Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mr Bean Jajal Toyota GR Yaris H2, Mobil Tanpa BBM!

by Firdaus Ali
Toyota GR Yaris Hidrogen

Mr Bean jajal Toyota GR Yaris H2 di event Goodwood Festival of Speed yang digelar 13-16 Juli 2023 lalu. Aktor bernama asli Rowan Atkinson itu mengatakan, bahwa GR Yaris Hidrogen merupakan mobil masa depan yang ramah lingkungan.

Dilansir dari laman Carbuzz, aktor komedi kawakan tersebut terlihat antusias saat mencoba Toyota GR Yaris H2. Mr Bean mengapresiasi Toyota karena berani melakukan inovasi bahan bakar hidrogen. Menurutnya, itu justru akan membuat upaya mempertahankan mobil dengan mesin konvensional tetap ada.

“Saya punya Toyota GR Yaris di rumah dan ini mobil sebenarnya sama. Masih menggunakan mesin konvensional namun sedikit mengalami perubahan di bagian sistem bahan bakar karena bisa menggunakan hidrogen. Ini seperti yang tengah dilakukan oleh Formula 1 saat di mana mesin konvensional menggunakan bahan bakar sintetis. Itu sama dengan yang dilakukan Toyota,” terangnya.

Kejutan yang dilakukan Mr Bean tersebut tentu menarik perhatian khalayak yang hadir di event Goodwood Festival of Speed. Bukan tanpa alasan, mobil yang digeber juga bukan mobil biasa. Mobil hatchback tersebut telah mendapatkan racikan khusus dari Insinyur Toyota agar bisa mengadopsi bahan bakar hidrogen.

Baca juga  Promo Auto2000 Sambut Imlek, Ada Bunga Nol persen

Sekilas Mengenai Toyota GR Yaris Hidrogen

Toyota GR Yaris Hidrogen

Toyota GR Yaris Hidrogen

Toyota GR Yaris hidrogen (H2) merupakan sebuah mobil konsep yang masih dalam tahap studi alias pengembangan dari tim Research and Development Toyota. Terobosan ini merupakan salah satu bentuk kampanye Toyota dalam menyuarakan dan memerangi musuh besar saat ini yaitu emisi gas buang.

Toyota GR Yaris H2 ini sebenarnya masih menggunakan mesin konvensional, yaitu 1.6L, 3 silinder dengan turbo. Hanya saja untuk versi hidrogen sudah melalui modifikasi pada sistem saluran bahan bakar ke mesin, sehingga memungkinkan penggunaan hidrogen sebagai pengganti bahan bakar bensin.

Menariknya, tenaga yang dihasilkan diklaim masih sama dengan Toyota GR Yaris konvensional yaitu 257 hp. Jadi soal performa, tidak ada perbedaan.

Sebagai informasi, Toyota GR Yaris hidrogen (H2) ini sebelumnya sudah diuji coba dalam ajang motorsport sebagai pembuktian durability dan keamanan dalam penggunaan sistem suplai bahan bakar hidrogen. Dalam hal ini, Toyota GR Yaris H2 ini pernah mengikuti ajang WRC ke-9 di Ypres, Belgia, pada Agustus 2022 dan juga seri ke-13 di Jepang pada November 2022.

Baca juga  Toyota Innova Zenix Hybrid Vs Innova Reborn Diesel, Bagus Mana?

Bahkan untuk memastikan keamanan GR Yaris H2 ini, Presiden Direktur Toyota Motor Corporation Akio Toyoda, mencoba langsung saat berlaga di WRC. Dikatakan, kesenangan berkendara versi bahan bakar hidrogen ini masih tetap menyenangkan seperti varian reguler. Sebab pengemudi masih bisa mendengar raungan suara knalpot namun emisi yang dikeluarkan sangat rendah.

Oh ya, seperti disebutkan sebelumnya bahwa GR Yaris H2 pernah diuji dalam event rally, maka ruang interiornya dilengkapi dengan roll bar dan jok pada baris kedua dilepas untuk menampung 2 tabung hidrogen.

Itulah tadi bahasan Mr Bean jajal Toyota GR Yaris Hidrogen. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika