Friday, December 9, 2022
Banner

Kisah Mobil Mr. Bean, Mini Paling Terkenal di Dunia!

by Tigor Sihombing
Mobil Mr. Bean

Mobil Mr. Bean dalam serial televisinya telah membawa Rowan Atkinson sang aktor, banyak menjalani petualangan kocak dan seru hingga membuatnya terkenal di dunia. Tapi tahukah kamu, jika Mr. Bean memiliki lebih dari satu mobil Mini yang digunakan selama penayangan film serialnya?

Ada dua alasan mengapa mengapa mobil Mini menjadi elemen penting dari film-film seri Mr. Bean. Pertama, adalah karena  Rowan Atkinson sebagai pemeran Mr. Bean adalah seorang car enthusiast yang akut. Terbukti di dunia nyata, Atkinson banyak mengkoleksi kendaraan dari berbagai tahun dan genre. Atkinson juga hobi balapan dan memiliki SIM khusus untuk truk. Maka dari itu, Atkinson selalu menjadikan mobil sebagai bagian penting dari aktingnya termasuk di Mr. Bean.

Yang Kedua, dari series film tersebut, Mr. Bean banyak mamainkan peran dalam berbagai situasi. Maka dari itu diperlukan gimik-gimik benda menarik untuk mengembangkan aktingnya. Mulai dari boneka beruang, jas yang digunakan, hingga mobil Mini.

Sebagai yang kita ketahui, dari banyak mobil kecil di Eropa, rupanya Atkinson memilih Mini dengan pilihan warna mencolok dan terlihat lucu sebagai properti syuting. Hal ini bukan tanpa alasan. Melainkan karena Atkinson muda dulunya juga menggunakan mobil besutan Inggris, yakni Morris Minor punya ibunya untuk belajar mengemudi.

Mungkin hingga saat ini, mobil Mr. Bean yang terkenal adalah hanya yang berkelir hijau dengan kap berwarna hitam. Tapi di balik layar series tersebut, Mr. Bean menghabiskan setidaknya enam mobil Mini yang digunakan selama keperluan syuting.

Baca juga  Spesifikasi Mini Facelift 2021, Lebih Dewasa!

Hal ini tentu saja, karena dalam film petualangan Mr. Bean, mobil yang digunakannya sering dirusak, atau dihancurkan, dan atau mengalami mati mesin. Selain itu kelangkaan suku cadang juga sering jadi masalah. Hal ini manarik, rupanya problem kelangkaan sparepart Mini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di negara asalnya Inggris. Maka tidak heran, Rowan Atkinson dan Richard Curtis selaku pencipta Mr. Bean harus memiliki mobil lainnya untuk kanibal sparepart.

moladin tampil baru blog banner

Mini Orange Mr. Bean

Mobil Mr. Bean

Mr. Bean juga pernah menggunakan mobil Mini Orange (di belakang mobil biru) dalam film pertamanya

Jauh sebelum menggunakan Mini berwarna hijau, Mr. Bean pernah memakai Mini berwarna orange. Mini tersebut digunakan pada seri perdana yang tayang di 1 Januari 1990.

Adegan paling terkenal adalah ketika Mini orange Mr. Bean menyeruduk mobil Reliant Robin hingga terguling. Mobil Reliant Robin sendiri adalah salah satu model yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Inggris, beroda tiga dan bertampang “bloon”.

Selain itu pada Mini orange tersebut juga banyak detil ikonik yang pastinya dihadirkan sebagai gimik film. Misalnya gembok yang digunakan Mr. Bean untuk mengunci pintu, selain itu mobil tersebut juga sering digunakan sebagai adgan kecelakaan akibat kecerobohan Mr. Bean.

Baca juga  3 Keunggulan Mini Electric Collection, Varian Termahal!

Selain itu, pernah dalam satu adegan, gembok ikonik yang biasa digunakan Mini Orange untuk mengunci pintu tidak terlihat. Hal ini, karena lupa terpasang saat pemindahan parts. 

Yang juga menarik dari mobil ini adalah mengandung perdebatan. Terutama soal jenis Mini apa sebenarnya yang digunakan. Banyak yang menyebut Mini tersebut adalah series dari MK2 Morris. Di beberapa komunitas Mini, ada yang mengatakannya sebagai MK1 Austin Mini tapi dengan gril dan lampu belakang yang terpasang milik MK2. Silang pandapat ini, karena mobil tersebut dibeli dari seseorang yang diduga telah merestorasi mobil, namun untuk beberapa komponennya hasil kanibal dari jenis generasi Mini lain.

Leyland Cars Mini 1000 Mark IV Jadi Mobil Mr. Bean Paling Ikonik

mobil mr. bean Leyland 1000 Mark IV

Warna mobil Mr. Bean yang paling terkenal adalah Austin Citron Green dari model Leyland 1000 Mark IV

Setelah Mini orange, barulah Mr. Bean menggunakan mobil berkelir hijau, dengan kap hitam. Warna pastinya adalah Austin Citron Green. Menurut kami, inilah mobil Mini Cooper paling terkenal di dunia. Mengusung Mini model Leyland 1000 Mark IV keluaran tahun 1977, dengan pelat nomor SLW 287R.

Nah fakta menariknya, mobil Mini yang dipakai untuk film Mr. Bean tidak cuma satu, melainkan total ada 6 uni. Untuk mobil intinya, dibuat dengan detail lebih komplet hasil kanibal parts Mini yang lain. Bahkan beberapa komponen seperti setir, jok, dan karpet mengambil dari Mini Orange yang ada di film pertama.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Atap Terbuka di Indonesia, Ada yang Murah?

Sedangkan adegan paling terkenal pada Mini hijau adalah ketika Mr. Bean menabrak kontainer sampah. Adegan lainnya ketika Mr. Bean sehabis belanja sofa, diletakan di atas mobil, dan mengemudikannya sampai rumah appartemen dengan cara duduk dari atas sofa, yang terpasang di atas mobil.

Soal mesinnya pakai kubikasi 1.0-liter yang bisa melontarkan torsi 70 Nm dan tenaga 35 PS. Dengan jantung mekanis itu, mobil Mr. Bean bisa melaju dari 0-100 Km/jam dalam 17,8 detik. Setidaknya itulah spesifikasinya ketika baru.

Koleksi Mobil Mr. Bean di Dunia Nyata Sebagai Rowan Atkinson

mobil Mr. Bean

Rowan Atkinson selaku pemeran Mr. Bean adalah car enthusiast

Di luar dunia film, ternyata pemeran Mr. Bean ini mengkoleksi beberapa mobil langka. Maklum, dia adalah seorang car enthusiast.

Selain itu jika diperhatikan mobil-mobil koleksiannya tersebut kebanyakan juga berasal dari negara Inggris, yang notabene negara Rowan Atkinson berasal. Seperti apa deretan koleksi mobil Mr. Bean di dunia nyata. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Land Rover Defender 90 Heritage
  2. BMW 328
  3. Aston Martin V8 Vantage (1977)
  4. McLaren F1
  5. Aston Martin V8 Zagato (1986)
  6. Bugatti Veyron
  7. Bentley Mulsanne Birkin-Edition (2014)
  8. Rolls Royce Phantom
  9. Lancia Integrale
  10. Aston Martin DB2
  11. Honda Acura NSX

Demikian ulasan Mobil Mr Bean. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika