by

6 Mobil Tahun 80an yang Diburu Masyarakat Hingga Kini

Mobil tahun 80an kerap menjadi buruan masyarakat, terlebih bagi pecinta mobil lawas atau retro yang kini semakin digandrungi. Alasan lain orang lebih memilih mobil tua tentunya terkait harga yang lebih terjangkau.

Namun tak jarang mobil tahun 80an harganya juga cenderung cukup tinggi. Bahkan setara dengan nilai mobil baru.

Tak jarang sejumlah mobil tahun 80an dianggap sebagai barang investasi. Bukan semakin murah, justru harganya semakin meningkat.

Contoh nyatanya seperti mobil built up (CBU/Completely Built Up), mobil tahun 80an yang punya desain klasik. Pun begitu, tak semua mobil tua bisa jadi investasi.

Setidaknya ada sejumlah kriteria yang membuat mobil tua, punya harga yang terus meningkat. Ciri utama mobil tahun 80an yang punya harga terus meningkat adalah mobil itu datang langsung dari luar negeri dan bukan yang dijual oleh agen pemegang merek (APM) di Indonesia.

Ada sejumlah mobil tahun 80an yang punya harga cukup fenomenal, seperti Corolla DX versi kupe. Barangnya cukup langka di temui di Indonesia sekarang ini.

Kriteria mobil tahun 80an yang punya nilai tinggi, juga harus memiliki keunikan dibandingkan mobil yang banyak beredar di Indonesia. Misalnya mobil jenis coupe atau dua pintu, station wagon, hingga convertible atau atap terbuka.

Sebagai perumpamaan, mobil tahun 80an yang punya harga tinggi. Corolla DX model sedan yang kondisinya sudah rapi jika dijual sekitar Rp 100 jutaan. Sementara untuk model coupe atau station wagon bisa mencapai Rp 150 jutaan hingga Rp 170 jutaan.

Wah.. harganya bahkan lebih mahal lebih mobil-mobil LCGC yang dipasarkan saat ini di Indonesia, seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan sejumlah produk lainnya.

Selain itu, ada sejumlah mobil tahun 80an yang masih menjadi buruan masyarakat di Tanah Air. Ingin tahu apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga  5 Tips Beli Honda Civic FD Bekas, Jangan Menyesal!

1. Nissan Fairlady, Sportcar Jadul yang Menggoda

Nissan Fairlady ZX300, mobil tahun 80an yang jadi buruan
Nissan Fairlady ZX300, mobil tahun 80an yang diburu hingga saat ini

Bicara mengenai mobil tahun 80an yang kerap jadi buruan pertama jatuh kepada Nissan Fairlady 300ZX yang dilansir tahun 1985. Meski terbilang sebagai mobil lawas, namun mobil ini menawarkan kemewahan yang sangat baik.

Nissan Fairlady menyajikan desain dua pintu yang mewah. Bagian atap kanan dan kiri penumpang dapat dibuka secara manual.

Berbeda dengan sunroof atau moonroof, mobil ini tidak terbuka secara keseluruhan. Namun ada pembatas di bagian tengahnya. Bagian lampu depannya juga memungkinkan untuk diatur posisinya agak naik.

Di atas kertas, mobil ini dibekali mesin berkubikasi 3.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 162 Hp.

Masuk ke dalam kabin, mobil ini menyuguhkan desain dwi warna berkelir abu-abu dan krem diberi sentuhan hitam yang membuat tampilannya semakin menarik.

Fairlady juga sudah dilengkapi dengan fitur hiburan yang sudah cukup baik. Sudah dilengkapi dengan sistem audio yang sudah mumpuni.

2. Toyota Starlet XL, Hatchback Tua yang Menawan

Toyota Starlet XL
Toyota Starlet XL dilansir pada tahun 1987 dan berakhir produksi 1990

Toyota Starlet XL menjadi salah satu mobil tahun 80an yang kini banyak digandrungi masyarakat. Mobil ini dirilis tahun 1987 dan berhenti produksi pada 1990.

Starlet XL memiliki punya desain kotak, namun cembung di bagian belakang. Tidak banyak ornamen di sisi eksteriornya, hanya terdapat gril model dua garis yang dihiasi emblem pabrikan.

Lampu utama senada dengan desainnya, berbentuk kotak dan masih menggunakan lampu halogen. Garis besar desain eksteriornya simpel, namun menarik.

Beralih ke interior, Toyota Starlet XL punya kabin yang didominasi kelir hitam. Seluruh jok dibalut dengan bahan fabric bermotif garis-garis putih dan abu-abu.

Untuk jantung mekanisnya, Starlet XL dipersenjatai mesin berkubikasi 1.000 cc 4 silinder. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 54 dk dengan torsi maksimum 75 Nm pada torsi 3.800 rpm.

3. Honda Civic Wonder SB3, Mobil Tahun 80an yang Memikat

Honda Civic Wonder SB3
Honda Civic Wonder SB3 banderolnya kini cukup tinggi dipasaran

Honda Civic Wonder SB3 menjadi mobil tahun 80an yang kini diburu banyak pecinta retro di Indonesia. Mobil yang dirilis tahun 1984 itu merupakan generasi ketiga Honda Civic yang di produksi hingga tahun 1987 dan diberhenti produksi hingga tahun 1991.

Baca juga  Sejarah Toyota Starlet, Mobil Gaul Anak Muda 90-an

Civic Wonder SB3 ditawarkan dalam dua tipe, yakni SB3 berdesain hatchback dan SB4 dalam bentuk sedan. Di era tahun 1980an, mobil ini menjadi salah satu idola kawula muda.

Bermodalkan desain yang kompak dan dinamis di masanya. Membuat mobil ini jadi salah satu mobil yang cukup banyak diminati masyarakat.

Kabin mobil ini didominasi warna hitam, bagian dasbor masih menggunakan bahan plastik. Civic Wonder SB3 sudah dibekali dengan audio dan AC.

Jantung pacunya mengandalkan mesin berkapasitas 1.3 liter dan belum mengusung teknologi VTEC pada katupnya. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 71 Hp, dan mampu menghasilkan kecepatan maksimal 160 kpj.

4. Toyota Corolla Sprinter

Toyota Corolla Sprinter
Toyota Corolla Sprinter, mobil yang digandrungi era tahun 80an

Toyota Corolla Sprinter menjadi mobil yang cukup populer di Indonesia. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1968 dan berhenti produksi di tahun 2000.

Berbicara desain, mobil 80an yang cukup populer saat ini tersebut punya desain berbentuk kotak yang khas. Mobil ini didukung lampu berbentuk kotak mengambil sisi kanan-kiri dan spion tambahan yang terletak di sisi atas kap mobil.

Corolla Sprinter pun didukung dengan body side molding berwarna hitam. Cukup berbeda dengan bagian luarnya yang berwarna abu-abu tua, interiornya dibalut warna biru dan krem. Sementara setirnya kontras berwarna cokelat kayu.

Untuk dapur pacunya, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin berkubikasi 1.5 liter dan 1.6 liter.

5. Daihatsu Taft, Mobil Klasik yang Tangguh

Daihatsu Taft
Daihatsu Taft, mobil tahun 80an yang dikenal tangguh untuk hadapi segala medan jalan

Pecinta off road kerap memburu mobil tahun 80an yang satu ini. Meski sudah berumur, namun Daihatsu Taft menjadi salah satu opsi bagi masyarakat pecinta petualangan.

Baca juga  5 Indikasi Tune Up Mobil Perlu Kamu Lakukan

Generasi pertamanya diluncurkan pada 1974, sementara di Indonesia baru dikenal pada 1976. Mirip generasi pertama, generasi kedua lahir kembali pada 1977 hingga 1984.

Produk satu ini juga dikenal dengan Daihatsu Taft Kebo. Desainnya terbilang gahar, dan hanya tersedia dalam dua pintu.

Dimensi panjang sebesar 3.320 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 1.860 mm. Daihatsu Taft generasi pertama yang dipasarkan di Indonesia mengandalkan mesin bensi berkapasitas 1.6 liter pada 1974-1977.

Selanjutnya adalah Daihatsu Taft berkode F20, berbekal mesin diesel 2.800 cc. Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 75 hp dengan torsi 172 Nm.

6. Toyota Corolla DX, Mobil Tahun 80an yang Digandrungi

Toyota Corolla DX
Corolla DX masih banyak dicari masyarakat pecinta mobil klasik

Masih membahas mengenai mobil tahun 80an selanjutnya jatuh kepada Toyota Corolla DX. Mobil ini juga dikenal dengan nama Toyota Corolla E70.

Desain bodi yang paling umum ditemui di pasar Indonesia adalah model 4 pintu. Sementara model station wagon dan hatchback sangat jarang sekali ditemui dipasaran.

Di atas kertas, mobil ini dipersenjatai mesin 4K berkapasitas 1.3 liter. Corolla DX hadir di Indonesia pada 1980, awalnya memiliki lampu depan model bulat, bumper menggunakan model besi krom.

Memasuki tahun 1982, mobil ini hadir dengan lampu depan model kotak. Mobil ini terkenal punya mesin yang bandel dan nyaman untuk dikendarai.

Tak heran jika mobil ini menjadi pilihan favorit pada era tahun 1980an hingga saat ini.

Well.. sudah tahukan mobil tahun 80an apa saja yang masih digandrungi hingga saat ini? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian yang ingin punya mobil klasik.

Baca juga:

Terbaru