Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Rekomendasi 7 Mobil Rp 300 Jutaan Terbaik, Pas Buat Keluarga

by Firdaus Ali
mobil Rp 300 jutaan

Ada beberapa rekomendasi mobil Rp 300 jutaan yang menarik untuk dipinang. Dengan harga segitu, terdapat segmen SUV dan MPV sebagai pilihannya, bahkan untuk mobil keluarga 7-seater seperti Xpander Cross, Wuling Almaz, hingga Hyundai Stargazer.

Mobil yang ditawarkan oleh pabrikan otomotif untuk pasar Indonesia ini juga tidak sembarangan. Dengan banderol Rp 300 jutaan, fitur-fiturnya juga modern serta tersedia mesin turbo. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik konsumen untuk memilikinya.

Nah, mau tahu apa saja rekomendasi mobil Rp 300 jutaan yang beredar di Indonesia? Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Mitsubishi Xpander Cross (Rp 316,750 Juta – Rp 342,650)

mobil Rp 300 jutaan

Mitsubishi Xpander Cross

Rekomendasi mobil Rp 300 jutaan yang pertama adalah Mitsubishi Xpander Cross CVT. Mobil keluarga dengan segmen MPV ini tampilan eksteriornya semakin gagah setelah mengalami facelift.

Selain itu, Xpander Cross terbaru juga sudah ada teknologi teknologi Active Yaw Control (AYC). Fitur Active Yaw Control (AYC) adalah sistem keselamatan yang berjenjang.

Jadi biasanya entry level pasti rem ABS, kemudian ada TC (traction control) atau ASC (active stability control), setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem berjenjang yakni AYC.

Adapun cara kerja dari AYC Active Stability Control (ASC) adalah tahap pertama, ketika mobil kelihatan agak selip, maka putaran mesin dikurangi. Kemudian ketika mobil sudah di jalurnya, pasti akan mau terus kencang dan berpotensi selip dan keluar jalur lagi. Di sinilah fitur AYC di Xpander Cross akan bekerja.

Variabel dari sistem AYC ada empat, di mana variable tersebut bisa membaca keempat piranti lain yang terhubung dengan system AYC. Keempat piranti tersebut adalah wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem.

Selain itu mobil 7-seater ini juga sudah mengadopsi rem tangan elektrik dan AC digital. Dan untuk menambah kenyamanan selama berkendara, disematkan suspensi belakang milik Pajero Sport.

Dan yang tak kalah penting adalah dengan hadirnya sistem transmisi CVT. Seperti diketahui, CVT memberi perpindahan gigi lebih halus saat berkendara santun. Kemudian konsumsi BBM juga diklaim lebih irit dibanding transmisi otomatis konvensional yang ada di model lama.

2. New Cortez EX 1.5T Lux+ CVT (Rp 337,650 Juta)

mobil Rp 300 jutaan

Wuling Cortez EX

Kemudian, rekomendasi mobil keluarga Rp 300 jutaan selanjutnya adalah Wuling Cortez EX 1.5T Lux+ CVT. MPV asal Cina ini hadir dengan berbagai fitur yang moden yang di gadang-gadang menjadi pesain dari Toyota Innova.

Baca juga  Performa Mesin Innova Hybrid, Lebih Irit dari Diesel?

Ada beberapa fitur moden yang hadir di Cortez EX 1.5T Lux+. Yang pertama adalah fitur IoV. Dimana fitur ini mampu mengakomodias berbagai pengaturan soal mobil, seperti mengaktifkan mesin, AC, buka jendela, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan lewat smartphone.

Tak hanya itu saja, Cortez Facelift 2022 sudah menggunakan teknologi WIND atau perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Selain fitur loV, headunit pada Cortez facelift 2022 juga terdapat Wireless Mirrolink yang membuat tayangan dari smartphone ke head unit tanpa kabel, USB dengan Fast Charging untuk mengisi daya gawai dengan cepat, Internet Connectivity dan built-in apps, Bluetooth, Navigation sampai dengan Vehicle setting guna mengatur fungsi kendaraan.

Untuk fitur keselamatan, ada kamera parkir, sensor parkir depan belakang, seat belt reminder, Auto Vehicle Holding, Electric Parking Brake, Electric Stability Control, rem cakram depan belakang.

Kemudian ada pula fitur Hill Hold Control, 4 buah airbag di depan dan samping, fatigue driving warning, ABS, EBD, BA, Emergency Stop Signal, dan Tire Pressure Monitoring System.

Soal jantung pacunya, Cortez EX 1.5T Lux+ CVT mengusung mesin yang sama dengan Cortez sebelumnya, yaitu mesin 1.500 cc, empat silinder, dengan teknologi DVVT. Namun untuk varian baru ini ada tambahan turbo. Alhasil di atas kertas, Cortez CT memiliki torsi puncak yang bisa tembus 250 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm dan tenaga maksimal 140 hp pada 5.200 rpm.

3. Wuling Almaz (Rp 303,5 – Rp 385,5 Juta)

mobil Rp 300 jutaan

Wuling Almaz

Rekomendasi mobil Rp 300 jutaan selanjutnya adalah Wuling Almaz yang ditawarkan dengan varian 1.5T SE MT, 1.5T SE CVT, 1.5T EX CVT 5-seater, dan 1.5T EX CVT 7-seater. Adapun harganya mulai dari Rp 303,5 juta hingga Rp 385,5 juta.

Mobil dengan pilihan tempat duduk 5-seater dan 7-seater ini sudah dilengkapi dengan fitur WIND (Wuling Indonesian Command). Fitur ini memungkinkan pengemudi atau penumpang bisa berinteraksi dengan sistem hiburan serta fungsi mobil lainnya hanya dengan perintah suara.

Baca juga  Toyota Luncurkan Alphard dan Vellfire 2021, Apa Istimewanya?

Soal fitur kelesamatan, Almaz 1.5S+ T CVT dan varian di atasnya sudah menyematkan Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), Anti – lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC).

Selain itu, mobil 7-seater Rp 300 jutaan ini juga punya Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS). Kemudian ada Electric Parking Brake (EPB), cruise control dan Auto Vehicle Holding (AVH).

4. Hyundai Creta Trend (Rp 313,5 Juta – Rp 333,5 Juta)

mobil Rp 300 jutaan

Hyundai Creta Trend iVT

Berikutnya, mobil Rp 300 jutaan ada Hyundai Creta varian Trend MT (Rp 313,5 juta) dan iVT (Rp 333,5 juta). Mobil asal Korea Selatan ini tampil dengan gaya yang modern.

Mobil SUV ini mempunyai fitur yang mumpuni. Yaitu fitur Bluelink yang merupakan salah satu fitur keselamatan aktif. Dimana fitur tersebut menaungi fitur Auto Collision Notifiction (ACN), SOS/Emergency Assistance, Road Side Assistance (RSA), Stoleh Vehicle Notification, Stolen Vehicle Tracking, serta Stolen Vehicle Immobilization.

Tak hanya itu saja, terdapat juga fitur Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Hill-start Assist Control (HAC), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance (RCCA), Rear View Monitor (RVM), serta 6 titik Airbag.

Kemudian, ada pula wireless charging, headunit 10.25 inch Full TFT LCD Meter Cluster dan 8-inch headunit Audio yang terintegrasi dengan smartphone.

5. Hyundai Stragazer Prime iVT (Rp 316,2 Juta)

mobil Rp 300 jutaan

Hyundai Stargazer Prime

Mobil Rp 300 jutaan selanjutnya masih dari pabrikan otomotif Korea Selatan yaitu Hyundai Stargazer Prime iVT yang dibanderol Rp 316,2 juta.

Hyundai Stargazer memiliki fitur yang lebih istimewa dibanding varian lain. Diantaranya jok kulit, hingga teknologi Hyundai Smart Sense. Dimana di teknologi itu sudah terintegrasi Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, dan lain-lain. Alhasil membuat berkendara bersama Stargazer Prime terbaru lebih safety.

Eksterior Stargazer Prime terbaru juga lebih unggul dibadning varian lain. Pasalnya tersedia opsi warna bodi two tone: magnetic silver metallic with black roof, creamy white pearl with black roof, dan dragon red pearl with black roof.

Kemudian di versi Stargazer Facelift 2023, panel instrumennya punya posisi agak turun. Alhasil lebih nyaman untuk visibiltas berkendara. 

Baca juga  4 Cara Aman Pajero Sport Bisa Pakai Solar Subsidi, Mau Coba?

6. New MG ZS (Rp 315,8 Juta – Rp 355,8 Juta)

mobil rp 300 jutaan

MG ZS

New MG ZS hadir dalam 3 varian, yaitu ZS Active yang dibanderol harga Rp 315,8 juta, ZS Ignite Rp 335,8 juta dan ZS Magnify Rp 355,8 juta.

Ketiga varian New MG ZS mengadopsi mesin 1.5-liter DOHC VTi-TECH peminum bensin. Di atas kertas bisa melontarkan torsi 150 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 114 PS pada 6.000 rpm melalui transmisi CVT 8-speed.

Dari sisi fitur keselamatan, ada 6 airbags, anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), sampai dengan electronic brake assist (EBA). Ada pula stability control system (SCS), curve brake control (CBC), traction control system (TCS), hill start assis (HAS), dan emergency stop signal (ESS).

7. DFSK Glory i-Auto CVT (Rp 365,2 Juta)

mobil rp 300 jutaan

DFSK Glory i-Auto

Di atas kertas, spesifikasi DFSK Glory i-Auto mengusung mesin berkode SFG15T berkubikasi 1.5 liter turbocharged. Mesin yang sama dengan yang tersedia di saudara kandungnya, Glory 580.

Mesin berkapasitas 1.498 cc cc turbo itu mampu menghasilkan daya sebesar 150 PS pada 5.600 rpm dan torsi di 220 nm pada putaran 1.800-4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan diklaim mumpuni untuk menghadapi segala medan jalan di Indonesia.

Berbeda dari Glory 580, pada Glory i-Auto sudah dipersenjatai dengan transmisi CVT generasi teranyar dengan kode VT5 yang dilengkapi dengan manual mode 7-percepatan.

Fitur yang cukup menarik dari data spesifikasi DFSK Glory i-Auto adalah hadirnya fitur Glory i- Talk. Teknologi ini merupakan fitur voice command atau perintah suara.

Fitur i-Talk memiliki lebih dari 100 fungsi kontrol suara yang tersambung dengan phone Connection, voice navigation, media command, car feature voice control, sampai connectivity.

Sebagai contoh pengemudi ataupun penumpang cukup menyebutkan answer the call’ untuk mengangkat panggilan telepon. ‘Open sunroof’ untuk membuka sunroof secara otomatis, atau ‘play music’ untuk memainkan musik yang ada di sistem multimedia.

Moladiners, itulah ulasan mengenai rekomendasi mobil Rp 300 jutaan. Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika