak tempuh sejauh 300 km.

Mobil listrik mungil ini memiliki fitur yang cukup modern, misal fitur IoV (Internet of Vehicle), WIND (Wuling Indonesian Command), hingga beberapa teknologi canggih lainnya seperti Smart Start System. 

Jantung atau sumber tenaga kendaraan listrik berdimensi ringkas ini, baterai Lithium Ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk varian Standard Range dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range.

Meskipun mungkin bukan seperti yang kamu bayangkan, tetapi mobil listrik seharga Rp 200 jutaan ini merupakan mobil dua pintu termurah di Indonesia. 

2. Suzuki Jimny

mobil 2 pintu suv, suzuki jimny

Jimny merupakan mobil 2 pintu bergaya SUV

  • Jimny MT (Single Tone) Rp 429.500.000
  • Jimny AT (Single Tone) Rp 442.100.000
  • Jimny MT (Two Tone) Rp 432.500.000
  • Jimny AT (Two Tone) Rp 445.100.000

Inilah mungkin salah satu mobil paling fenomenal di pasar otomotif nasional selama ini. Bagaimana tidak, sejak diluncurkan pada GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019, hingga kini inden Jimny masih panjang.

Alasannya sederhana. Jimny punya keunikan tersendiri untuk ukuran mobil berdimensi ringkas. Selain desain barunya sukses mempertahankan DNA lama yang ikonik, performa sistem penggerak 4×4 miliknya memang istimewa.

Sejak dahulu Suzuki Jimny dikenal sebagai offroader ulung lantaran memiliki jarak sumbu roda dan jarak pijak roda yang pendek. Alasan ini menjadikannya mampu menaklukan beragam medan jalan dengan baik. Apalagi ia dibekali denga ground clearance setinggi 210 mm.

Performa mesin K15B juga sudah dikenal irit. Mesin yang sama yang dipakai Suzuki Ertiga. Meski demikian, tenaga yang dihasilkan mengalami penuruan dibanding Ertiga. Mesin 1,5 liter 4-silinder menghasilkan tenaga 102 PS dengan torsi puncak 130 Nm.

Suzuki Jimny mungkin juga masih jauh dari bayang kamu tentang mobil 2-pintu. Apalagi sebetulnya Jimny punya 3-pintu. Tapi jangan anggap pintu belakang karena hanya untuk akses bagasi.

Bentuknya juga bukan sedan coupe melainkan SUV. Apapun itu, SUV ini sukses menjadi mobil dengan sistem penggerak 4×4 dengan kemampuan offroad mumpuni yang termurah di Indonesia.

3. Mazda MX-5 RF

mobil 2 pintu - mazda mx-5 rf

Roadster dua pintu yang harganya terjangkau, Mazda MX-5 RF

  • MX-5 RF MT Rp 789.900.000
  • MX-5 RF AT Rp 799.900.000

Nah mobil yang satu ini mulai mendekati harapan kamu nih. Sedan dua pintu yang punya desain eksotis bak mobil super berperforma tinggi. Mazda MX-5 RF juga hanya berkapasitas 2-penumpang.

Malahan dapat bonus lagi, atapnya dapat dibuka. Itu sebabnya Mazda MX-5 RF menjadi mobil convertible termurah di Indonesia. Walau paling murah, Mazda MX-5 RF tetap menjadi mobil yang kece dan asyik buat dibawa flexing ke temen kamu.

Spesifikasi yang diusung Mazda MX-5 RF sebetulnya tidak terlalu istimewa. Mesin 2,0 liter Skyactiv-G menghasilkan tenaga 184 PS dengan torsi puncak 205 Nm. Tersedia dua pilihan transmisi, manual 6-speed dan otomatis 6-speed.

Meski demikian, roadster ini menawarkan rasa kesenangan mengemudi yang tiada duanya. Mobil-mobil Mazda memang dikenal memiliki karkter berkendara yang spoty. Mazda MX-5 RF ini adalah salah satunya.

4. Mini Cooper 3 Door

mobil 2 pintu - Mini Cooper S Bayswater Limited Edition

Walau namanya 3-door, Mini Cooper tapi ini masuk ke dalam kelas mobil dua pintu

  • Cooper Rp 885.000.000
  • Cooper S Rp 999.000.000
  • John Cooper Works Rp 1.150.000.000

Namanya saja sudah 3-door, kok masuk jejeran mobil 2-pintu termurah? Ya, karena pintu ketiganya bukan untuk akses masuk penumpang melainkan barang. Toh desain dan tampilan Mini Cooper ini sangat sporty kan dari samping?

Lagipula Mini Cooper punya tagline “Maximum Go-Kart Feeling”. Hatchback compact ini diciptakan di atas rancang bangun yang seimbang sehingga menghasilkan rasa berkendara yang sangat menyenengkan. Respons kemudi dan pedal gas yang instan menjanjikan senyum mengembang setiap saat kamu berkendara di dalamnya.

Ini karena ia dibekali mesin 4-silinder 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 136 PS dengan torsi puncak 220 Nm. Output yang cukup besar untuk ukuran mobil mini. Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam, 8,1 detik dengan kecepatan maksimum 210 km/jam.

Masih kurang kencang? Ada varian Mini Cooper S yang bertenaga 192 PS dengan torsi puncak 280 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam 6,7 detik saja dan kecepatan maksimumnya 235 km/jam. Performanya lebih buas karena varian Cooper S memakai mesin 2,0 liter.

Ada yang lebih beringas lagi. Varian John Cooper Works memakai mesin berkapasitas 2,0 liter juga tetapi tenaga yang dihasilkan 231 PS dengan torsi puncak 320 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dan kecepatan maksimumnya 246 km/jam. 

5. Toyota GR 86

mobil dua pintu - toyota gr 86

Toyota GR86 merupakan mobil sport dua pintu

  • GR 86 2.4L M/T (Spot Order*) Rp 922.000.000

Terakhir namun yang tak boleh dilupakan, Toyota GR 86. Mobil legendaris yang sejak kelahirannya sukses memuaskan para penggemar drifting di seuruh dunia. Saudara kembar Subaru BRZ ini dijual dengan harga di bawah Rp 1 milyar.

Bahkan mungkin di antara deretan mobil 2-pintu yang ada di artikel ini, Toyota GR 86 merupakan satu-satunya mobil sport murni. Ia bukan mobil listrik mungil, ia juga bukan mobil offroad, mobil beratap terbuka maupun hatchback perkotaan. 

Toyota GR 86 dibekali mesin boxer (horizontally-opposed) 2,4 liter yang bertenaga 235 PS dengan torsi puncak 250 Nm. Soal transmisinya pakai otomatis 6-speed. 

Sebetulnya selain Toyota GR 86, ada beberapa mobil lain yang masuk kandidat 5 mobil 2-pintu termurah di Indonesia. Misalnya Toyota GR Yaris yang juga dijual di bawah Rp 1 milyar. Hanya saja kuota yang terbatas sudah habis terjual.

Ada juga Volkswagen Scirocco yang juga tak kalah kece. Namun mobil dua pintu dengan harga bersahabat ini sudah tak lagi diproduksi di dunia. 

Kalau kelima mobil 2-pintu di atas masih terlalu mahal, ada beragam pilihan mobil dua pintu bekas yang maharnya sudah pasti jauh lebih murah. Temukan mobil 2 pintu bekas impian kamu di Moladin. Karena Moladin merupakan platform jual-beli mobil bekas berkualitas.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika