Friday, January 27, 2023
Banner

Bocoran 12 Mobil Terbaru Tahun 2023: CR-V Hybrid hingga Serena C28

by Tigor Sihombing
mobil terbaru tahun 2023

Banyak mobil terbaru tahun 2023 yang akan meramaikan industri otomotif Indonesia. Menariknya informasi yang kami dapat, kendaraan elektrifikasi seperti hybrid dan mobil listrik bakal mendominasi.

Selain itu, membaiknya kondisi perekonomian pasca covid-19 membuat penjualan mobil terus meningkat di banding tahun-tahun sebelumnya. Data Gaikindo menunjukkan, penjualan wholesales (pabrik ke dealer) mobil nasional telah mencapai 758.216 unit hingga kuartal III-2022. Ini lebih banyak dari tahun 2021, di mana pada kuartal III, penjualan mobil di Indonesia sebanyak 627.537 unit. Hal tersebut tentunya membuka peluang banyak mobil baru hadir di Indonesia pada 2023.

Dari bocorannya, tahun ini bakal ada mobil-mobil facelift seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang akan hadir. Selanjutnya ada pula generasi terbaru dari beberapa pabrikan, seperti Mitsubishi dengan crossover terbarunya XFC, Wuling Alvez, Suzuki XL7 Hybrid, Nissan Serena C28, hingga Mazda CX-60 Hybrid. Sementara untuk mobil listrik, hadir DFSK Mini EV hingga Hyundai Ioniq 6.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak 11 bocoran mobil terbaru tahun 2023 di bawah ini:

1. Honda CR-V Hybrid

mobil terbaru tahun 2023 - honda cr-v hybrid

Mesin Hybrid dan penggerak empat roda hadir di CR-V generasi terbaru

Mobil terbaru tahun 2023 pertama yang diprediksi masuk Indonesia adala Honda CR-V Hybrid. Mobil yang pertama kali muncul di China ini, telah resmi di pasarkan di Amerika Serikat.

Bicara performa, CR-V generasi terbaru ini menggunakan kombinasi mesin 2.0 liter plus dua motor listrik dengan teknologi anyar. Alhasil performanya meningkat tajam tenaga maksimalnya jadi 204 hp (naik 3 hp) dan torsinya 335 Nm (naik 20 Nm). “Sistem hibrida baru juga memungkinkan peningkatkan kecepatan maksimal dari 138 Kpj ke 185 Kpj,” beber rilis resmi Honda Amerika Serikat.

Walau demikian, mesin konvensional turbo berkapasitas 1.5 liter tetap dipertahankan di CR-V 2023 atau Gen-6. Walau demikian, tetap ada penyegaran supaya lebih ramah lingkungan. Tidak ketinggalan, suara mesin direduksi agar tidak terlalu berisik. Bicara performa, torsi puncak 242 Nm bisa dicapai dalam putaran mesin yang lebih rendah 1.700-5.000 rpm. Ini berefek ke respons akselerasi yang lebih mantap.

2. Mitsubishi XFC

mobil terbaru tahun 2023

Mitsubishi XFC

Mobil terbaru tahun 2023 berikutnya yang bakal masuk Indonesia adalah Mitsubsihi XFC. Mobil berjenis crossover compact SUV ini telah diperkenalkan secara global dalam versi concept utuk pertama kalinya di Vietnam Motor Show 2022, yang diselenggarakan pada 26 Oktober silam.

Banyak kemungkinan Mitsubishi XFC akan diperkenalkan di Indonesia, apalagi Naoya Nakamura selaku President Director Mitsubishi Indonesia telah berpendapat mengenai kemungkinan kehadiran SUV ringkas tersebut. “Kami ingin berbagi informasi menyenangkan bahwa Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan menampilkan mobil konsep ini di awal tahun 2023,” kata Naoya Nakamura.

3. Mitsubishi Xpander Hybrid

mobil baru 2023 - mitsubishi xpander hybrid

Xpander Hybrid siap meluncur 2023

Kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid pada 2023 sebenarnya sudah bocor sejak 2020. Informasi ini diperoleh lewat slide presentasi Mitsubishi Motor Corporation (MMC) saat mengungkapkan rencana jangka menengah mereka. Di sana jelas tertulis, bahwa Xpander berteknologi hibrida siap dipasarkan pada akhir tahun ini.

Baca juga  Sejarah Toyota Alphard di Indonesia, Sudah 3 Generasi!

Walau demikian, soal spesifikasi belum ada informasi lebih lanjut. Prediksi kami, Xpander Hybrid bakal menggunakan mesin berteknologi e-Power dari Nissan. Hal ini dimungkinkan, lantaran Nissan dan Mitsubishi memang punya aliansi, terbukti dari kehadiran Livina yang berbasis Xpander. Maka dari itu, bukan tidak mungkin Livina dan Xpander terbaru yang meluncur nanti dapat mesin hybrid e-Power. 

Kalau benar, maka rasa berkendara Xpander Hybrid bakal mirip mobil listrik, lantaran roda digerakkan langsung oleh motor elektrik. Sementara mesin bensinnya cuma berfungsi sebagai generator untuk isi ulang baterai.

4. Toyota Agya dan Ayla Gen-2

Mobil Toyota Paling Irit

Agya GR Sport

Bocoran mobil terbaru berikutnya adalah All New Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Dua mobil kembar dari brand berbeda ini diprediksi akan hadir pada semester pertama 2023. Terkait mesinnya diprediksi menggunakan platform baru, yakni sama dengan yang digunakan Raize dan Rocky: WA-VE 3 silinder 1.2 liter 1.0 liter non turbo.

Di samping itu, bukan tidak mungkin Ayla dan Agya generasi terbaru pakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Platform ini sebelumnya sudah digunakan oleh mobil-mobil terbaru Daihatsu dan Toyota, diklaim lebih ringan serta menyenangkan untuk diajak berkendara.

5. Mazda CX-60 Hybrid

mobil terbaru tahun 2023

Mazda CX-60

Mobil terbaru tahun 2023 berikutnya yang akan masuk Indonesia adalah Mazda CX-60 Hybrid. Informasi ini pun sudah disampaikan Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Ricky Thio. Dia mengatakan, calon mobil hybrid dari Mazda tersebut direncanakan hadir pada 2023 mendatang.

“Untuk produk elektrifikasi, tahun depan (2023) kami masukan mobil hybrid Mazda dahulu. Ini jadi mobil hybrid pertama Mazda di Indonesia,” kata Ricky.

Mobil terbaru Mazda untuk pasar Indonesia ini mengambil basis Sport Utility Vehicle (SUV) dan akan menjadi mobil hybrid pertama EMI di Indonesia. Sekadar informasi, Mazda CX-60 sudah meluncur secara global sebagai SUV pertama brand asal Jepang tersebut yang memiliki teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Mengacu versi globalnya, Mazda CX-60 hybrid mengusung mesin bensin 2.500 cc naturally aspirated dengan motor elektrik. Mesin tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga 189 dk di 6.000 rpm dan torsi 261 Nm di 4.000 rpm.

6. Nissan Serena C28

mobil baru tahun 2023 - nissan serena c28

Nissan Serena generasi terbaru atau versi C28

Mobil terbaru tahun 2023 berikutnya, ada Nissan Serena C28. MPV ini sudah meluncur secara resmi di Jepang pada Senin (28/11/2022).  Lalu apakah Serena terbaru masuk Indonesia? Kemungkinan besar iya, lantaran di Thailand mobil ini sudah wara-wiri untuk pengujian. Tentu hal tersebut jadi kabar gembira, mengingat hampir semua mobil Nissan di Tanah Air, merupakan hasil ekspor dari Thailand.

Baca juga  Perjalanan Wuling Confero Indonesia, Bisa Apa?

Soal mesin, Nissan Serena terbaru punya mesin hybrid atau teknologi e-Power generasi kedua dengan mesin 1.400 cc berkode HR14DDe-EM57. Lalu ada teknologi keselamatan terbaru yaitu ProPilot 2.0. Ditambah lagi ada 100 V AC Power Supply (1.500 Watt) yang bisa digunakan untuk menyalurkan sumber tenaga ke berbagai peralatan listrik.

7. Wuling Alvez

mobil terbaru tahun 2023

Wuling Alvez

Wuling Alvez akan menjadi mobil terbaru tahun 2023 di Indonesia. Model ini sudah diperkenalkan lebih dahulu di negeri asalnya Tiongkok, dan dijual di kisaran harga Rp 120-185 jutaan.

Untuk kehadirannya di Indonesia semakin santer beredar lantaran mobil ini sudah tercatat dalam dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham RI. Dengan Nomor Permohonan DID2022060541, Wuling mendaftarkan hak paten untuk nama Alvez.  

Selain itu mobil yang diduga Wuling Alvez juga pernah tertangkap kamera saat melakukan pengujian di jalanan. Untuk speknya saat ini Wuling Indonesia masih menutup rapat. Tapi untuk spesifikasi yang ada di Tiongkok saat ini, maka akan ada dua jenis mesin yang dijejalkan dalam engine barunya. Ada yang 1.500 cc dan kedua adalah mesin turbo 1.500 cc.

8. Suzuki XL7 Hybrid

mobil terbaru tahun 2023

Sosok Suzuki XL6 Hybrid yang ada di India

Mobil terbaru tahun 2023 selanjutnya ada Suzuki XL7 Hybrid. Model ini akan menyusul saudaranya Ertiga berteknologi mesin ramah lingkungan. Mengacu pada versi India XL7 atau di sana bernama XL6 yang sudah mendapatkan facelift, seperti grille baru berdesain lebih padat dengan motif mesh dan beraksen cross-bar chrome. Mobil ini kemungkinan mendapat lampu belakang LED Smoke Grey, lampu depan Quad Chamber, dan garnish pintu bagasi beraksen chrome.

Soal performa, Suzuki XL6 di India mendapatkan mesin Smart Hybrid K15C Dual Jet berkapasitas 1.462 cc bertenaga 103 hp dan torsi 136,8 Nm. Hal ini berpotensi berbeda untuk Suzuki XL7 Hybrid di Indonesia, mengingat Ertiga Hybrid dapat mesin Smart Hybrid K15B berkapasitas sama, tapi dengan tenaga 104,7 hp dan torsi 138 Nm.

9. SUV Daihatsu D66B

mobil terbaru tahun 2023 - SUV D668

Rendering Perodua Nexis. Foto: Idiyaz

Bocoran mobil terbaru tahun 2023 selanjutnya datang dari Daihatsu. Informasi yang kami dapat, pabrikan berlogo D sedang mengembangkan SUV B Segment yang siap bertarung dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta. Istimewanya lagi, kendaraan ini belum pernah ada sebelumnya.

Beberapa media asal Malaysia menyebut mobil baru ini dengan nama Perodua Nexis, kodenya adalah D66B. Apa hubungannya Perodua Malaysia dengan Daihatsu di Indonesia? Kamu harus tahu, bahwa banyak mobil yang dijual di sini merupakan kembaran dari Negeri Jiran. Sebut saja Perodua Axia adalah Daihatsu Ayla. Lalu Perodua Arus merupakan Daihatsu Terios, dan banyak lagi. Hal tersebut lantaran memang Daihatsu dan Perodua berhubungan kuat.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Sienta Terbaru, Siap Hajar Xpander dan Stargazer

Maka ketika ada informasi soal Perodua Nexis bakal hadir di Malaysia pada 2023, bukan tidak mungkin Daihatsu Indonesia juga akan kebagian unitnya. Prediksi kami, SUV Daihatsu D66B ini punya dimensi lebih bongsor dari Daihatsu Rocky. Lalu mesin yang dipakai pun lebih besar yaitu 1.500 cc dengan transmisi D-CVT, persis Xenia. Menarik bukan?

10. Toyota Yaris Cross

toyota yaris cross - mobil terbaru tahun 2023

Sosok Yaris Cross yang hadir di luar negeri

Kabarnya mobil Toyota terbaru yang siap meluncur pada 2023, ada Yaris Cross. Informasi lain mengatakan, bahwa Yaris Cross ini akan menjadi sosok dari Toyota Rush Gen-3. Jadi informasinya memang masih simpang siur.

Walau demikian, kemungkinan hadirnya Yaris Cross sebagai pengganti Rush tampak dari sudah terdaftarnya nama mobil tersebut di laman resmi Kemenkumham, Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Menariknya lagi, Yaris Cross telah didaftarkan sejak 17 Mei 2020 dengan nomor IDM000736596 atas nama Toyota Motor Corporation. Jadi seharusnya, persiapan dari pabrikan berlogo T sudah matang dan memungkinkan untuk peluncurannya dilakukan pada tahun ini.

Jika benar, maka Yaris Cross bakal sangat berbeda dibanding Toyota Rush. Salah satu ubahannya pakai platform terbaru TNGA seperti mobil-mobil Toyota modern lain. Lalu akan ada penggerak roda depan atau FWD. Bicara mesin, ada kemungkinan pakai serupa dengan Toyota Avanza dan Veloz yaitu 1.500 cc. Bukan tidak mungkin, hadir pula varian hybridnya, seperti yang sudah ada di Yaris Cross di luar negeri yaitu mesin hybrid 1.500 cc berteknologi Toyota Hybrid System II dengan kombinasi transmisi e-CVT.

11. DFSK Mini EV

harga dan spesifikasi dfsk mini ev produksi lokal

DFSK Mini EV produksi lokal siap meluncur 2023

Bicara mobil listrik, tahun 2023 akan lebih ramai lagi produk buatan dalam negeri. Salah satunya DFSK Mini EV yang siap meluncur pada tahun ini. 

Kelebihannya ada di harga yang terjangkau, dengan prediksi mulai Rp 200 jutaan. Dengan demikian, harganya bisa lebih kompetitif dari Wuling Air EV. Desainnya yang mungil, tentu juga jadi daya tarik lain.

Hanya saja memang, soal kemampuan jelajah DFSK Mini EV tidak terlalu istimewa. Kabarnya akan ada dua varian dengan jarak tempuh cuma 150 Km dan 220 Km.

12. Hyundai Ioniq 6

hyundai ioniq 6 semakin dekat indonesia

Sedan listrik Hyundai Ioniq 6

Pabrikan Hyundai juga tidak mau ketinggalan soal mobil terbaru tahun 2023. Salah satu informasi yang kami dapat, Hyundai Ioniq 6 bakal masuk Indonesia pada tahun ini. 

Kelebihan dari Ioniq 6 adalah punya jarak tempuh istimewa, mencapai 614 Km dalam satu kali isi baterai sampai penuh. Dengan begitu, kira-kira kamu bisa melaju dari Jakarta hingga Surabaya tanpa perlu cas mobil.

Lalu soal fitur, sepertinya mirip-mirip dengan Ioniq 5 yang sudah pakai smart cruise control, V2L, dan berbagai keunggulan lain. Pertanyaannya dengan spesifikasi seistimewa itu, berapa kira-kira harga Hyundai Ioniq 6? Kemungkinannya bisa tembus Rp 1 miliar untuk varian tertinggi. Semoga saja tidak!

Demikian ulasan mobil terbaru tahun 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika